Mahasiswa KKN UNISNU Jepara Lakukan Revitalisasi Perpustakaan SDN Padaran Rembang

 


Campusnesia.co.id - Rembang, Kuliah kerja Nyata (KKN) merupakan wadah bagi mahasiswa dalam menjalankan pengabdian kepada masyarakat. Mahasiswa KKN Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara membuat program revitalisasi perpustakaan SDN Padaran di Dukuh Jambangan Desa Padaran Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang ditujukan untuk meningkatkan minat baca peserta didik.

Berdasarkan hasil observasi bahwa perpustakaan di sekolah tersebut memang perlu sentuhan pembaharuan. Kepala SDN Padaran Nur Hadi, M.Pd. menilai bahwa program dari mahasiswa KKN tersebut sangat baik karena sesuai dengan kondisi dan kebutuhan sekolah saat ini.

“Saya setuju dan mendukung penuh program tersebut. Semoga dengan adanya mahasiswa KKN UNISNU Jepara di sini dapat membawa sekolah ini jadi lebih maju, terutama dalam hal kemampuan literasi dan numerasi peserta didik,” tutur Kepala Sekolah SDN Padaran.


Pada kegiatan tersebut, Fatchul In’am menyampaikan harapan agar perpustakaan SDN Padaran dapat dirawat dan digunakan dengan baik sebagai sarana untuk pembelajaran dan dapat memberikan dampak positif terhadap literasi melalui peningkatan minat baca. Dengan adanya revitalisasi perpustakaan ini, diharapkan peserta didik bisa sering berkunjung dan banyak membaca buku sehingga daya literasi mereka juga meningkat. Wajah baru perpustakaan SDN Padaran akan membawa peserta didiknya melihat cakrawala dunia yang lebih luas.


Perubahan ini tentu sangat dirasakan manfaatnya oleh para peserta didik, salah satu dari mereka mengungkapkan kebahagiaannya bahwa dengan kembalinya perpustakaan, mereka bisa membaca buku cerita lagi. “Kalau mau mengerjakan tugas juga sekarang bisa ke perpustakaan, tidak harus melulu di kelas, dan merasa senang sekali karena banyak hiasan ornamen yang bagus-bagus,” pungkasnya.

Pelaksanaan revitalisasi dimulai dari membersihkan alat–alat yang kotor, memilah buku–buku yang masih layak digunakan, serta menghias dan menata kembali ruang perpustakaan. Sekolah berharap program KKN UNISNU Jepara di Desa Padaran bermanfaat bagi warga sekolah baik peserta didik maupun guru SDN Padaran Rembang. 

Tim KKN UNISNU Jepara terdiri atas Amrul Adhim (PAI), Denis Aprilia Rahmawati (PGSD), Durrotun Nafisah (PBI), Fatchul In’am (HKI) Hisyam Nasyith (PGSD), Huda Amirul Hakim (PS), Ilham Faishal Susbandi (Teknik Elektro), Jamal Abdul Nasheer (Budidaya Perairan), Kholisatun Nihayah (PAI), Lailatur Rohmah (PAI), Milan Rohman (Teknik Informatika), Nia Nur Lailiyah (PGSD), Noor Shabrina (PBI), Nur Hikmatul Fadhilah (PAI).  



Penulis
Hisyam Nasyith

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon