Review Drama Korea Anna, Ketika Bae Suzy jadi Wanita Tukang Bohong

 


Campusnesia.co.id -  Bae Suzy baru saja kembali ke layar kaca dalam sebuah drama berjudul Anna yang tayang eksklusif di platform Coupang Play. Penampilannya yang sukses besar dalam drama Start Up membuat penonton berekspektasi tinggi dalam peranya yang baru ini.

Coupang adalah sebuah perusahaan perdagangan elektronik Korea Selatan yang berbasis di Seoul, Korea Selatan, dan terinkorporasi di Delaware, Amerika Serikat. Didirikan pada 2010 oleh Bom Kim, perusahaan tersebut meluas menjadi pasar daring terbesar di Korea Selatan.

Coupang Play adalah aplikasi nonton streaming yang berisi tentang film, drama, dan video Korea. Coupang Play pun sudah bisa di download dan diinstal gratis melalui google play store atau app store.


Sinopsis drama korea Anna
Semuanya dimulai dengan kebohongan sederhana. Kebohongan itu membuat Yu-Mi (Bae Suzy) menjalani kehidupan yang sama sekali berbeda. Suaminya adalah Ji-Hun (Kim Joon-Han). Dia adalah pria yang ambisius, yang mengejar kehidupan yang berorientasi pada tujuan. Yu-Mi berteman dengan Ji-Won (Park Ye-Young). Ji-Won adalah satu-satunya orang yang dapat dipercaya dan diandalkan oleh Yu-Mi.

Sementara itu Hyun-Joo (Jung Eun-Chae) menikmati kehidupan superiornya, tanpa pertimbangan atau kebencian kepada orang lain.

Drama Anna merupakan drama yang diangkat berdasarkan novel "Chinjeolhan Yibangin" oleh Jung Han-A diterbitkan 13 Oktober 2017 oleh Munhakdongne. Syuting untuk serial drama ini dimulai pada 15 Oktober 2021.

Drama korea Anna tayang setiap Jumat di Coupang Play.


Pemeran drama korea Anna
Bae Suzy sebagai Yumi

Jung Eun-chae sebagai Hyeon-ju

Kim Jun-han sebagai Ji-hoon

Park Ye-young sebagai Ji-won

Kim Jung-young sebagai Hong-joo

Choi Yong-Jin sebagai Lee Sang-Ho

Heo Hyeong-Gyu sebagai Kang Jae-Ho


Poster drama korea Anna



Trailer drama korea Anna




Review Drama Korea Anna, Ketik Bae Suzy jadi Wanita Tukang Bohong
Sejauh ini sudah ada 4 episode dengan rata-rata durasi setiap episodenya kurang lebih  jam. Kesan pertama menonton drama ini layaknya sedang menonton film festival atau art house.

Scorring sederhana, banyak adegan yang bahkan tanpa musik latar, pengambilan gambar yang grande dan artistik lainnya.

Dari sisi cerita bisa dibilang cukup cepat transisi dari tahun ke tahun peristiwa yang dialami si Lee Yu Mi dari ia yang dijari piano dan bahasa inggris oleh istri tentara inggris, masa smp saat tak mau berhenti les balet, serta masa sma popularitas, kepandaian, cita-cita masuk universitas dan skandal pacaran dengan guru muda yang membuatnya harus pindah sekolah ke seoul 4 bulan menjelang kelulusan.

Satu sisi penonton diajak simpati dengan kehidupan Yu Mi dan kehidupan keluarganya yang jauh dari kata cukup, ia harus stragling dalam menjalai kehidupan serta meraih impian.

Namun satu sisi penonton dihadapkan pada moral isu, dimana Yu Mi berulang kali mengambil tindakan yang mestinya tidak ia ambil dengan berbohong kepada orang tua, teman dan orang-orang terdekatnya.

Pendekatan dan formula penulis Jung Han-A dan Lee Joo-Young memang tidak biasa. Umumnya formula drama klasik si karakter utama yang hidup susah akan perpegang teguh pada prinsipnya hingga mendapat pertolongan dari karakter lain serta dukungan moral penonton. Dalam drama Anna karakter Yu Mi digambarkan sebagai sosok yang tak pikir panjang mengambil kesempatan, rela berbohong demi gengsi dan lain sebagainya.

Puncaknya ketika ia tak kuat terhadap perlakuan keluarga kaya Lee Hyun-Joo tempat ia menjadi pembantu, alih-alih resign dan cari pekerjaan lain ia justru membawa lari sejumlah uang dan passport majikannya.


Cerita selanjutnya mengingatkan kita pada film poluler asal Korea Selatan yaitu Parasite, Yu Mi nekat mengganti nama menjadi Lee Anna dan hidup penuh kepalsuan dengan mengaku berlatar berlatar belakang pendidikan lulusan Yale dan NYU untuk melamar kerja sebagai guru privat.

Kepaiawaian Yu Mi atau Lee Anna KW dalam menyamar sangat menyakinkan sehingga orang-prang yang ditemui percaya, efek deg-degkan terjadi pada penonton saat khawatir dan menebak akankah kebohongan Yu Mi akan terbongkar.

Nekat Yoo Mi memasuki dunia perguruan tinggi sebagai dosen seni dan dipanggil profesor padahal kuliah S 1 saja tidak, tidak sampai di situ ia berhasil menikahi seorang CEO muda yang sedang naik daun dan berambisi ingin jadi walikota, luar biasa.

Konflik mulai muncul setelah sekian tahun ia berjumpa kembali dengan Lee Hyun-Joo yang secara tak sengaja tingga di Sky Castle yang sama dan sebuah surat dari perguruan tinggi nyasar ke rumahnya.

Perseteruan dimuali, Lee Hyun Joo yang ayahnya nampak bangkrut memeras Yu Mi uang milyaran akan ulahnya yang menyamar dan menjadi Lee Anna serta mengancam akan membongkar sandiwara  Yu Mi ke sang suami.

Yu Mi tak punya pilihan, dalam posisinya yang selalu berada di tepi jurang dengan identitas yang bisa terbingkar kapan saja jadi bom waktu.

Scene lain, sahabatnya Han Ji-Won yang dahulu adalah teman seasrama mulai sadar berdasar informasi dan kepingan puzle dari seniornya Kang Jae-Ho yang pernah nyaris tertipu oleh Yu Mi saat hendak ke Amerika ia menyusuri seetip informasi masih antara percaya tidak percaya sang sahabat dan adik kelasnya adalah penipu ulung yang sedang di puncak popularitas dan di ujung tanduk.

Entah bagaimana drama ini akan berjalan dan berakhir, dari sisi pendekatan dan formula patut diacungi jempol. Penonton diabawa dalam suasana kebatinan Yu Mi dan Moral Kompas yang membingungkan haruskan empati atau tidak pada sang karakter utama, semua jadi abu-abu dan tidak jelas benar salahnya.

Akhirnya tamat sudah, salah satu drama keren yang diperankan bae Suzy, rasa khawatir dan deg-degan dis etiap episode apakah kebohongan Anna akan terungkap akhirnya terjawab.

Pertama ia sudah muak dengan kelakuan Hong Jo yang memerasnya, hingga tiba hari dimana mereka harusnya bertemu di rumah lawas Han Jo tepat Yu Mi pernah bekerja.

Namun ketika Yu Mi melintas ada banyak polisi dan wartawan di depan rumah Han Jo dan muncul berita bahwa wanita tersebut meninggal diduga bunuh diri setelah minum alkohol.

Awalnya penonton mengira pelakunya adalah Yu Mi, namun belakangan diketahui bahwa pelakunya adalah Ji Hoon suami Lee Anna yang juga kesal karena ditelpon dan diperas oleh Han Jo.

Yu Mi syok dengan fakta tersebut, ia juga diintimidasi oleh suaminya setelah tahu bahwa selaa ini Lee Anna adalah Yu Mi seseorang yang bahkan tidak pernah kuliah, mengambil data dan kehidupan Lee Anna yang asli.

Upaya Yu Mi membongkar kejahatan sang suami, mulai dari bisnisnya, kekerasa pada karyawan hingga fakta bahwa Ji Hoon punya istri Im Seo Yon yang dibunuh dan seorang anak (mohon maaf) berkebutuhan khusus yang ditinggalkan demi citra dan karir politiknya.

Upaya itu digagalkan oleh tim Ji Hoon, termasuk laporan khusus yang ditulis oleh wartawan Ji Won sahabat Yu Mi karena ditolak oleh jaksa yang bersekongkol dengan Ji Hoon.

Puncaknya, pasca kemenangan Ji Hoon dalam pemilihan walikota Seoul, ia mengajak Yu Mi ke Amerika untuk berlibur namun ternyata dibalik semua rencana itu Ji Hoon ingin meleyapkan Yu Mi.

Yu Mi tak mau kalah, dalam perjalanan di amerika yang sepi, Ji Hoon menabrak tiang listrik, Yu Mi mengambil paspor dan membakar mobil suaminya dan menghilang.



Penulis
Nandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon