Referensi 6 Cara Menghasilkan Uang untuk Pelajar dan Mahasiswa selama Pandemi

 

 
 
Campusnesia.co.id - Demi mencegah penyebaran virus covid-19 pemerintah menerapkan kebijakan sekolah dan kuliah dari rumah. Keputusan yang tepat, gak kebayang jika pelajar dan mahasiswa tetap masuk dan tatap muka untuk kegiatan belajar mengajar, bisa jadi lebih hectic dari sekarang.

Bagi sebagian pelajar dan mahasiswa, uang tambahan bisa membantu meringankan beban orang tua, ketika sekolah dan kampus buka banyak peluang yang bisa coba, sayangnya selama di rumah potensi aktivitas part time tersebut jadi tidak relevan lagi.

Tapi tenang, seperti kata pepatah, bersama kesusahan selalu ada kemudahan, walau sekolah dan kuliah online dari rumah, buat sobat yang mau menghasilkan uang tambahan bisa lho.

Pertanyaan serupa sering banget kami temukan di sosial media twitter, wajar, hasrat untuk mandiri baik untuk diri sendiri maupun membantu beban orang tua adalah hal yang baik, namun perlu diperhatikan niat baik saja tidak cukup harus diupayakan dengan cara yang baik pula.

Kali ini Campusnesia akan berbagi Referensi 6 Cara Menghasilkan Uang untuk Pelajar dan Mahasiswa selama Pandemi

1. Jualan Online
Kabar baik dari sekolah online adalah, setiap siswa dan mahasiswa setidaknya pasti pegang HP bahkan laptop atau komputer pc. Selain buat KBM bisa buat menghasilkan uang juga lho jangan cuma buat main game atau nonton drakor saja, salah satunya adalah jualan online.

Prinsipnya sederhana, apa yang ada disekitarmu misal makanan khas daerah, pakaian, kerajinan dll yang belum ada di market place bisa coba kamu jual.

Atau bisa juga jadi reseller dan dropsipher, promosi dulu kalau ada yang pesan baru dibelanjakan dengan demikian bisa hemat modal awal.

2. Jualan Offline
Kamu yang pegang gadget sepanjang waktu itu coba gunakan untuk survey barang-barang di market place dan bandingkan harga serta kualitasnya.

Perhatikan produk mana yang kira-kira belum dijual di sekitar tempat tinggalmu, coba tawarkan atau sekalian kulakkan, prinsip kebalikan dari tips pertama, yang belum ada di dunia nyata belikan dari dunia maya lalu jual.

Seperti Dea, seorang pelajar di desa Tegalharjo Trangkil Pati yang baru saja masuk sebagai siswi SMK tahun pelajaran ini, sambil sekolah online ia tidak malu jualan sosis, tempura, bakso goreng dan minuman blender seperti pop ice dll.

Ia ingin membantu meringankan beban ibunya yang merantau demi biaya sekolahnya, setidaknya bisa membantu beli kuota internet untuk sekolah online.

3. Jualan Kuota dan Pulsa
Kata anak uda jaman sekarang, kebutuhan pokok sudah bergeser jadi Sandang, Pangan dan Kuota bahkan becandaannya harta, tahta, kuota untuk menggambarkan betapa pentingnya akses internet.

Peluang ini bisa kamu ambil dengan jualan kuota dan pulsa, setidaknya setiap orang yang punya HP pasti butuh pulsa dan kuota satu kalis etiap bulannya, belum lagi jika di rumah ada PLN Pintar sudah pasti butuh pulsa.

Untungnya memang tidak banyak, kisaran 1.000-3.000 rupiah saja, tapi kalau sehari saja ada 10 pembeli bisa dihitung kira-kira berapa keuntungannya, apalagi jualannya cukup di rumah saja, minimal keuntungannya bisa kamu gunakan untuk beli kuotamu sendiri jadi gak perlu minta orang tua lagi.

Lia, masih dari desa Tegalharjo rekan Dea sudah mempraktikkan hal ini, siswi semester 2 SMK N 2 Pati ini sekolah online sambil jualan Kuota dan Pulsa di rumah, kini ia juga menambah dagangannya dengan alat tulis dan aksesoris HP seperti headset, kabel data dan charger yang ia dapatkan dari toko online.

Sebulan tidak kurang 5-7,5 juta omset yang bisa diperoleh dengan kisaran margin laba 10 persen, iya memag hasilnya kecil tapi bayangkan anak SMK, di rumah saja bisa bantu orang tua sudah luar biasa.

4. Jual Jasa Kreatifitas
Punya hobi gambar? misal bikin karikatur, atau desain grafis dengan corel draw, photoshop atau Canva? bisa lho dijual. Tawarkan jasamu di twitter dan instagram misalnya untuk kado ultah, wisuda atau poster dan pamflet webinar yang sedang tren.

Atau yang pinter ngomong bisa menawarkan jasa sebagai moderator atau MC webinar profesional, kayake ini masih jarang atau bahkan belum ada.
 
5. Nulis di Blog
Khusus yang ini saya sudah membuktikan, nulis secara konsisten di blog bisa menjadi sumber pemasukan.

Nanti blog tersebut bisa dimonetize dengan iklan baik dari Google Adsense atau menawarkan space iklan banner seperti di Campusnesia.co.id ini.

Alhadulillah, sudah dapat bayaran dari Google, tidak usah ngoyo,sehari dapat Rp 50.000,- saja bisa gajian tiap bulan dari adsense.

Jika males bikin blog sendiri, kamu bisa ngirim tulisan ke beberapa media online yang meneria tulisan dari pembaca, nanti jikatulisanmu lolos akan dapat honorarium, coba saja kirimkan artikelmu ke Mojok.co, Idnthme, dll.


6. Jadi Conten Creator dan Influencer
Aktif di sosial media? sekalin aja jadi influencer, bisa jadi selebtwit, selebgram atau youtuber. pastikan punya ciri khas, misal sharing tentang dunia sekolah atau kuliah, kuliner, pengembangan diri dll.
 
Makin kesini, conten reator dengan tema yang spesifik lebih banyak disukai, bahkan channel-channel yang niche banget juga bisa mendapat views yang banyak misal dunia memancing, dunia bengkel atau service dll.

Jika dahulu, tanah dan bangunan adalah aset berharga, kini akun twitter, instagram dan youtube juga bisa jadi aset digital yang sangat berharga dan bisa menghasilkan banyak pundi-pundi uang lho.
 
Itu tadi sobat campusnesia, Referensi 6 Cara Menghasilkan Uang untuk Pelajar dan Mahasiswa di masa Pandemi sambil sekolah dan kuliah online. 
 
Sebenarnya ada satu lagi yaitu menawarkan app premium dan referal instal aplikasi seperti tiktok namun saya tidak memasukkannya dalam list karena beberapa alasan.
 
Pertama, Tricky, semua orang bisa beli langsung layanan seperti Netflix, Spotify, Youtube Premium dll kenapa yang mereka tawarkan bisa lebih murah?, bisa karena pake pilihan yang akun sharing atau karena sering beli si penjual dapat diskon harga dari play store.
 
Alasan kedua karena biasanya app nya tidak orisinal alias bajakan, seperti coreldraw, photoshop atau windows.
 
Itu saja, buat pembaca yang punya referensi lain bisa sharing di kolom komentar, semoga bermanfaat sampai jumpa.
 
Penulis: Nandar

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »