Mahasiswa KKN Tim 1 Undip Ciptakan Pengukur Tinggi Badan Berbasis Arduino Uno

 


Campusnesia.co.idKlaten (04/02/2023). Mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP menciptakan pengukuran tinggi badan otomatis berbasis Arduino Uno untuk kader posyandu di Desa Bakungan, Karangdowo, Kabupaten Klaten.

Saat ini kader posyandu di desa Bakungan masih mengandalkan microtoise yang dirasa merepotkan karena perlu melakukan kalibrasi terlebih dahulu agar alat dapat digunakan dengan benar. Dengan adanya prototype pengukur tinggi badan otomatis tersebut diharapkan dapat memudahkan kader posyandu dalam melakukan pengukuran secara efektif.

Cara kerja dari prototype pengukur tinggi badan otomatis yaitu meletakkan alat di atas kepala, setelah alat sejajar dengan tinggi orang tersebut maka orang yang diukur dapat menyingkir agar tidak menghalangi sensor, lalu tekan tombol dan hasil pengukuran akan ditampilkan pada LCD.


Pengukuran tinggi badan otomatis berbasis Arduino dapat dibuat menggunakan sensor ultrasonik HC-SR04, LCD 16x2, Arduino Uno R3, dan Push button dan menggunakan daya dari baterai 9 volt.

Sensor HC-SR04 merupakan sensor ultrasonik yang dapat digunakan untuk melakukan pengukuran jarak. Sensor ultrasonik akan mengeluarkan gelombang ultrasonik, kemudian gelombang tersebut akan dipantulkan oleh benda yang berada di depan sensor dan diterima kembali oleh sensor. Dari selang waktu pantulan tersebut dapat digunakan untuk mengukur jarak antara benda dengan sensor.

LCD (Liquid Cristal Display) adalah jenis layar yang menggunakan teknologi kristal cair yang berfungsi untuk menampilkan informasi visual. LCD digunakan untuk menampilkan informasi dan hasil pengukuran tinggi badan.

Arduino Uno adalah salah satu mikrokontroler yang populer dan mudah digunakan untuk proyek DIY. kita dapat memrogram Arduino Uno untuk mengukur jarak dan mengonversinya menjadi tinggi badan. Kita dapat menggunakan formula fisika seperti tinggi = v * t untuk menghitung tinggi, dimana t adalah waktu yang diperlukan eco sinyal untuk kembali ke sensor, dan v adalah kecepatan suara.

Langkah-langkah untuk membuat sistem pengukuran tinggi badan dengan Arduino Uno adalah sebagai berikut:

1. Hubungkan sensor jarak ke Arduino Uno
2. Upload program ke Arduino Uno untuk mengukur jarak
3. Konversikan jarak menjadi tinggi badan menggunakan formula fisika
4. Tampilkan hasil pengukuran tinggi badan pada layar LCD

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon