Film dan Acara TV Lim Yoon-A, Anggota Girls' Generation yang Sukses Jadi Aktris

 



Campusnesia.co.id - Selain Park Shin Hye jika ditanya aktris korea yang saya suka adalah Bae Suzy dan Lim Yoon A yang sebelumnya kita kenal sebagai salah satu member idol grup Girl Generation.

Im Yoon-ah (lahir 30 Mei 1990) dikenal juga sebagai YoonA (윤아) adalah penyanyi, aktris, penari, model, dan presenter asal Korea Selatan. Ia merupakan anggota Girls' Generation termuda kedua setelah Seohyun. Dia juga dikenal melalui perannya di drama laga-romansa The K2 (2016), drama romansa The King in Love (2017), film laga Confidential Assignment (2017), dan film komedi-laga Exit (2019).

Im Yoon-Ah lahir di Seoul, Korea Selatan pada tanggal 30 Mei 1990. Orang tua Yoona bercerai ketika masih kecil dan ia berada di bawah asuhan ayahnya bersama kakak perempuannya yang 5 tahun lebih tua dari Yoona. 

Pada usia muda, ia mengikuti audisi di SM Saturday Open Casting Audition dan bergabung dengan perusahaan pada tahun 2002 setelah Jessica Jung. Dia mulai berlatih dengan peserta lain dalam perusahaan yang sama di bidang akting, menari, dan menyanyi. Pada saat 7 tahun ia pindah ke kota Birmingham, Inggris sebelum akhirnya ia kembali ke Korea untuk mengikuti audisi SM Saturday Open Casting Audition.

Dia adalah lulusan 2009 dari Daeyoung High School dan lulus di Universita Dongguk jurusan teater dan musik, bersama dengan sesama anggotanya, Seohyun.

Yoona memulai debutnya sebagai aktris pada tahun 2007 dengan drama 9 Ends, 2 Outs. Pada tahun 2008, ia berakting dalam drama Woman of Matchless Beauty sebelum mendapat peran utama pertama di drama sehari-hari You Are My Destiny yang berhasil membuatnya memenangkan penghargaan penting di dunia akting. 

Pada tahun 2009 Yoona berakting di drama Cinderella Man bersama dengan Kwon Sang-woo. Pada tahun 2012, Yoona berperan dalam peran utama dengan Jang Keun Suk dalam drama berjudul Love Rain. 

Love Rain adalah sebuah drama fantasi tentang nasib dan bagaimana keturunan dari pasangan naas sebelumnya yang bertemu pada tahun 1970, juga berhasil jatuh cinta dengan satu sama lain. 

Kemudian, pada tahun 2013 Yoona kembali berakting sebagai pemeran utama wanita di serial drama berjudul 'Prime Minister and I' bersama Lee Beom-Soo. Ia berperan sebagai seorang wartawan sebuah media skandal yang tanpa sengaja masuk dalam masalah politik hingga menikahi perdana menteri yang telah ditinggal mati isterinya. Kisah cinta yang diawali dengan kawin kontrak demi kepentingan politik hingga menjadi cinta yang sesungguhnya.

Yoona adalah tamu di SBS TV Family Outing yang berakhir 14 Februari 2010 dan seorang anggota pemain tetap pada Family Outing 2 with Yoon Sang-hyun, Kim Won-hee, Ji Sang-ryeol, Shin Bong-seon, Jang Dong-Min, Kim Heechul, Jo Kwon, Ok Taecyeon. 

Program ini berakhir dijalankannya perusahaan pada tanggal 11 Juli 2010 setelah 5 bulan. Pada tanggal 24 Desember 2011, dia menjadi MC untuk 2011 KBS Entertainment Awards bersama dengan Shin Dong Yeob & Lee Ji Ae. Dia juga seorang MC untuk 2011 SBS Gayo Daejeon bersama dengan Song Ji Hyo dan Lee Seung Gi dan untuk 2012 KBS Gayo Daejun bersama Jung Yong Hwa & Sung Si Kyung.

Sebelum memulai debutnya dengan Girls 'Generation, Yoona telah dikenal dalam industri hiburan saat ia mulai film iklan dan model untuk berbagai majalah saat ia masih trainee dengan SM Entertainment. Selain dari iklan Girls 'Generation, dia saat ini menjadi model untuk Clean & Clear, YeJiMin Pad, Innisfree Kosmetik, S-Oil, Eider, Ciba Vision’s DAILIES & FreshLook Contact Lenses.

Pada bulan Mei 2008, ia dengan anggota Girls 'Generation Tiffany, Jessica dan anggota TVXQ berpartisipasi dalam iklan TV untuk Haptic Motion. Seiring dengan sesama anggota nya Choi Sooyoung, ia dimodelkan untuk '08-09 F/W SFAA Seoul Collection – Lee Joo-Young Fashion Show' di Seoul Hakyohul Exhibition Hall pada 20 Maret 2008.

Pada 29 Maret 2010, Yoona, dengan Kim Taeyeon, Kwon Yuri, Seohyun, Choi Sooyoung, dipekerjakan oleh Nintendo Korea sebagai model kampanye untuk game console, Nintendo DSi.

Pada bulan April 2010, dengan Kwon Yuri dan Seohyun, bersama anggota 2PM Nichkhun, Ok Taecyeon dan Hwang Chansung, memiliki CF untuk komersial Everland's Caribbean Bay. Komersial ini dirilis pada pertengahan Mei dan disertai dengan lagu "Cabi Song.

Yoona terpilih bersama dengan selebriti Korea seperti Rain, Kim Hee-Sun, Ji Jin-Hee, Ha Ji-won, Son Ye-Jin, Kim Hyun-Joong and Yunho untuk menjadi model Cartier's LOVE collections.

Yoona meliris lagu solo pertamanya "Innisfree Day" pada tanggal 30 Agustus 2010 untuk promosi Eco Handkerchief's dari Kosmetik Innisfree.



Daftar film yang dibintangi oleh Lim Yoon-A

1. 2 O'clock Date | 2siui Date (2022)
Sinopsis film  2 O'clock Date Seorang wanita (Lim Yoon-A) menyimpan rahasia. Dia bertemu dengan seorang pria setiap hari, yang tinggal di lantai bawah di gedung apartemen tempat dia tinggal.


2. Confidential Assignment 2: International | Gongjo 2: International (2022) - Park Min-Young
Sinopsis film Confidential Assignment 2: International Detektif Korea Utara Im Chul-Ryung (Hyun-Bin) dikirim ke Korea Selatan dalam misi baru. Sasarannya adalah pemimpin organisasi kejahatan Korea Utara Jang Myung-Joon (Jin Sun-Kyu). 

Di Korea Selatan, Im Chul-Ryung bekerja sama lagi dengan Detektif Kang Jin-Tae (Yu Hae-Jin). Karena kesalahan yang dia buat, Detektif Kang Jin-Tae sekarang bekerja di tim investigasi kejahatan dunia maya daripada di unit investigasi regional. 

Dia ingin bergabung kembali dengan unit investigasi daerah. Sementara itu, F.B.I. Agen Jack (Daniel Henney) bergabung dengan Im Chul-Ryung dan Kang Jin-Tae dalam mengejar Jang Myung-Joon.


3. A Year-End Medley | Happy New Year (2021) - Soo-Yeon
Sinopsis A Year-End Medley | Happy New Year, Sebuah kisah tentang orang-orang yang bekerja di Hotel Emros menjelang Tahun Baru dan para tamu yang menginap di sana.

Manajer hotel (Han Ji-Min) melakukan pekerjaannya dengan baik, tetapi dia tidak terlalu percaya diri dengan kehidupan pribadinya. Dia telah naksir teman laki-lakinya selama 15 tahun, tetapi dia belum bisa memberi tahu dia bagaimana perasaannya. 

CEO hotel (Lee Dong-Wook) adalah seorang pemuda dengan obsesi terhadap angka genap. Staf hotel termasuk seorang wanita muda (Lim Yoon-A), karyawan baru (Won Jin-A), yang mulai bekerja sebagai pelayan kamar dan mengesampingkan mimpinya menjadi seorang aktris musikal, dan penjaga pintu wanita (Lee Hye -Muda).

Para tamu termasuk seorang pemuda (Kang Ha-Neul), yang datang ke hotel untuk mendapatkan pekerjaan. Selama 5 tahun, ia mempersiapkan ujian untuk menjadi pejabat publik, namun gagal dalam ujian tersebut. Bahkan pacarnya telah meninggalkannya. Seorang penyanyi-penulis lagu / radio DJ (Seo Kang-Joon) cukup populer saat ini, namun ia melewati masa-masa sulit sebagai penyanyi-penulis lagu yang tidak populer. Seorang manajer (Lee Kwang-Soo) bekerja untuk artis populer. 

Dia dan artis mengalami masa-masa sulit, tetapi kliennya akhirnya menemukan kesuksesan. Kontrak mereka akan segera berakhir. Sebuah perusahaan manajemen besar sedang mencoba untuk mengeluarkan kliennya, tetapi manajer tidak dapat berbuat apa-apa tentang itu. Seorang DJ radio (Kim Young-Kwang) dan pianis jazz (Ko Sung-Hee) jatuh cinta satu sama lain pada pandangan pertama. 

Mereka sekarang sedang mempersiapkan pernikahan mereka, tetapi mereka menghadapi situasi yang tidak terduga. Seorang ahli bedah plastik (Lee Jin-Uk) duduk di lounge hotel setiap hari Sabtu, menunggu cintanya yang menentukan. Seorang pengusaha wanita (Lee Hye-Young), yang tinggal di luar negeri, kembali ke Korea Selatan untuk menghadiri pernikahan putrinya. 

Di hotel, dia bertemu dengan cinta pertamanya sejak 40 tahun lalu. dia bekerja sebagai penjaga pintu hotel. Seorang peramal (Lee Kyu-Hyung) sering mengunjungi hotel untuk bertemu dengan pelanggannya. Seorang perenang siswa sekolah menengah (Jo Joon-Young) dan seorang skater siswa sekolah menengah (Won Ji-An) mulai memiliki perasaan satu sama lain.


4. Miracle: Letters to the President | Gijeok (2021) - Ra-Hee
Sinopsis film Miracle: Letters to the President, Pada tahun 1988, Joon-Kyeong (Park Jung-Min) tinggal di sebuah desa kecil. Desa tersebut memiliki rel kereta api yang melewatinya, tetapi tidak memiliki stasiun kereta api. Impian seumur hidup Joon-Kyeong adalah memiliki perhentian kereta api di desanya. Dia mencoba berbagai cara untuk membangun stasiun, termasuk menulis lusinan surat kepada presiden Korea Selatan.


5. Exit (2019) - Ui-Joo
Sinopsis film Exit, Yong-Nam (Cho Jung-Seok) lulus dari universitas beberapa tahun lalu, namun dia masih mencari pekerjaan yang layak. Hobinya adalah panjat tebing, dimana dia adalah peserta aktif di masa kuliahnya. 

Sementara itu, ibu Yong-Nam, Hyun-Ok (Ko Du-Shim) akan berusia 70 tahun dan dia akan mengadakan perayaan ulang tahun di aula konvensi. Pada perayaan ulang tahun ibunya, Yong-Nam melihat Ui-Joo (Lim Yoon-A). 

Dia bekerja sebagai asisten manajer di aula konvensi. Kembali ke masa kuliah mereka, Yong-Nam dan Ui-Joo adalah anggota klub panjat tebing. Yong-Nam mengakui perasaannya saat itu, tapi Ui-Joo menolaknya. Sampai hari ini, Yong-Nam masih menyimpan perasaannya pada Ui-Joo. Tiba-tiba, gas mematikan menyebar ke seluruh area.


6. Confidential Assignment | Gongjo (2017) - Park Min-Young
Sinopsis film Confidential Assignment: Gongjo, Im Chul-Ryung (Hyun-Bin) adalah petugas tim investigasi khusus di Korea Utara. Timnya mengalami gangguan di gudang yang mencetak uang palsu. Atasan Im Chul-Ryung Cha Ki-Sung (Kim Ju-Hyeok) dan timnya sendiri ada di sana untuk mencuri plat master untuk mencetak uang palsu. Baku tembak terjadi dan, dalam prosesnya, Im Chul-Ryung ditembak dan yang lainnya terbunuh.

Pejabat Korea Utara kemudian mengetahui bahwa Cha Ki-Sung telah melarikan diri ke Korea Selatan. Im Chul-Ryung diperintahkan untuk menangkap Cha Ki-Sung dan mengambil pelat induk yang dicuri. Dia hanya diberi waktu 3 hari untuk menyelesaikan misinya. 

Untuk pertama kalinya, Korea Selatan dan Korea Utara memutuskan untuk bekerja sama menangkap penjahat. Pejabat Korea Selatan meragukan apakah Cha Ki-Sung benar-benar seorang pembunuh. Detektif Kang Jin-Tae (Yu Hae-Jin) dari Seoul diperintahkan untuk menjaga Im Chul-Ryung dengan ketat selama dia berada di Korea Selatan.



Daftar acara tv yang dibintangi oleh Lim Yoon-A

1. King the Land (JTBC / 2023) - Cheon Sa-Rang
Sinopsis King the Land, Gu Won (Lee Joon-Ho) adalah putra dari keluarga chaebol. Keluarganya memiliki dan menjalankan King Group. Dia kemudian dilempar ke dalam perang warisan atas Grup Raja. Gu Won adalah pria muda yang cerdas, anggun, dan cantik, tapi dia tidak pandai berkencan. Dia tidak bisa menahan senyum palsu.

Cheon Sa-Rang (Lim Yoon-A) memiliki kepribadian yang cerah, dengan wajah tersenyum. Dia mulai bekerja di King Hotel, yang menjadi latar belakang beberapa kenangan terindahnya dari masa kecilnya. Saat bekerja di hotel, dia menghadapi berbagai kesulitan. Dia juga tumbuh sebagai pribadi. Gu Won dan Cheon Sa-Rang bertemu dan hubungan romantis berkembang.



2. Big Mouth (MBC / 2022) - Go Mi-Ho
Sinopsis Big Mouth Park Chang-Ho (Lee Jong-Suk) bekerja sebagai pengacara dengan tingkat kemenangan 10% sangat sedikit. Dia adalah orang yang banyak bicara dan, karena itu orang memanggilnya Mulut Besar. 

Dia kebetulan terlibat dalam kasus pembunuhan dan entah bagaimana dia dianggap sebagai penipu jenius Tikus Besar. Karena itu, Park Chang-Ho menemukan dirinya dalam situasi yang mengancam jiwa. Sementara itu, Go Mi-Ho (Lim Yoon-A) adalah istri Park Chang-Ho dan dia bekerja sebagai perawat. 

Dia memiliki penampilan yang cantik dan kepribadian yang bijak dan berani. Dia membantu suaminya menjadi pengacara dengan mendukungnya secara finansial dan psikologis. Go Mi-Ho mengetahui bahwa Park Chang-Ho dicurigai sebagai penipu jenius Tikus Besar dan berupaya membersihkan nama suaminya.




3. Hush (JTBC / 2020-2021) - Lee Ji-Soo
Sinopsis Hush Han Joon-Hyuk (Hwang Jung-Min) adalah reporter veteran untuk sebuah surat kabar. Dia pertama kali menjadi reporter untuk mengejar keadilan, tetapi dia sekarang berkonflik antara idealisme dan pragmatisme. Han Joon-Hyuk juga harus berurusan dengan masalah pribadi sebagai seorang suami dan ayah.



4. The King in Love | Wangeun Saranghanda (MBC / 2017) - Eun San
Sinopsis  The King in Love, Serial drama dengan latar era Kerajaan Goryeo. Won (Im Si-Wan) adalah putra mahkota Goryeo. Dia memiliki penampilan yang cantik, tetapi dia juga memiliki nafsu penaklukan. 

Dia berteman baik dengan Wang Rin (Hong Jong-Hyun) yang berasal dari keluarga kerajaan dan pengawalnya. Eun San yang cantik (Lim Yoon-A) muncul di depan kedua pemuda itu. Dia adalah putri dari orang terkaya. Ketiganya menjadi teman baik, tapi keadaan berubah setelah Wang Won dan Wang Rin sama-sama jatuh cinta pada Eun San.



5. The K2 (tvN / 2016) - Ko An-Na
Sinopsis The K2, Kim Je-Ha (Ji Chang-Wook) adalah mantan prajurit sewaan. Dia juga disebut K2. Dia dipekerjakan sebagai pengawal oleh Choi Yoo-Jin (Song Yoon-A). Choi Yoo-Jin adalah istri dari calon presiden (Cho Seong-Ha) dan putri dari keluarga chaebol. Sementara itu, Ko An-Na (Lim Yoon-A) adalah putri rahasia calon presiden. Dia juga seorang pertapa.


6. My First Time | Cheoeumiraseo (OnStyle / 2015) - Im Yoo-Jin (ep.1)


7. Prime Minister & I | Chongriwa Na (KBS2 / 2013-2014) - Reporter Nam Da-Jung


8. Love Rain | Sarangbi (KBS2 / 2012) - Kim Yoon-Hee (in the 1970s) / Jung Ha-Na (Yoon-Hee's daughter in 2012)


9. Cinderella Man (MBC / 2009) - Seo Yu-Jin


You Are My Destiny | Neoneun nae unmyeong (KBS / 2008-2009) - Jang Sae-Byeok


Park Jung Kum, Heavenly Beauty (MBC / 2008)


Two Outs in the Ninth Inning | 9huimal 2aut (MBC / 2007) - Shin Joo-Young




Penghargaan yang pernah diraih oleh Lim Yoon-A

1. Best Actress ("Big Mouth") - 2022 MBC Drama Awards - December 30, 2022

2. Best Couple Award ("Big Mouth") - 2022 MBC Drama Awards - December 30, 2022

3. Best Supporting Actress - 2022 (58th) Daejong Film Awards - December 9, 2022

4. Popularity Award - 2022 (43rd) Blue Dragon Film Awards - November 25, 2022

5. Popularity Award - 2021 (42nd) Blue Dragon Film Awards - November 26, 2021

6. Popularity Award - 2019 (40th) Blue Dragon Film Awards - November 21, 2019

7. Best Popular Actress ("Confidential Assignment") - 2017 (1st) The Seoul Awards - October 27, 2017

8. Most Popular Actress ("Confidential Assignment") - 2017 (53rd) BaekSang Arts Awards - May 3, 2017

9. Excellent Actress (mini series) ("Prime Minister & I") - 2013 KBS Drama Awards - December 31, 2013

10. Best Couple Award ("Prime Minister & I") - 2013 KBS Drama Awards - December 31, 2013

11. Netizen Award ("Love Rain") - 2012 KBS Drama Awards - December 31, 2012

12. Most Popular Actress ("Cinderella Man") (MBC) - 2010 (46th) BaekSang Arts Awards - March 26th



Demikian tadi sobat Campusnesia, postingan kita kali ini tentang Film dan Acara TV Lim Yoon-A, Anggota Girls' Generation yang Sukses Jadi Aktris, semoga bermanfaat sampai jumpa.





Sumber:
- https://asianwiki.com/Lim_Yoon-A

- https://id.wikipedia.org/wiki/Im_Yoon-ah



Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon