Alur Cerita dan Review Drama Korea Crash Course in Romance Gambaran Kerasnya Dunia Pendidikan di Korea



 

Campusnesia.co.id - Saya baru saja menamatkan drama korea original Netflix buatan Studio Dragon berjudul Crash Course in Romance yang membawa dua nama besar aktor korea yaitu Jeon Do-Yeon yang filmnya baru rilis di Netflix berjudul Kill Boksoon dan Jung Kyoung-Ho yang populer lewat drakor Hospital Playlist.

Bagi saja drakor Crash Course in Romance adalah drama terbaik sejauh ini hingga bulan April 2023 setidaknya demikian dibanding drama lain yang sudah saya tonton.

Studio Dragon yang sebelumnya mengarap Reborn Rich dan Vincenzo sudah tak diragunakan lagi kualitasnya, duduk di bangku sutradara ada Yoo Je-Won yang sebelumnya juga sukses mengarahkan drama korea Hometown Cha-Cha-Cha dan Hi Bye Mama dengan ciri khas cerita sederhana berbumbu misteri dan kuat di komedia serta romancenya.



Sinopsis drama korea Crash Course in Romance 
Nam Haeng-Seon (Jeon Do-Yeon) dulunya adalah atlet nasional. Dia sekarang menjalankan toko lauk. Dia memiliki kepribadian yang sangat positif dan stamina yang tidak terbatas. Dia berbelok lagi dan memasuki bidang pendidikan swasta, yaitu untuk siswa yang sedang mempersiapkan ujian masuk universitas. Tanpa diduga, Nam Haeng-Seon terlibat dengan Choi Chi-Yeol (Jung Kyoung-Ho). 

Choi Chi-Yeol adalah instruktur populer di bidang pendidikan swasta dan dikenal sebagai Instruktur Ilta (instruktur paling populer). Dia bekerja keras dalam pekerjaannya. Sebagai instruktur bagi murid-muridnya, dia berbicara tanpa syarat dan menerapkan kecakapan memainkan pertunjukan dalam pelajarannya. 

Dia telah mengumpulkan kekayaan dan ketenaran sebagai instruktur populer, tetapi, dengan kesuksesan yang meningkat, dia menjadi lebih sensitif, berduri, dan acuh tak acuh terhadap orang. 

Dia kemudian bertemu Nam Haeng-Seon dengan kepribadiannya yang super positif dan stamina yang tidak pernah berakhir. Hubungan antara Nam Haeng-Seon dan Choi Chi-Yeol berkembang secara romantis.



Pemeran drama korea Crash Course in Romance 
1. Jeon Do-yeon sebagai Nam Haeng-seon
Lee Yeon sebagai Haeng-seon muda
Seorang mantan pemain bola tangan nasional yang kini menjalankan toko banchan. Setelah kematian ibunya, dia melepaskan karir olahraganya untuk merawat keponakan mudanya dan adik laki-lakinya yang berkebutuhan khusus

2. Jung Kyung-ho sebagai Choi Chi-yeol
Kim Min-chul sebagai Chi-yeol muda
Seorang instruktur matematika selebriti di The Pride Academy, sebuah lembaga pendidikan swasta populer, yang memiliki gangguan makan dan secara teratur mengunjungi toko Haeng-seon.

3. Roh Yoon-seo sebagai Nam Hae-yi
Putri dan keponakan angkat Haeng-seon yang ditinggalkan oleh ibunya—saudara perempuan Haeng-seon ketika dia masih kecil, dan dibesarkan oleh Haeng-seon setelah itu. Dia adalah ketua kelas dari kelas 2-1 SMA Woorim.

4. Oh Eui-shik sebagai Nam Jae-woo
Adik laki-laki Haeng-seon yang mengidap sindrom Asperger.

5. Lee Bong-ryun sebagai Kim Young-joo
Teman Haeng-seon yang bekerja di tokonya.

6. Kim Mi-kyung sebagai Jung Young-soon
Ibu Haeng-seon.

7. Shin Jae-ha sebagai Ji Dong-hee / Jeong Seong-hyeon
Manajer Chi-yeol.

8. Kim Da-huin sebagai Jeon Jong-ryeol
Teman Chi-yeol yang merupakan guru di Woorim High School.

9. Jang Young-nam sebagai Jang Seo-jin
Ibu Seon-jae yang adalah seorang pengacara.

Lee Chae-min sebagai Lee Seon-jae
Seorang siswa di kelas 2-1, sahabat Hae-yi yang naksir dia.

Kim Tae-jeong sebagai Lee Hee-jae
Kakak laki-laki Seon-jae yang berhenti sekolah dan tinggal di rumah.

Kim Sun-young sebagai Jo Su-hee
Ibu Su-ah yang terobsesi dengan studinya.

Kang Na-eon sebagai Bang Su-ah
Seorang siswa di kelas 2-1 yang memiliki persaingan dengan Hae-yi.

Hwang Bo-ra sebagai Lee Mi-ok
Ibu Dan-ji.

Ryu Da-in sebagai Jang Dan-ji
Seorang siswa di kelas 2-1, teman dekat Hae-yi dan Seon-jae.

Lee Min-jae sebagai Seo Geon-hu
Seorang siswa di kelas 2-1 yang merupakan atlet hoki es. Belakangan, ia didiagnosis mengalami cedera bahu yang serius dan harus berhenti bermain.


Poster drama korea Crash Course in Romance 





Trailer drama korea Crash Course in Romance 



Review drama korea Crash Course in Romance 
"Crash Course in Romance" mengambil alih Slot waktu sebelumnya ditempati oleh "Alchemy of Souls: Light and Shadow" dan diikuti oleh "Pandora: Beneath the Paradise" pada 11 Maret 2023.

Dari sisi akting sudah tak diragukan lagi nama besar Jeon Do-Yeon dan Jung Kyoung-Ho jadi jaminan, yang perlu saya acungi jempol adalah akting Roh Yoon-seo yang mencuri perhatian.

Selain bumbu komedi, drama keluarga dan bagaimana strugglingnya seorang tante membesarkan keponakan layaknya anak sendiri membuat saya relate dan berhasil membuat mata berkaca hampir mau nangis di beberapa scene.

Jujur tidak banyak drama korea yang bisa membawa sisi emosional sejauh ini dan rasanya sudah sangat lama tidak menemukan drakor yang bisa ralete banget seperti Crash Course in Romance.


Tonton review versi video di sini:


Komedi, drama dan romancenya sebenarnya sudah cukup jadi sajian yang membuat penonton bertahan hingga episode 16, Crash Course in Romance menambahkan unsur misteri dan thriller sehingga jadi paket lengkap sebagai daya tarik menunggu kelanjutan episode selanjutnya.

Sorotan paling besar tentu saja pada isu sosialnya bagaimana kerasnya sistem pendidikan di korea. Para orang tua mendorong sangat keras agar anaknya berprestasi di sekolah dan masuk universitas unggulan yang berdampak pada kesehatan mental anaknya.

Persaingan ketat dalam hal akademis disajikan dengan sangat realistis, pelajar diforsir nyaris sepanjang hari hanya belajar dan belajar, tidak cukup hanya di bangku sekolah bahkan harus ikut academy atau semacam bimbel yang bayarnya tidak murah dan menciptakan industri pendidikan non formal layaknya hiburan dan selebritas.

Harusnya orang tua, sekolah dan lembaga pendidikan sadar setelah melihat drama ini bahwa dunia pendidikan di korea terlalu kompetitif dan cenderung keras.

Pelajar harus pulang hingga larut malam, penuh ambisi jadi nomer satu di sekolah sehingga kadang menghilangkan akan sehat untuk melakukan cara-cara tidak halal demi nilai ujian yang sempurna.

Secara keseluruhan drama Crash Course in Romance sangat rekomended untuk ditonton, selamat menikmati.



Penulis
Nandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon