Grup Tongtek Lorista Asal Margoyoso Pati Ramaikan Iring-iringan Jolen Sedekah Bumi Dukuh Weron Kethekputih Tegalharjo Trangkil Pati

 


Campusnesia.co.id - Grup Tongtek Lorista asal Margoyoso Pati meramaikan iring-iringan Jolen dalam rangka Sedekah Bumi Dukuh Weron Kethekputih Tegalharjo Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati.

Puluhan seniman yang tediri dari bapak-bapak, ibu-ibu dan remaja berjalan beriringan dengan latar aneka lagu dari alat musik kenthongan bambu, gambang dll yang disatukan menjadi tongtek.

Sedangkan Jolen adalah tradisi warna membuat makanan berkat dan jajanan sebagai ungkapan syukur atas karunia Allah SWT sepanjang tahun terutama hasil tani dan bumi, dikumpulkan di setiap RT dan diarak menuju Punden untuk selanjutnya dibagikan ke warga yang datang.




Tak hanya warga lokal, banyak yang rela jauh-jauh dari desa tetangga datang untuk ikut berebut berkat Jolen. Selain dinikmati menunya, berkat jolen juga dipercaya bisa jadi penyubur tanah tegalan, ladang, kebun dan tanaman jika nasi keringnya disebar.

Iringan Tongtek dan Jolen merupakan rangkaian dari acara Sedekah Bumi yang digelar bersama warga Weron dan Kethekputih Tegalharjo pada Minggu Legi Bulan Apit dalam kalender Jawa, setelah sebelumnya pada malam bari ada Doa bersama di Punden dan sumur masing-masing warga.

Pagi tadi juga digelar Wayang Kulit di Punden dan selanjutnya pada sore dan malam hari warga akan dihibur dengan gelaran Ketoprak dari grup Ronggo Budoyo yang bertempat di halaman kepala desa Bapak Ahmad Pandoyo.



Penulis
Nandar 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon