4 Langkah Mudah Meningkatkan Brand Awareness Melalui Content Marketing

 



Campusnesia.co.id - Content Marketing atau pemasaran lewat konten adalah alat yang ampuh untuk meningkatkan Brand Awareness produk dan jasa kita serta meungkinkan menjangkau calon pelanggan potensial. Jadi, bagaimana kita menggunakannya dengan benar?

Content Marketing  adalah cara yang efektif untuk meningkatkan Brand Awareness kita dan menjangkau pelanggan baru. Itulah mengapa banyak bisnis mulai menggunakannya sebagai strategi utama untuk meningkatkan jangkauan dan mendapatkan lebih banyak konversi.

Dalam artikel ini, kami akan membahas empat taktik yang dapat sobat gunakan untuk memastikan konten sobat menjangkau orang yang tepat dan mendorong interaksi. Kita akan melihat cara membuat strategi, menggunakan platform seperti media sosial dan blog, membuat konten asli, dan menggunakan saluran berbayar.


By the way, jika sobat ingin memulai bisnis dari awal, kami punya artikel yang membahas 7 ide bisnis dari hobi baca di sini.


Apa itu Content Marketing atau Pemasaran Konten?

Mengutip laman Oracle.com, Content Marketing atau Pemasaran konten adalah bagian dari pemasaran digital. Ini memerlukan pembuatan konten dan kemudian menerbitkannya di berbagai saluran untuk mendapatkan eksposur. Tentu saja, konten ini harus berkualitas sangat tinggi jika ingin berhasil menarik prospek dan mengonversinya.

Didasarkan pada penyediaan konten yang berharga bagi audiens target sobat, agar mereka lebih cenderung menjadi pelanggan atau terlibat dengan brand kita. Inilah alasannya:

- Pemasaran konten menjadi semakin populer karena bisnis telah menyadari bahwa konten adalah raja dalam pemasaran online.

- Dengan membuat konten yang disesuaikan dengan audiens target mereka, bisnis dapat menjangkau lebih efektif dan membangun hubungan dengan pelanggan potensial.


Dengan demikian, pemasaran konten adalah dasar dan mungkin pilar pemasaran online yang paling penting.



4 Langkah Menggunakan Content Marketing dan Meningkatkan Brand Awareness
Tanpa basa-basi lagi, mari kita bahas empat langkah untuk meningkatkan Brand Awareness dengan bantuan pemasaran konten.

1. Buat Strategi Konten
Pemasaran konten adalah cara yang efektif untuk meningkatkan Brand Awareness kita dan menjangkau pelanggan potensial. Langkah pertama untuk mendapatkan hasil maksimal dari pemasaran konten adalah membuat strategi konten yang menguraikan aspek terpenting dari upaya konten kita.

Strategi ini harus mencakup tiga aspek utama:
- Objektif
- Konten kalender
- Persona audiens

Apa tujuan dari strategi konten sobat? 
Itu adalah pertanyaan terpenting agar strategi kita berhasil. Bagaimana kita menjawabnya akan membentuk keseluruhan strategi kita. Namun, dalam hal ini, tujuannya adalah untuk meningkatkan Awareness seputar bisnis kita. Kemudian, kita harus membuat persona audiens untuk audiens target kita.

Terakhir, kita akan membuat kalender konten yang mendorong kita untuk membuat konten secara teratur. Jika sobat menerapkan komponen strategi ini dengan benar, sobat akan dapat membuat konten yang berbicara kepada audiens sobat dan mengubahnya menjadi calon pelanggan.

Melakukan semua ini dengan benar akan memastikan bahwa strategi kita berhasil, yang secara alami juga akan diterjemahkan ke pemasaran konten kita.


2. Gunakan Saluran Content Marketing yang Tepat
Langkah kedua adalah mengidentifikasi dan menggunakan saluran pemasaran yang benar. Saluran mana yang kita gunakan untuk menyebarkan konten kita dapat membuat atau menghancurkan strategi kita.

Menggunakan platform yang tepat untuk pemasaran konten dapat membantu kita menargetkan audiens yang tepat dan mendapatkan lebih banyak keterlibatan dari mereka. Setiap pemasar dimanja oleh pilihan ketika datang ke saluran konten.

Hari ini kita dapat menggunakan email, posting blog, buletin, dan bahkan sosia media untuk menyebarkan konten kita. Jadi, bagaimana kita menggunakan setiap platform untuk meningkatkan Awareness? Begini caranya:

- Email paling baik digunakan untuk menjangkau prospek tertentu dan memberi mereka konten yang sangat disesuaikan.

- Selain itu, memiliki situs web sangat penting jika sobat ingin membangun kepercayaan dengan calon pelanggan dan menunjukkan kepada mereka apa yang ditawarkan perusahaan sobat.

- Buat posting blog yang SEO dioptimalkan untuk lalu lintas organik.

- Media sosial juga merupakan cara yang efektif untuk menyebarkan  Awareness tentang bisnis kita dan terlibat dengan pelanggan yang sudah ada.


Esensi utama pemasaran online akan membantu kita menciptakan Awareness merek dalam waktu singkat. Memang, kita harus menggunakan masing-masing dengan benar. Namun, ini adalah saluran utama yang dapat kita gunakan hari ini untuk meningkatkan Awareness seputar bisnis kita secara organik.


3. Buat Konten Asli
Sekarang setelah kita memiliki strategi konten dan saluran konten, langkah ketiga adalah membuat konten itu sendiri.

Jelas, seperti namanya, kita harus membuat beberapa konten aktual untuk strategi pemasaran. Namun, konten ini harus melewati beberapa pemeriksaan kualitas terlebih dahulu. 

Yang paling utama di antara mereka adalah orisinalitas dan keunikan konten. Keunikan membantu konten kita mendapatkan keterpaparan yang dibutuhkan karena menonjol dari kumpulan konten yang tidak menginspirasi.

Berikut adalah beberapa poin penting yang harus sobat ingat tentang konten unik:

- Jangan menyalin konten orang lain. Itu bisa membuat merek kita dalam masalah hukum, dan menciptakan banyak PR negatif.

- Alih-alih, fokuslah untuk membuat konten kita unik dan menarik dengan memparafrasekan ide-ide yang ada atau menyajikannya dengan sudut pandang yang berbeda.

Setelah kitamembuat konten, penting untuk mengutip sumber jika kita menggunakannya dari situs web atau blog lain. Atau, kita juga dapat memparafrasekan dengan benar atau dengan kata-kata kita sendiri. Sobat juga dapat menggunakan tools untuk menyusun ulang dengan benar ontohnya:


Contoh penggunaan tools parafrase dan cek plagiarism:


gambar: Paraphraser.io



gambar: check-plagiarism.com/id/paraphrasing-tool


Dengan teknik ini, kita dapat memastikan bahwa konten yang kita buat unik. Dalam prosesnya, ini akan membantu meningkatkan brand awareness milik kita. Untuk memastikan bahwa konten kita menarik, sobat dapat menggunakan teknik penulisan kreatif seperti narasi deskriptif yaitu bercerita.

Dengan pendekatan ini, konten kita akan menjadi menarik untuk mendapatkan perhatian netizen.


4. Gunakan Saluran Berbayar
Saluran berbayar bersifat opsional, oleh karena itu tip ini dicantumkan sebagai langkah terakhir. Pada dasarnya, hasil strategi pemasaran dapat ditingkatkan dengan menggunakan saluran berbayar untuk distribusi konten.

Beberapa saluran berbayar populer untuk menghasilkan banyak lalu lintas meliputi:
- PPC (Pay Per Click)
- SEM (Search Engine Marketing seperti Google Ads)
- Iklan Media Sosial (Seperti FB ads, IG ads, TikTok dan Twitter)

Menggunakan metode berbayar untuk meningkatkan eksposure, kita dapat memastikan bahwa orang menemukan konten kita terlebih dahulu dalam pencarian yang relevan. Dengan metode ini, kita dapat dengan cepat membangun brand awareness karena meningkatkan jangkauan yang lebih luas.

Lebih penting lagi, saluran berbayar adalah cara yang bagus untuk menghasilkan prospek. Dengan cara ini, kita akan melihat peningkatan traffic ke platform online kita, traffic ini akan menjadi potensi konversi prospek alon customer.

Jika hendak menggunakan saluran marketing berbayar pastikan sesuaikan dengan budget dan kemampuan anggaran marketing kita, memang bagus untuk eksposure dan membuat brand kita menonjol tapi ya gitu biayanya juga besar.


Kesimpulan
Dengan mengikuti tips ini, sobat dapat meningkatkan Brand Awareness kita dalam waktu singkat. Penting untuk menggunakan tidak hanya aspek organik dari strategi konten, tetapi juga yang berbayar. Dan hal pertama yang harus sobat lakukan adalah membuat strategi ampuh yang membantu kita membuat konten orisinal secara konsisten.




Penulis
Eliza Parker


Editor
Nandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon