Resep dan Cara Buat Donat yang Empuk Mengembang Cocok Buat Camilan

 


Campusnesia.co.id - Donat adalah makanan yang sudah umum bagi masyarakat Indonesia. Dari mahal harganya banyak toping hingga yang sederhana bertabur gula sajju harga dua ribu.

Wikipedia.org menulis Donat adalah jenis makanan yang terbuat dari adonan goreng yang beragi. Ini populer di banyak negara dan disiapkan dalam berbagai bentuk sebagai camilan manis yang bisa dibuat sendiri atau dibeli di toko roti, supermarket, warung makan, dan vendor khusus waralaba. 

Lewat postingan kali ini berikut kai hadirkan Resep dan Cara Buat Donat yang Empuk Mengembang Cocok Buat Camilan.


Bahan-bahan yang diperlukan:
- 1 kg tepung protein tinggi 
- 500 ml air hangat
- 200 gram margarin yang dilelehkan
- 10 sendok makan gula
- 4 butir kuning telur
- 12 gram ragi instan
- 4 sendok makan susu bubuk
- minyak secukupnya
- gula halus secukupnya


Cara membuatnya mulai dengan mencampurkan beberapa bahan untuk adonan donat. Tuang air hangat bersama sepuluh sendok makan tepung terigu, ragi, dan gula. Aduk semua bahan searah jarum jam sampai merata. Tambahkan setengah dari sisa terigu secara perlahan sembari diuleni sampai kalis. 

Berikutnya tutupi adonan dengan kain lembab, Masukkan kuning telur, susu, dan margarin secara berurutan sembari diaduk. Tuang semua sisa terigu ke dalam wadah, uleni kembali sampai kalis.

Pastikan teksturnya berubah jadi halus, licin, dan tidak lengket. Letakkan di dalam wadah yang telah diolesi minyak, kemudian tutupi dengan kain lembap selama satu jam. 

Goreng donat sampai matang, Ambil adonan, uleni kembali dan bentuk bulatan. Diamkan kembali selama sepuluh menit di atas loyang yang telah diberi tepung terigu. Siapkan wajan yang telah diberi minyak, panaskan.

Goreng adonan sampai berwarna kecokelatan setelah dilubangi bagian tengahnya. Angkat dan tiriskan. Sajikan bersama taburan gula halus.


sumber: https://www.idntimes.com/food/recipe/prila-arofani/cara-membuat-donat-empuk-dan-mengembang?page=all

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon