Alur Cerita dan Penjelasan Ending Film DUNE 2021

 



Campusnesia.co.id - Salah satu film paling ditunggu tahun ini akhirnya rilis juga, film yang digadang-gadang bakal jadi pesaing saga antar galaxy Starwars dan Start Trek, film yang saya maksud adalah DUNE.

Dune adalah film fiksi ilmiah Amerika Serikat tahun 2021 yang disutradarai oleh Denis Villeneuve dan diproduseri oleh Mary Parent, Cale Boyter, Joe Caracciolo Jr. dan Denis Villeneuve. 

Naskah film ini ditulis oleh Jon Spaihts, Eric Roth dan Denis Villeneuve berdasarkan novel Dune karya Frank Herbert. Film ini dibintangi oleh Timothée Chalamet, Rebecca Ferguson, Oscar Isaac, Josh Brolin, Stellan Skarsgård, Dave Bautista, Stephen McKinley Henderson, Zendaya, Chang Chen, Sharon Duncan-Brewster, Charlotte Rampling, Jason Momoa dan Javier Bardem.

Film Dune ditayangkan secara perdana di Festival Film Venesia pada tanggal 3 September 2021 dan ditayangkan di Indonesia pada 13 Oktober 2021 dan di Amerika Serikat pada 22 Oktober 2021.

Sinopsis film DUNE 2021

Di masa depan manusia yang jauh, Adipati Leto Atreides (Oscar Isaac) menerima penatalayanan planet gurun berbahaya bernama Arrakis, juga dikenal sebagai Dune, satu-satunya sumber zat paling berharga di alam semesta, "rempah-rempah", obat yang dapat memperpanjang hidup manusia, menyediakan tingkat pemikiran manusia yang sangat tinggi dan memungkinkan perjalanan dengan kecepatan cahaya yang sangat tinggi. 

Meskipun Leto mengetahui bahwa peluang itu adalah jebakan rumit yang dibuat oleh musuh-musuhnya, Leto membawa selir keturunan Bene Gesserit, Lady Jessica (Rebecca Ferguson), putra dan pewaris tahtanya, Paul (Timothée Chalamet), serta beberapa penasihat Arrakis yang paling dipercaya. 

Leto mengambil alih operasi penambangan rempah-rempah, yang berbahaya karena kehadiran cacing pasir raksasa. Pengkhianatan yang pahit menuntun Paul dan Jessica ke Fremen, sebuah pedalaman padang gurun tempat tinggal penduduk asli Arrakis.

Pemeran Film DUNE 2021

Timothée Chalamet sebagai Paul Atreides, pewaris tahta House Atreides, Rebecca Ferguson sebagai Lady Jessica, ibu Paul berketurunan Bene Gesserit dan selir Leto. Oscar Isaac sebagai Adipati Leto Atreides, ayah Paul dan bangsawan yang baru dianugerahi kepengurusan planet berbahaya Arrakis, sumber rempah-rempah.

Josh Brolin sebagai Gurney Halleck, ahli senjata House Atreides dan salah satu mentor Paul, Stellan Skarsgård sebagai Vladimir Harkonnen, musuh bebuyutan Leto dan mantan pelayan Arrakis. Dave Bautista sebagai Glossu Rabban, keponakan Vladimir Harkonnen yang brutal

Stephen McKinley Henderson sebagai Thufir Hawat, pelayan dari Mentat yang setia pada House Atreides. Zendaya sebagai Chani, gadis misterius dari Fremen dan kekasih Paul. Chang Chen sebagai Dr. Wellington Yueh, seorang dokter dari Suk yang bekerja untuk keluarga Atreides.

Sharon Duncan-Brewster sebagai Dr. Liet-Kynes, ibu Chani dan ahli ekologi sekaligus penjaga perdamaian terkemuka di Arrakis. Charlotte Rampling sebagai Gaius Helen Mohiam, Ibu Terhormat suku Bene Gesserit. Jason Momoa sebagai Duncan Idaho, ahli pedang House Atreides dan salah satu mentor Paul.

Javier Bardem sebagai Stilgar, ketua suku Fremen di Sietch Tabr, David Dastmalchian sebagai Piter De Vries, pelayan dari Mentat yang setia pada Vladimir Harkonnen.


Poster Film DUNE 2021





Trailer Film DUNE 2021



Review dan Penjelasan Ending Film DUNE 2021
Banyak yang bilang nonton film Dune yang berdurasi 2,5 jam membuat mengantuk karena ceritanya yang lambat dan banyak percakapan, tapi saya rasa tidak demikian setelah menontonnya kemarin sepulang kerja.

Buat anda yang suka dengan film karya sutradara Denis Villeneuve pasti bisa memakluminya, demikianlah ciri khasnya seperti ketika menggarap film Blade Runner 2049, Arrival 2016 dan favorit saya Sicario yang tayang tahun 2016.

Digadang-gadang bakal jadi penantang film galaxy Starwars dan Star trek nampaknya dari sisi cerita Dune bakal bisa bersaing.

Ketimbang eksploitasi aksi baku tembak atau kejar-kejaran di ruang hampa, sisi instrik perebutan kekuasaan dan politik sangat kental dalam film remake ini.

Secara garis besar, Dune mengisahkan bagaimana cara kekaisaran memberangus sebuah kerajaan bernama Atreides penguasa wilayah planet gunung berlaut yang semakin hari berkembang dan jadi ancaman kekaisaran.

Caranya dengan memberi kuasa untuk berkuasa dan mendapat tugas menambang mineral langka nan mahal bernama "rempah-rempah" di sebuat planet gurun pasir bernama Arrakis.

Sebelumnya selama 80 tahun wilayah jajahan ini dikelola oleh kerajaan lain bernama Harkonnen, sontak perubahan tersebut membuat Harkonnen tidak terima dan melakukan kudeta yang sebenarnya sudah diduga oleh raja Atreides.

Sayang, pertarungan perebutan kekuasaan tersebut terjadi dengan drama pengkhiatan dari dalam sehingga Atreides tidak siap bertempur dengan seluruh kekuatan.

Sang putra mahkota calon penerus sang raja Atrides bernama Paul selamat bersama sang ibu setelah berhasil lolos dari musuh dan berjumpa dengan suku Fremen penduduk asli planet Arrakis.

Film berakhir justru saat cerita baru mulai seru dan panas, Paul yang juga disebutkan dalam ramalan suku Fremen akan menjadi pemimpin "Al Mahdi" atau "Lisan Al Ghaib" sedang menjalani takdirnya menuju kelayakan untuk jadi pemimpin Atreides dan Fremen selanjutnya dengan tujuan kembali merebut kekuasaan yang diambil oleh Harkonnen dan kekaisaran dzalim.

Semoga secara finansial film Dune berhasil untung, agar sekuelnya Dune Chapter Two bisa diproduksi dan menjawab rasa penasaran penonton atas kelanjutan perjuangan Paul, walau kita tahu film ini diangkat dari novel fiksi ilmiah laris karya  Frank Herbert.

Sisi teknologi yang ditampilkan juga menarik, canggih memadukan sisi futuristik dan kuno secara bersamaan.

Plot Film Dune Mengingatkan Sejarah Penjajahan di Indonesia

Ketika banyak orang mengaitkan film Dune dengan istilah dalam agama Islam dan timur tengah, setelah film usai justru yang terpikirkan di benak saya adalah sejarah penjajahan di Indonesia.

Planet Arrakis ibarat nusantara dengan kekayaan rempahnya, datanglah negara-negara yang awalnya ingin berdagang lalu ingin berkuasa dan menjajah, lalu kemudian mulai muncul kesadaran kolektif untuk melawan dan memperjuangkan kemerdekaan.

Arrakis sebagai sebuah planet dan Fremen sebagai penduduk lokalnya hanya bisa melihat dan dieksploitasi oleh para penjajah yang datang silih berganti, kekaisaran, Harkonnen dan Atreides.

Mirip dengan nusantara dan Indonesia, yang setidaknya dalam catatan sejarah pernah dijajah oleh 6 negara karena kekayaan rempah dan alamnya.

1. Portugis
Portugis menjadi negara pertama yang menjajah negari nusantara Indonesia. Portugis menjajah Indonesia selama kurang lebih 86 tahun sejak tahun 1509 sampai dengan tahun 1595.
 
2. Spanyol
Negara Spanyol menjadi yang ke dua menjajah Indonesia. Spayol bekerja sama dengan kerajaan Tidore yang berkedokan perdagangan rempah-rempah yang sangat berlimpah di Indonesia kala itu. 
 
Spanyol menjajah Indonesia cukup lumayan lama, yaitu dari tahun 1521 sampai dengan tahun 1962.

Secara keseluruhan, Dune sebagai salah satu film drama dengan latar masa depand an perang angkasa menarik da rekomended untuk ditonton, biar gak ngantuk jaga antusias dan sediakan kopi.

3. Belanda
Belanda ini menjadi negara yang paling lama menjajah Indonesia,hampir 3 abad setengah mereka menguasai Indonesia. Belanda mulai menjajah Indonesia dari tahun 1602 sampai tahun 1942.
 
4. Prancis
Perancis menjadi negara Ke-4 yang menjajah Indonesia,Namun Prancis ini tidak terlalu lama seperti negara-negara sebelum nya yang mebjajah Indonesia. Prancis hanya selama 5 tahun menjajah Indonesia ini, di mulai pada 1806 sampai 1811.
 
5. Inggris 
Inggris menjadi Negara Ke-5 yang menjajah Indonesia setelah perginya Prancis dari Indonesia. Negara Inggris menjajah Indonesia dimulai dari tahun 1811 sampai tahun 1816. 

6. Jepang
Negara Jepang menjadi negara terakhir yang menjajah Indonesia. Dan paling tercepat yaitu selama tiga stengah tahun saja yaitu 1942 sampai tahun 1945.
 
Namun,meski sebentar Jepang ini merupakan yang terkejam menjajah Indonesia ketimbang lima negara sebelumnya. 





penulis: Nandar

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »