Loading...

Mahasiswa KKN Tim I Undip Tahun 2022 Mengadakan Kegiatan Membaca Cerpen Guna Meningkatkan Minat Baca Anak




Campusnesia.co.idDi era menuju pasca pandemi covid-19 ini banyak anak-anak yang memiliki waktu luang karena kegiatan sekolah belum berlangsung secara maksimal. Biasanya banyak anak-anak yang mengisi kegiatan dan aktivitas dengan bermain game online atau bermain gawai. Hal ini tentunya minim manfaat, mengingat sebagai anak-anak usia produktif masih memerlukan banyak pengetahuan dan perlu menambah wawasan dengan membaca. 

UNESCO menyebutkan bahwa Indonesia berada urutan kedua paling bawah dalam hal literasi, yang mana berdasarkan data yang dirilis, persentase minat baca hanya mencapai 0,001% artinya hanya ada satu dalam seribu orang Indonesia yang rajin membaca. 


Begitu juga yang ditemukan di RW 08 Kelurahan Sendangmulyo, selama survei berlangsung, ditemukan beberapa anak yang asyik bermain telepon genggam, bersepeda, bermain bola, dan yang lainnya. Oleh karena itu program ini mungkin terlihat sepele, akan tetapi perlu dilakukan. Membaca bersama tentunya kan jauh lebih menarik dan menyenangkan untuk dilakukan, daripada membaca sendiri yang terkesan membosankan.

Pada hari Sabtu, 22 Januari 2022 tepatnya pukul 09.00 mahasiswa yang tergabung dalam Tim I KKN UNDIP Tahun 2022 telah mengadakan kegiatan membaca bersama yang diikuti oleh anak-anak RT 01 RW 08 Kel. Sendangmulyo Kec. Tembalang. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 15 anak usia sekolah dasar. 
 

Program membaca cerpen ini diawali dengan membaca beberapa cerpen bersama-sama, kemudian dilanjutkan dengan membedah tokoh utama serta pesan moral yang ada dari setiap cerpen yang telah dibaca. Anak-anak yang mengikuti kegiatan ini tampak sangat semangat dan antusias, karena biasanya mereka membaca buku-buku pelajaran.

Program membaca bersama ini merupakan salah satu program KKN yang ditujukan untuk meningkatkan minat baca anak di tengah pandemi yang belum usai. Mengingat minat baca anak Indonesia yang masih jauh dibawah Negara lain, kegiatan ini dirasa sangat bermanfaat sebagai pengisi waktu luang anak usia sekolah dasar ditengah pandemic karena proses belajar mengajar di sekolah belum berjalan secara maksimal. 

Minat baca perlu ditumbuhkan terlebih lagi untuk anak usia sekolah terutama di era pasca pandemi Covid-19, yang mana membaca adalah salah satu hal yang sangat penting dan wajib dilakukan bagi anak usia sekolah. Membaca tidak harus diawali dengan membaca berat seperti membaca buku pelajaran, dapat juga dimulai dengan membaca buku kumpulan cerita, buku dongeng, majalah anak dan yang lainnya.


Penulis: 
Erlita Purnomo 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys