Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris pada Anak, Tim KKN 1 Undip Menerapkan Metode Listen and repeat dalam Pembelajaran

 


Campusnesia.co.idBahasa Inggris merupakan bahasa Internasional yang sudah menjadi alat dalam berkomunikasi di berbagai negara, pada generasi 4.0 sekarang ini, setiap orang dituntut untuk bisa berbahasa Asing salah satunya adalah bahasa Inggris, dikarenakan agar dapat bersaing dengan negara-negara lain dalam urusan pendidikan maupun bisnis.

Sehingga, diperlukannya pengenalan terhadap bahasa Inggris sejak dini di lingkungan keluarga maupun sekolah. Dalam hal kemampuan berbahasa Inggris, Indonesia masih berada di posisi ke 81 dan tergolong dalam kategori rendah (https://www.ef.co.id/epi/). 

Mahasiswa Fakultas Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro, prodi D4 Bahasa Asing Terapan Ananda Firdausa Nugrahaning Dayah (21) sebagai bagian dari Tim 1 KKN Universitas Diponegoro 2022/2023 menemukan permasalahan di lokasi KKN Desa Gemuh, yaitu sebagian anak-anak tidak mengerti bahasa Inggris, karena di sekolah belum adanya pelajaran bahasa Inggris. Hal ini terjadi di SDN 01 Gemuh. 

Menurut Kepala Sekolah SDN 01 Gemuh, Ibu Marwati mengatakan bahwa tidak adanya pelajaran bahasa Inggris di sekolah dikarenakan tidak ada tenaga pengajar khusus mata pelajaran bahasa Inggris dan di SDN 01 Gemuh belum menerapkan kurikulum bahasa Inggris.

Mahasiwa KKN Tim 1 Undip 2022/2023 dalam menanggapi permasalahan tersebut adalah dengan membantu untuk mengajar bahasa Inggris dengan metode singing and repeat untuk tema pelajaran alphabet. Tema pelajaran tersebut diambil sebagai langkah awal bagi siswa-siswi untuk mengenal bagaimana membaca huruf-huruf dalam bahasa Inggris. 

Kegiatan diawali dengan perkenalan diri dari Mahasiswa Tim 1 KKN Undip 2022/2023 dan para siswa/i dilanjut dengan bernyanyi lagu Alphabet, mengerjakan soal vocabulary tentang benda di sekitar, nama buah-buahan, dan hewan. Materi yang disajikan adalah melalui handbook yang telah dipersiapkan sebelumnya. 

”di pelajaran kali ini seru banget karena bisa belajar bahasa Inggris sama kakak” kata salah satu siswi SDN 01 Gemuh.


Kegiatan yang telah dilaksanakan pada 20 Januari 2022 di SD 01 Gemuh ini berjalan dengan lancar diikuti antusiasme dari anak-anak yang senang belajar bahasa Inggris untuk pertama kalinya. 

Kegiatan diakhiri dengan pemberian sedikit hadiah berupa makanan ringan sebagai bentuk terima kasih karena telah mengikuti pembelajaran dan semangat dalam menjawab pertanyaan yang diberikan. 

Di harapkan dengan adanya kegiatan ini mereka semakin semangat dalam belajar bahasa Inggris lebih lanjut. Selain itu, pihak sekolah dapat memberikan pembelajaran bahasa Inggris di dalam kegiatan belajar mengajar mereka.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon