Notif Palsu Instagram dan Film Dokumenter The Social Dilemma

 


Campusnesia.co.id - Tiba-tiba sore tadi hp saya berbunyi, ada notif dari Instagram yang baru saya buat sepekan yang lalu. Biasanya notif seperti ini muncul jika ada DM, like, komentar atau pengikut baru, yang menarik saat saya baca ada tulisan "anda tidak punya 10 like baru" ha ha, gak percaya dengan penglihatan saya, coba baca ulang dan ternyata benar notifnya bukan tentang like baru tapi tidak ada like baru.

Ngapain Instagram seperti itu? apakah random? tentu saja tidak.

Tujuannya agar sang pemilik akun klik notif dan buka akun Instagramnya hingga sadar bahwa memang tidak ada like baru apalagi sejumlah 10 like.




Apa yang dilakukan Intagram juga dilakukan oleh sosial media lain seperti facebook bahkan wa, pernah mendapati ada notif dari wa berbunyi "anda mungkin menerima pesan baru". Awalnya notif seperti itu saya kira karena koneksi internet dan ada pesan yang delay terkirim, tapi ternyata ya another cara sosial media mengajak penggunanya agar buka aplikasinya.

Belakangan juga pasti teman-teman heran misal habis cari kata kuni tertentu bakal muncul aneka video berkaitan di kolo eksplore atau beranda instagram yang berisi rekomendasi postingan yang bahka tidak kita follow, bagaimana bisa beranda saya full padahal gak ngikutin seorang pun saat awal membuat akun?

Itulah algoritma, dan sisi buruknya membawa ketidaknyamanan hingga ketergantungan pada sosial media. Semua aplikasi berlomba membuat penggunanya sebanyak mungkin meluangkan waktu untuk menggunakan aplikasinya atau screen time.

Dampak buruk juga mulai timbul, beberapa orang trauma dengan notif dari whatsapp adan sosial media, belum lagi kecanduan validasi dan apresiasi seperti berapa banyak view dan like atau komentar.

Semua hal tersebut mengingatkan saya pada salah satu film dokumenter Netflix yang tayang tahun 2020 yang membahas sisi buruk sosial media berjudul The Social Dilemma.

Filmnya bagus banget membahas tentang ketergantungan manusia pada sosial media hingga dampak buruknya dan cara "jahat" sebuah sosial media membuat penggunanya ketergantungan.


Tentang Film The Social Dilemma

The Social Dilemma adalah film dokudrama arahan Jeff Orlowski tahun 2020 yang mengisahkan tentang perkembangan sosial media dan efeknya di masyarakat dunia. Dalam hal ini, The Social Dilemma berupaya mengangkat bagaimana perusahaan-perusahaan besar seperti Facebook, Instagram, Google, mengeksploitasi data-data pengguna. 

Film ini membongkar bagaimana sosial media didesain untuk menumbuhkan adiksi kepada penggunanya dan membuat mereka cenderung mengabaikan keamanan data-data mereka sehingga rentan terhadap penggalian data. 

Data-data yang dikumpulkan perusahaan teknologi berskala global tersebut tidak hanya digunakan untuk kepentingan politik atau golongan, tetapi juga menimbulkan efek buruk bagi kondisi psikis pengguna berkenaan dengan kesehatan mental dan penyebaran teori-teori konspirasi. 

Film ini menampilkan para tokoh di balik perusahaan-perusahaan besar seperti Google, Pinterest, Instagram, yang menjelaskan pendapat mereka berdasarkan pengalaman yang mereka alami selama bertahun-tahun mengembangkan berbagai proyek dan fitur aplikasi.


Jadi mari bijak menggunakan sosial media, seperlunya saja jangan berlebihan. Semoga bermanfaat sampai jumpa.


penulis
Nandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon