Loading...

Kelebihan Twitter Dibanding Sosial Media Lain

  

Campusnesia.co.id - Mengutip akun twitter Asumsi @asumsico "Resmi: Twitter mengonfirmasi bahwa mereka sepakat menjual perusahaan ke Elon Musk seharga $44 miliar setara dengan Rp635 Triliun." pada 26 April 2022.


Seperti yang kita tahu, Elon Musk adalah Founder PayPal, Space X, Tesla dan boring company. Selain dikenal merevolusi cara transaksi digital lewat Paypal, juga pelopor mobil listrik lewat Tesla dan tentu saja Space X yang sudah membawa astronot ke stasiun luar angkasa dengan roket yang bisa kembali lagi mendarat ke bumi sehingga bisa digunakan kembali yang artinya menghemat biaya.

Baru-baru ini ia resmi membeli twitter dan ingin memperjuangkan kebebasan dalam berpendapat serta memberangus akun bot yang selama ini sering membuat algoritma jadi tidak natural dan polarisasi di tengah masyarakat.

Lewat postingan kali ini mari kita bahas tentang Kelebihan Twitter Dibanding Sosial Media Lain, setidaknya berdasar pengalaman penulis selama menggunakan sosial media yang berlambang burung biru ini.


1. Pembentukan Opini
Twitter masih jadi sosial media paling efektif dalam pembentukan opini, itu mengapa kalau kita perhatikan banyak berita dan isu yang menyebar ke sosial media lain, grup whatsapp berasal dari screenshot twitter. Mungkin karena karakteristik penggunanya kali ya.

Beberapa kali cuitan Elon Musk berhasil membuat suatu emiten saham jadi naik nilainya secara drastis dan sebaliknya, mungkin ini juga jadi pertibangan elon musk membeli twitter.


2. Viral
Dengan vitur trending topik kita bisa mengetahui hal apa yang sedang paling banyak dibicarakan oleh netijen. Penggunaan dalam satu waktu dan jumlah perbincangan yang banyak sekali ini membuat suatu tema jadi trending dan viral sehingga menyedot perhatian. Walau tidak jarang trending topik sengaja dimanipulasi untuk mengangkat campaign tertentu atau promosi.


3. Literasi
Bisa dibilang pengguna twitter punya literasi yang lebih baik dibanding sosial media lain. Menurut saya karena karakteristik sosial medianya yang berupa teks terbatas, misalnya ada akun yang share link berita, pengguna twitter terbiasa meng-klik dan membaca dahulu ketimbang langsung komen dengan hanya melihat judul. Berbeda dengan pengguna facebook dan instagram yang basis medianya visual gambar.

Banyak juga yang menggunakan twitter sebagai sarana edukasi, membuat microbloging dengan Thread, twit yang bersambung sehingga jadi artikel yang utuh membahas suatu tema.

KKN di Desa Penari yang kini di adaptasi jadi film layar lebar dan buku berasal dari Thread horor di Twitter yang dibuat oleh akun Simple Man jadi contoh yang epik.


4. Diskusi Penting
DI twitter sering terjadi diskusi penting higga debat panas tentang suatu isu atau tema tertentu, ini menjadikan twitter penting sebagai ajang kolaborasi atau bisa juga alat debat yang sengit.


5. Twit Receh
Selain yang serius, banyak juga twit-twit receh di twitter yang menghibur. Semua orang punya potensi jadi viral dengan mendapatkan like dan retwet dari netijen, akhirnya memunculkan istlah selebtwit sebutan untuk pengguna twitter dengan followers besar dan engagement yang tinggi.


6. Gerakan Sosial 
Koin untuk Prita, Save Wadas, Tolak Omnibus Law adalah deretan contoh hastag gerakan lewat twitter yang berujung kemenangan netijen. Tidak jarang dalam kasus tertentu harus viral dulu baru mendapat perhatian pemerintah dan penegak hukum. 

Ini membuat twitter dan penggunanya jadi punya power dalam memperjuangkan gerakan sosial atau campaign tertentu yang bertujuan untuk kemaslahatan khalayak.


7. Informasi terkini dan cepat
Saya yang termasuk salah satu netijen yang ketika ingin memastikan ada gempa atau sekedar oleng karena ngantuk dengan cara membuka twitter. Karena di twitter selalu jadi yang terkini update berita dan kejadian.

Demikian juga ketika ingin mengetahui hari ini ada peritiwa atau kegaduhan apa, tingga buka twitter dan tab trending topik. Tak jarang para jurnalis online memantengi time line untuk dapat berita terbaru.


8. Untuk Blogger dan penulis
Bagi saya seorang bloger, twitter sangat bermanfaat selain mencari ide terkini juga bisa dijadikan sarana sharing tulisan ke netijen. Seperti yang saya sampaikan di atas, pengguna twitter dengan literasi yang lebih baik memungkinkan kita mendapatkan pengunjung dan pembaca yang lebih banyak. Jika beruntung artikel yang kita share akan memperoleh efek viral.


Demikian tadi sobat Campusnesia, postingan kita kali ini tentang Kelebihan Twitter Dibanding Sosial Media Lain. Semoga bermanfaat sampai jumpa.


Penulis
Nandar


===
Baca Juga:



Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys