Link Streaming Nonton Online BRI Liga 1 Musim 2023-2024



Campusnesia.co.id -  Pasca pertarungan sengit timnas Indonesia vs Thailand di Final Piala AFF 2020 yang berlangsung di Singapura kemarin, semarak sepakbola tanah air kembali optimis, walau belum bisa meraih trophy juara namun squad garuda berserta pelatihnya membawa kepercayaan diri dan harapan seleuruh negeri.

Mumpung masih semangat nonton bola, kali ini kami hadirkan gelaran lain, kasta tertinggi sepakbola tanah air yaitu BRI Liga 1 yang masih bergulir.


Link Streaming Nonton Online BRI Liga 1 Musim 2023-2024

- Link Streaming Nonton Online BRI Liga 1 via Vidio.com klik di sini.

- Link Streaming Nonton Online BRI Liga 1 via Indosiar klik di sini. 


Daftar 18 Klub BRI Liga 1 Musim 2021-2022
               
1. Persib Bandung 

2. Persija Jakarta 

3. Borneo FC Samarinda 

4. Bali United FC 

5. PSS Sleman 

6. Arema FC 

7. PSIS Semarang 

8. Persis Solo 

9. PSM Makassar 

10. Dewa United 

11. Persik Kediri 

12. Bhayangkara FC 

13. Persebaya Surabaya 

14. PS Barito Putera 

15. Madura United 

16. Persikabo 1973 

17. Persita Tangerang 

18. RANS Nusantara FC



Sejarah Liga 1 di Indonesia
Liga 1 adalah liga sepak bola profesional level tertinggi dalam Sistem liga sepak bola di Indonesia. 18 klub bersaing untuk menjadi juara dengan sistem kompetisi promosi dan degradasi.

PT. Liga Indonesia Baru adalah operator resmi Liga 1 dengan masing-masing 18 klub peserta sebagai pemegang saham utamanya. Liga berlangsung dalam satu tahun (kalender) penuh sejak Maret sampai dengan November. Total 34 pertandingan untuk setiap peserta liga yang dimainkan secara kandang dan tandang (home and away).

Namun, khusus Kompetisi Liga 1 Musim 2021-2022 mengingat kompetisi berjalan masih di tengah pandemi Covid-19, ada beberapa terobosan yang harus dilakukan supaya kompetisi tersebut berjalan dengan aman. 

Sistem kompetisi tersebut menggunakan sistem gelembung, atau bubble to bubble menjadi pilihan yaitu dimana setiap kontestan liga 1 berkumpul terpusat di pulau jawa dan semua tim liga 1 tidak ada yang bermain di kandangnya sendiri, sistem kompetisi yang baru tersebut agar nantinya tidak menjadi klaster baru penyebaran virus Covid-19.

Kompetisi Liga 1 ini dibentuk pertama kali oleh PSSI pada tahun 2008 dengan nama Liga Super Indonesia. 

Dibentuk sebagai perwujudan kompetisi profesional sepak bola pertama di Indonesia yang sebelumnya hanya berkompetisi secara amatir dengan masih mengandalkan APBD sebagai modal berkompetisi menjadi kompetisi sepak bola yang berbasis industri dan profesional.

Ide dari pelaksanaan sistem liga ini telah dikemukakan sejak tahun 2007 sebagai upaya mewujudkan profesionalisme dalam persepak-bolaan nasional. Alasan lainnya adalah karena format Liga Indonesia pada tahun 2007 yang kurang adil, berlangsung secara sistem setengah kompetisi. 

Sistem ini menyebabkan tingginya tingkat ketegangan pertandingan dan sangat berpotensi memicu kerusuhan. Alasan terakhir adalah karena terlalu banyak tim peserta (36 tim).

Liga Super Indonesia pertama kali diselenggarakan pada tahun 2008. Kompetisi ini dilaksanakan untuk mengikuti persyaratan FIFA yang menyatakan bahwa liga teratas dari suatu negara harus diikuti oleh paling sedikit 18 klub dan setiap klub diharapkan merupakan klub profesional tanpa dibantu dana subsidi Pemerintah APBD.

Tahun 2017, kompetisi sepak bola profesional tertinggi di Indonesia ini berganti nama menjadi Liga 1 di bawah kepemimpinan ketua PSSI yang baru, Edy Rahmayadi.

Sejak tahun 2018, perusahaan Traveloka tidak lagi menjadi sponsor Liga 1, tepatnya sehari sebelum kick off di mulai. Namun sebagai gantinya, Bukalapak akhirnya menjadi sponsor Liga 1 bersama GO-JEK menggantikan Traveloka.

Sejak tahun 2019, GO-JEK tidak lagi menjadi sponsor Liga 1. Sebagai gantinya, Shopee menjadi sponsor menggantikan GO-JEK.

Sejak tahun 2021, Shopee tidak lagi menjadi sponsor Liga 1. Sebagai gantinya, BRI menjadi sponsor menggantikan Shopee.

Format kompetisi menggunakan format satu wilayah dimana sebelumnya (terakhir 2007) menggunakan format dua wilayah. Pemenang akan ditentukan dari jumlah poin paling banyak selama 34 pertandingan. 

Gelar juara ditentukan oleh tim dengan poin tertinggi selama satu musim kompetisi, jika poin sama maka juara akan ditentukan dengan selisih gol. Juara akan mewakili Indonesia di play-off Liga Champions Asia. 

Sedangkan peringkat ke-2 dan ke-3 (jika peringkat ke-1 lolos play-off Liga Champions Asia) akan mewakili Indonesia di Piala AFC. 

Tiga tim penghuni terbawah klasemen akan langsung terdegradasi dan digantikan oleh tiga tim terbaik dari Liga 2 yang promosi.

Update Skor dan Klasemen Sementara BRI Liga 1 musim 2023-2024 klik di sini. 



Sumber:
Vidio.com
Wikipedia.org

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon