Daftar Makanan dan Minuman Viral Pada Masanya, Mana Saja yang Sudah Kamu Coba?

 



Campusnesia.co.id - Menurut terminologi, Fenomena viral atau Fenomena tular merupakan objek atau pola yang dapat menggandakan diri atau mengubah objek lain menjadi salinan dirinya sendiri saat objek tersebut terpapar dengan objek tersebut. Fenomena ini mendapatkan nama dari bagaimana virus dapat menyebarkan dirinya sendiri.

Dalam perkembangannya viral jadi sebutkan untuk sesuatu benda atau peristiwa yang ramai diperbincangkan orang baik di dunia nyata maupun maya.

Indikator viral paling sederhana dapat dilihat jika sesuatu atau sebuah peristiwa masuk trending topik di sosial media misalnya twitter, instagram, youtube, facebook atau masuk FYP di TikTok.

Soal viral makanan dan minuman bisa dibilang jadi tren yang memiliki regenerasi terus menerus, maksudnya ada saja silih berganti dari waktu ke waktu. Beberapa diantaranya bertahan dalam jangka waktu lama namun banyak juga yang hanya viral sementara saja.

Lewat postingan kali ini yuk kita bahas tentang Daftar Makanan dan Minuman Viral Pada Masanya, Mana Saja yang Sudah Kamu Coba?


1. Es Kepal Milo
Perpaduan Milo bubuk dengan susu kental manis coklat disiramkan pada serutan es yang berbentuk kepalan atau kumpalan bola. Kemudian ditaburi topping manis yang mendukung estetika. Toppingnya pun beragam seperti bubuk milo, remahan oreo, kacang, serta marshmallow.



2. Es Dalgona Coffee
Kopi dalgona adalah minuman yang dibuat dengan mencampurkan kopi instan, gula, dan air panas dengan jumlah perbandingan yang sama. Campuran itu kemudian dikocok sehingga menjadi krim dan kemudian ditambahkan ke susu dingin atau panas.



3. Bittersweet by Najla
Najla Farid Bisyir, adalah wanita keturunan Arab yang kini mempunyai tiga orang anak. Ialah pendiri sekaligus pemilik dari Bittersweet by Najla, produsen dessert box favorit para milenial. Sosok ibu rumah tangga ini awalnya hanya iseng membuat kue rumahan yang kemudian sukses membuka banyak cabang.



4. Odading
Menurut Sejarawan kuliner dari Universitas Padjadjaran (Unpad) Fadly Rahman, odading adalah jenis kue atau kudapan dengan bahan-bahan sama halnya seperti donat. Fadly menjelaskan odading adalah jenis kue yang dibuat tanpa sengaja.



5. Es Krim Viennetta 
Es krim Ventela adalah produk es krim yang diproduksi Wall's ini sangat melegenda di Indonesia. Adapun es krim ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1982 dengan rasa coklat, mint, dan pistachio.



6. Es Krim Pot
Es krim pot kini menjadi salah satu es krim yang menjadi populer di masyarakat karena bentuknya yang unik. Menyerupai pot bunga namun bisa makan.



7. Mixue
Mixue Ice Cream & Tea adalah sebuah perusahaan waralaba yang menjual es krim sajian lembut dan minuman teh asal Zhengzhou, Henan, Tiongkok dan didirikan pada bulan Juni 1997. Hingga 2023, sedikitnya 21.581 gerai Mixue telah beroperasi di Tiongkok dan sedikitnya 12 negara lainnya di Asia-Pasifik. 



8. Mie Gacoan
Mie Gacoan adalah kuliner mie pedas yang bisa Anda pilih kepedasannya melalui level-level yang mereka tawarkan yaitu level 1 hingga level 6. Mie Gacoan pertama kali buka di Kota Malang, Jawa Timur. Tepatnya di tahun 2016. Nama "Mie Gacoan" sendiri diambil dari kata "Gaco" yang artinya jagoan/andalan dalam bahasa Jawa.



9. Boba
Teh susu mutiara atau lebih sering disebut boba adalah sejenis minuman teh susu ditambah dengan "mutiara" yang terbuat dari tapioka. Minuman ini berasal dari Taiwan, dan terkenal di Tiongkok, Korea, Filipina, Indonesia, dan juga Eropa, Kanada, dan Amerika Serikat.



10. Waffle
Wafel adalah hidangan penutup yang terbuat dari adonan beragi atau adonan yang dimasak di antara dua piring yang diberi pola untuk memberikan ukuran, bentuk, dan kesan permukaan yang khas. Ada banyak variasi berdasarkan jenis pemanggang wafel dan resep yang digunakan.



11. Rainbow Cake
Kue pelangi (bahasa Inggris: rainbow cake) adalah kue spons berlapis dengan perpaduan tujuh warna pelangi yang dilapisi krim mentega atau krim keju.



12. Alpukat Kocok
Alpukat kocok merupakan salah satu minuman kekinian yang populer dan banyak diminati oleh masyarakat. Minuman ini dibuat dari bahan dasar buah alpukat yang dipotong dan dihaluskan kasar, kemudian ditambah dengan air kelapa, gula, susu, dan es batu.2



13. Sate Taichan
Sate taichan adalah sebuah varian sate yang berisi daging ayam yang dibakar tanpa baluran bumbu kacang atau kecap seperti sate pada umumnya.



14. Seblak
Seblak adalah masakan khas Sunda yang awal mula nya terinspirasi dari makanan kobok khas india. dikenal berasal dari wilayah Parahyangan dengan cita rasa gurih dan pedas. Terbuat dari kerupuk basah bumbu halus ala india yang terdiri dari bawang putih dengan kencur



15. Kripik Maicih
Pada kemunculannya satu dekade lalu, nama keripik Maicih berkali-kali menempati trending topic di salah saru platform media sosial, Twitter. Keripik singkong yang pertama kali dipasarkan oleh Reza Nurhilman ini, dipasarkan secara gerilya melalui tanda pagar (#maicih). Saat itu, pemasaran dengan memanfaatkan microblogging Twitter sangat efektif. Dalam 6 bulan pertama (Juni hingga Desember 2010), omzet penjualan keripik singkong Maicih mencapai ratusan juta rupiah.



16. Ayam Geprek Level
Geprek adalah istilah dalam bahasa Jawa yang berarti "dipukul", "ditekan", atau "dilumatkan", maka ayam geprek berarti "ayam yang dipukul". Hidangan ini mirip dengan masakan Jawa tradisional ayam penyet, karena keduanya adalah sama-sama ayam goreng yang dipukul dan ditekan menggunakan ulekan dan dicampur dengan sambal.



17. Croffle
Croffle adalah gabungan dari croissant dan wafel. Itu dipopulerkan di Korea Selatan dan kemudian menyebar ke seluruh dunia. Konsepnya mengingatkan pada pastry lain, Cronut yang merupakan hybrid croissant dan donat yang diciptakan oleh Dominique Ansel.



18. Kue Artis



19. Donat Indomie



20. Ketan Susu
Ketan Susu adalah kudapan tradicional dan legendaris khas Indonesia. Gurihnya ketan ditambah manisnya susu, cocok disajikan sebagai takjil atau ide camilan yang Nikmat.



21. Risol Mayo
Risol mayonnaise adalah jajanan tradisional berbentuk gulungan yang memiliki berbagai isian, dari ragout, telur, hingga smoked beef. Biasanya, risol disajikan dengan cara digoreng dan dimakan bersama saus sambal.



20. Oden Lawson
Oden di lawson sungguh menggoda, bagi yang belum tau oden adalah sejenis makanan berkuah mirip dengan bakso seafood dengan tekstur dan ukuran serta komposisi yang bermacam macam. Kuahnya segar dengan rasa ikan. Ditambah dengan sambal lebih mantap.



22. Jasuke
Jasuke adalah singkatan dari jagung susu keju. Camilan ini berbahan dasar jagung manis. Biasanya jasuke di jual di mall atau pusat-pusat keramaian, seperti alun-alun, pasar malam, atau supermarket. Jasuke banyak disukai karena rasanya yang manis bercampur gurih.



23. Thai Tea
Teh Thai biasanya dikenal sebagai minuman Thai yang terbuat dari teh Ceylon, susu dan gula, dan disajikan panas atau dingin. Ini populer di Asia Tenggara dan disajikan di banyak restoran yang menyajikan makanan Thailand. Saat disajikan dingin dikenal sebagai es teh Thai.



24. Mango Sticky Rice 
Ketan mangga adalah hidangan penutup Thailand yang terbuat dari beras ketan, mangga, dan santan. Makanan ini dapat dimakan dengan garpu, sendok, atau langsung dengan tangan. Meskipun berasal dari Thailand, makanan ini dikonsumsi di wilayah geografis Indochina di Asia Tenggara, seperti Laos, Kamboja, dan Vietnam.



25. King Mango Thai 
King Mango Thai adalah semacam minuman jus mangga yang dikombinasikan dengan berbagai bahan lainnya, seperti whipped cream dan yogurt. 



26. Mochi Es Krim
Es krim mochi adalah perpaduan dari kue mochi asal Jepang yang rasanya lembut, kenyal, dan manis dengan isian es krim di dalamnya. Rasa dari es krim mochi pun bervariasi dari vanilla, cokelat, stroberi, dan aneka rasa lainnya.



27. Es Lumut Nutrijel TikTok
Di namai es lumut karena es ini terbuat dari adonan jelly bewarna hijau yang menyeruapai lumut yang dipadukan dengan susu segar. 



28. Basreng
Basreng alias baso digoreng merupakan camilan khas Sunda yang terbuat dari bakso ikan yang diiris tipis, lalu digoreng kering dan ditaburi bubuk cabai. Proses ini membuat basreng bertekstur renyah seperti kerupuk dan bercita rasa pedas gurih.



29. Baso Aci
Baso aci adalah sajian hidangan bakso yang diolah menggunakan tepung kanji atau tepung aci tanpa campuran daging giling dilengkapi toping yang beraneka ragam. Baso aci merupakan hidangan yang berasal dari Garut, kemudian semakin dikembangkan oleh para pengusaha kuliner hingga menyebar ke seluruh Nusantara.



30. Es Teh Cup Jumbo 3.000
Es Teh Jumbo adalah minuman cepat saji yang memiliki berbagai varian rasa, dengan tambahan gula asli yang dapat menambahkan manisnya es manis teh dalam kemasan cup.





Demikian tadi sobat campusnesia postingan kita kali ini tentang Daftar Makanan dan Minuman Viral Pada Masanya, semoga bermanfaat sampai jumpa.



Penulis 
Nandar


Foto: Liputan6.com


===
Baca juga:


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon