Kenal Lebih Dekat dengan Prof Yos Johan, Rektor Undip yang Humoris

 

Campusnesia.co.id - Prof. Yos sapaan akrab Rektor Undip jadi perbincangan setelah potongan video sambutanya dalam Upacara PMB Undip 2022 yang disiarkan langsung lewat channel youtube Undip tv official. 

Dalam potongan video berdurasi 2 jam 12 enit 8 detik tersebut, pada 1 jam menit ke 8 detik ke 15 sang Rektor mengatakan "sorry bro..nggak dijemur, lha wong bayare mahal kok dijemur lho.." seketika disambut dengan tawa dan tepuk tangan maba angkatan 2022 yang relate dengan trending topik pmb kampus lain yang sempat viral di sosial media.



Sebenarnya siapa Prof. Yos yang dikenal dengan Rektor Humoris ini? yuk coba kita kenal lebih dekat dengan beliau.

Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H, M.Hum., lahir pada 10 November 1962 bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan Nasional pada tahun 2022 ini berliau menginjak usia 60 tahun merupakan Rektor Universitas Diponegoro periode tahun 2015 sampai 2019. 

Kala itu Prof. Yos menggantikan rektor undip sebelunya yaitu bapak Mohamad Nasir yang dilantik menjadi Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Indonesia ke-12 masa bhakti 27 Oktober 2014 – 20 Oktober 2019 oleh bapak presiden Jokowi.

Beliau kembali terpilih lagi sebagai rektor Universitas Diponegoro untuk periode 2019 sampai 2024 oleh Majelis Wali Amanat Universitas Diponegoro (MWA Undip). 

Sebelumnya beliau menjabat sebagai Dekan Fakultas Hukum Universitas Diponegoro. Prof. Yos merupakan ahli di bidang Hukum Acara Tata Usaha Negara.

Istri Prof. Yos bernama Hj. Asih Budiastuti S.H., C.N. dan dikaruniai tiga orang anak yaitu  Kartika Widya Utama, Chandra Ayu Astuti dan Kirana Intan Puspita.

Mengutip laman jateng.tribunnews.com (02/04/2015) Prof. Yos merupakan putra dari pasangan bapak Anim Abdurahman (ayah) dan Hj Raden Ayu Sumarti (Ibu), beliau merupakan alumni SDN Sompok 1 Semarang itu memang dikenal rajin memgajar dan melakukan penelitian.

Gelar S1 Sarjana Hukumnya rampung pada tahun 1986, dilanjutkan dengan gelar S2 Magister Hukumnya pada tahun 1996 dan gelar S3 Doktornya semua diselesaikan di Undip pada tahun 2006.

Beliau pun suka borong dagangan mahasiswa yang kemudian dibagikan kepada para mahasiswa dan dosen-dosen.

Prof Yos dikenal ramah dan dekat dengan para mahasiswanya, beliau punya selera humor tinggi dan suka bercanda dengan mahasiswanya saat mengisi kuliah kala masih menjadi dosen di Fakultas Hukum mengajar mata kuliah Hukum Tata Usaha Negara.

Selain sebagai dosen dan rektor, pada Maret 2019, Prof. Yos Johan Utama terpilih menjadi panelis debat ketiga Pilpres 2019 yang akan digelar pada Minggu 17 Maret 2019.

Tentang PMB, mengutip laman resmi undip.ac.id, Rektor Universitas Diponegoro Prof. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. dengan tegas melarang kegiatan perploncoan untuk mahasiswa baru karena hal tersebut bukan sebagai bagian membentuk dan mendidik mahasiswa yang berkarakter. 

Kegiatan akan difokuskan pada pengenalan kampus dengan menyelengarakan serangkaian acara PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru). PKKMB merupakan wahana untuk mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru.

Materi pengenalan kampus diantaranya wawasan kebangsaan dan bela negara, pembinaan gerakan nasional revolusi mental, kesadaran lingkungan hidup dan mitigasi atau kesiapsiagaan bencana di perguruan tinggi, budaya etika, dan norma-norma kehidupan kampus; pendidikan karakter; dan orientasi diponegoro muda. 

Beliau juga menyinggung tentang data yang sempat viral bahwa alumni undip paling cepat mendapatkan pekerjaan, menurut Prof. Yos salah satunya karena keberadaan Undip Career Center (UCC) yang di dalamnya menyediakan dua puluh ribu lapangan kerja, sementara lulusan undip setiap tahunnya hanya sebelas ribu, "jadi turah bro..sisa" canda beliau.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon