Daftar Orkes Dangdut Koplo Pantura Populer Penghasil Bintang Ternama

 


Campusnesia.co.id - Dalam salah satu lagunya Project Pop pernah berkisah tentang sebuah genre musik yang disebut Music of my Country tidak lain tidak bukan yaitu Dangdut.

Populer sejak era 1968 musik dangdut terus berevolusi sejak kemunculan A. Rafiq, disusul generasi Rhoma Irama, Elvi Sukaisih, Rita Sugiarto, Mansur S, Evitamala dll.

Selain bintang-bintang ternama di aras yang malang melintang lalu lalang di layar televisi dan film, di daerah juga tumbuh grup-grup musik dangdut yang dikenal dengan Orkes Melayu atau disingkat OM.

Era tahun 2000an, popularitas musik dangdut kembali naik dengan perkembangan teknologi CD dan DVD sebagai saluran distribusi.

Icon yang muncul dalam generasi ini diantaranya Inul Daratista, Uut Permatasari lewat orkes dangdut Pallapa dan Monata asal Jawa Timur degan membawa genre baru yaitu Dangdut Koplo.

Dibanding dangdut era Rhoma Irama dkk, genre Koplo lebih rancak, tempo dan beatnya cepat dengan tambahan kendang sebagai alunan.

Popularitas orkes dangdut koplo semakin moncer lewat tanggapan dari berbagai daerah, harga sekali manggung tak cukup puluhan juta kadang hingga puluhan juta dengan kemasan panggung ala rigging konser, audio sound systen kualitas wahid serta pengamanan ekstra mengingat angusisme warga yang datang bksa mencapai ribuan orang.

Kini sekelas OM New Pallapa atau New Monata harus sabar jika ingin mengundag mereka, tak jarang bookingnya hingga setahun sebelum hari H pelaksanaan acara saling padatnya.

Lewat postingan kali ini, berikut kami hadirkan Daftar Orkes Dangdut Koplo Pantura Populer Penghasil Bintang Ternama.


1. OM New Pallapa

OM New Pallapa dulunya bernama Pallapa saja, pimpinan bu Juana Sari dan penabuh kendang paling legend dalam dunia musik dangdut koplo yaitu cak Slamet atau Cak Met.

Nama-nama populer seperti Tasya Rosmala, Jihan Audy dan Gerry Mahesa adalah talent-talent OM New Pallapa.

Tarif sekali undang untuk New Pallapa lengkap dengan sound systen Ramayana, keamanan dan jamuan sekitar Rp 100.000.000.



2. OM New Monata

Orkes melayu yang satu ini juga sangat populer, dipunggawai oleh Cak Sodiq vokalis dan gitaris bersuara merdu dengan ciri khas rambut gimbal.

Salah satu ciri khas New Monata musiknya lebih bervariasi dan eksploratif dibanding New Pallapa.

Selain nama besar Cak Sodiq ada Brdoin, Ratna Antika yang energik dan entertaint banget dalam setiap penampilannya dengan ciri khas topinya, adapula nama Lala Widy yang populer.

Tarif sekali undang New Monata sekitar Rp 80 hingga 100 juta.



3. OM Adella

OM Adella adalah orkes dangdut koplo asal Tuban, Jawa Timur. Berdiri pada tanggal 17 Oktober 2007 dan dibentuk oleh Haji Totok dan istrinya yaitu Ibu Henny.

Adella termasuk pelopor yang cepat tanggap menghadapi pandemi covid dengan membuat channel youtube dan menampilkan para artisnya.

Nama yang besar bersama OM Adella diantaranya adalah Yeni Inka, Arlida dan Difarina Indra.




4. OM Sera

Sejaman dengan Pallapa dan Monata, OM SERA yang ternyata kepanjangan dari Selera Rakyat didirikan pada tahun 2003 pimpinan bapak Moch Soleh.

Walau mungkin jarang didengar nama Via Vallen menitii karir bersama OM Sera lho.


5. OM Ageng Music

Ageng Music adalah side project Cak Met penabung kendang New Pallapa dengan ritme musik yang lebih kalem dan eksploratif ketimbang New Pallapa, ini ibarat Ahmad Band project Ahmad Dhani Dewa 19.

Lewat Ageng Music, cak Met mempopulerkan kedua putrinya yaitu Indri dan Sefti yang tergabung dalam Duo Ageng.

Penampilan Duo Ageng feat Ageng Music duet bersama sang Ayah Cak Met dalam lagu Bidadari Cinta sudah ditonton lebih dari 20 juta kali di channel youtube.



6. MG 86

OM MG 86 dikenal lewat Abah Lala yang mempopulerkan Cendol Dawet, orkes melayu ini beranggotakan mantan tenaga kerja Indonesia (TKI) dan petani ladang.

Abah lala juga populer lewat lagu Gedhe Rosl dan Ojo Dibanding-bandingke.




7. DC Music
Grup music pengiring Denny Caknan dengan ekplorasi music perpaduan dangdut, koplo, kendamg dan sexophone ala-ala music jazz.

Ciri khas ini membedakan dengan orkes lain dan tak jarang dibarengi aransemen lagu yang sedikit berbeda.

Nama besar Denny Caknan membuat nyaris apapun lagu yang dinayanyikan lewat channel youtubenya selalu trending.

Kabarnya sekali manggung, DC Music dan Denny Caknan dan bisa sampai ratusan juta.


6. OM Sagita


7. OM Sonata


8. OM New Bintang Yenila



Demikian tadi sobat Campusnesia, postingan kita kali ini tentang Daftar Orkes Dangdut Koplo Pantura Populer Penghasil Bintang Ternama, semoga bermanfaat sampai jumpa.


Penulis
Nandar



===
Baca juga:

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon