Resep Simple Cara Membuat Tempe Mendoan Anti Gagal Ala Anak Kost


Campusnesia.co.id -  Hallo sobat nesia, berbicara terkait tempe, makanan khas Indonesia yang satu ini pasti banyak digemari oleh masyarakat dikarenakan rasanya yang enak dan terbuat dari kacang kedelai yang rendah kalori sehingga cocok juga dikonsumsi oleh sobat nesia yang sedang melakukan program diet.

Banyak sekali olahan makanan dengan bahan dasar tempe yang bisa sobat nesia jumpai. Salah satu olahan tempe yang sering dijadikan cemilan adalah tempe mendoan. Perpaduan antara renyah dan gurih membuat banyak orang menyukai tempe mendoan.

Ciri khas dari tempe mendoan ini  adalah lembek dan warnanya terkesan tidak matang. Untuk membuatnya pun sobat nesia cukup menyiapkan beberapa bahan-bahan dibawah ini:

Bahan-bahan Membuat Tempe Mendoan:
  300 gram tepung terigu
  1 sdm tepung beras
  1 sdt baking powder
    3 batang daun bawang
  Tempe mendoan siap pakai, banyak dijual di pasar atau bisa menggunakan 1 papan tempe ukuran 20 cm kemudian potong-potong

Bumbu halus Dalam Pembuatan Tempe Mendoan:
  2 sdt ketumbar
  1 siung kencur ( jika sobat nesia suka dengan aroma kencur)
  3 siung bawang putih
   2 butir bawang merah
   2 butir kemiri
  2 cm kunyit
  Garam
  Kaldu bubuk

Cara membuat tempe mendoan:

  1. Potong tempe berbentuk kotak-kotak dengan ukuran sekirar 0,3 cm.
  2. Haluskan semua bumbu halus kemudian campurkan dengan tepung terigu, tepung beras, baking powder dan daun bawang yang sudah dipotong tipis. Masukan air sedikit demi sedikit hingga semua bahan tercampur merata. Pastikan adonan tidak terlalu encer atau tidak terlalu kental agar teksturnya lembek.
  3. Panaskan minyak dalam jumlah sedikit agak banyak.
  4. Kemudian masukan tempe yang sudah dibalut tepung ke dalam wajan, pastikan semua bagian terendam minyak dengan sempurna.
  5. Jangan terlalu lama menggoreng tempe mendoan agar tekstur lembek bisa didapatkan.
  6. Setelah berubah warna, angkat tempe mendoan dan sajikan selagi hangat dengan sambel kecap  atau cabe rawit utuh.
  7. Membuat sambel kecap cukup sederhana yaitu dengan menggunakan cabe rawit, bawang mera, bawang putih yang sudah di iris kemudian beri sedikit gula garam dan asam cuka dan kecap, aduk hingga rata.

Itulah tadi resep simle membuat tempe mendoan anti gagal ala anak kos, semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung ke blog ini.

 

Penulis : Wulan Sari

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon