Mahasiswa KKN Undip Rancang E-Catalog Pengajaran dengan Konsep Belajar Sambil Bermain

 


Campusnesia.co.id Brebes, Jawa Tengah (05/02/2023) – Pada penerapannya, sekolah merupakan tempat untuk menuntut ilmu. Tapi tak sekadar itu, sekolah menjadi tempat bermain bagi siswa. Di Sekolah Dasar, siswa-siwa dapat menemukan berbagai macam cara menyenangkan untuk belajar.  Dalam hal ini Mahasiswa KKN Undip mengemas konsep pengajaran “Belajar sambil bermain” untuk mengembalikan semangat belajar siswa SD di Desa Pagejugan setelah pandemi Covid-19. 

Dengan menggunakan strategi belajar sambil bermain, dapat meningkatkan kemampuan berfikir, kreativitas, dan keterampilan siswa. Selain itu, strategi ini juga membuat siswa lebih tertarik untuk belajar dan mereka akan lebih mudah mengingat pelajaran yang telah dipelajari. Hal ini akan membantu siswa mencapai potensi maksimal. Belajar sambil bermain di sekolah merupakan salah satu cara yang efektif dalam membantu siswa dalam menyerap bahan pengajaran. 

Maka dari itu, untuk  melestarikan konsep pengajaran tersebut mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro melaksanakan program kerja  “Penggunaan E-Catalog untuk referensi media pengajaran yang kreatif dan inovatif”. E-catalog ini dimaksudkan agar guru memiliki referensi terkait kegiatan belajar sambil bermain. Bahan pengajaran yang dibuat ada 2 jenis, yaitu bahan ajar baca-tulis dan bahan ajar bahasa asing. 

Pelaksanaan program ini dilakukan dari tanggal 5-10 Februari 2023 dengan melakukan pembuatan desain di Canva, lalu melakukan pembuatan dan editing E-catalog  di Flip PDF Corporate dengan memanfaatkan fitur-fitur yang telah disediakan seperti  menu daftar isi, yaitu jika user menekan tombol menu “materi membaca kelas 1 SD” akan langsung diarahkan pada halaman materi tersebut. 


Setelah selesai dengan pembuatan, Tim KKN Undip melakukan tahap pengujian untuk memastikan semua fitur dalam E-catalog bekerja dengan baik sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, tim melakukan tahap edukasi kepada guru yang akan menggunakan E-catalog, agar dapat menggunakan E-catalog dengan baik sehingga membantu dalam proses belajar siswa.

Dengan memanfaatkan E-catalog pengajaran, guru dapat dengan mudah mengakses referensi mengenai media pengajaran. E-catalog dapat diakses melalui berbagai perangkat, sehingga guru dapat mengaksesnya dengan mudah. Harapannya dengan pemanfaatan E-catalog ini dapat meningkatkan kinerja guru dalam proses belajar dan memberikan referensi dalam pembuatan bahan pengajaran yang kreatif dan inovatif selanjutnya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon