Link Download Font dan Logo Resmi HUT RI ke 76 Tahun 2021 Template Vector

 

 
Campusnesia.co.id - Tahun ini, Indonesia akan merayakan ulang tahun kemerdekaan yang ke 76, sudah dua tahun terakhir suasana  tujuhbelasan dalam keprihatinan akibat pandemi yang tak kunjung usai. 

Tapi jangan terlalu resah guys, meinjam spirit perjuangan 45, yuk dengan semangat HUT RI ke 76 tahun kita gaungkan semangat dalam menjalani hidup, mencegah peyebaran virus covid-19 agar segera terbebas dari pandemi.

Btw, seperti tahun-tahun sebelumnya logo HUT RI yang baru sudah rilis lho, Logo dan tema HUT RI ke-76 itu telah diunggah di situs resmi Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) pada 17 Juni 2021.
 
Kali ini logo resmi peringatan HUT ke-76 terdiri dari komposisi dinamis antar bentuk gemotris yang merepresentasikan tema "Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh".
 
Logo dan tema HUT RI ke-76 beserta panduan penggunaannya, dapat diunduh pada tautan resmi yang disediakan oleh Kemensetneg: www.setneg.go.id 
 
Tema "Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh" Diberitakan Kompas.com, 21 Juni 2021, Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kemensetneg, Eddy Cahyono Sugiarto mengatakan, tema utama HUT ke-76 RI dipilih oleh Presiden Joko Widodo. "Tahun ini, peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia mengambil tema Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh," kata Eddy kepada Kompas.com, 20 Juni 2021.

Sementara itu, Pranata Humas Ahli Pertama Kemensetneg, Bayu Gialucca Vialli mengatakan, logo HUT ke-76 RI merupakan visualisasi dari tema yang diusung tahun ini. "Tema tersebut mendeskripsikan nilai-nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam menempuh jalan penuh tantangan, agar dapat mencapai masa depan yang lebih baik," kata Bayu. Bayu mengatakan, tema tersebut lantas divisualisasikan dalam komposisi dinamis antar bentuk geometris yang sederhana, namun kokoh, dan dalam perpaduannya bergeliat dengan energi yang lincah.

Makna logo
HUT ke-76 RI 
Bayu mengatakan, secara garis besar, ada empat makna yang diusung dalam logo HUT ke-76 RI, yaitu: 
1. Stabilitas dan pembangunan 
2. Gerak dan pertumbuhan 
3. Ruang kebersamaan 
4. Persatuan dan harapan
 
1. Stabilitas dan Pembangunan 
Gagasan mengenai Stabilitas dan Pembangunan diwakili oleh desain angka '7' pada logo HUT ke-76 RI. Bayu memaparkan, bentuk angka '7' diasosiasikan sebagai bagian dari 'tiang pancang' infrastruktur yang sedang dicanangkan oleh pemerintah untuk mendukung percepatan perekonomian Indonesia. Bentuk itu menggambarkan 'kepala Garuda' yang melambangkan Pancasila yang menjadi landasan berbangsa dan bernegara. 
 
2. Gerak dan Pertumbuhan 
Gagasan mengenai Gerak dan Pertumbuhan diwakili oleh desain angka '6' pada logo HUT ke-76 RI. Bayu menjelaskan, bentuk angka '6' diasosiasikan sebagai 'orang dan roda yang sedang bergerak' terus maju ke depan yang melambangkan pertumbuhan dan percepatan ekonomi.
 
3. Ruang Kebersamaan 
Gagasan mengenai Ruang Kebersamaan diwakili oleh desain jajar genjang di angka 7 dan jajar genjang sama kaki di angka 6. Bayu mengatakan, bentuk itu diasosiasikan sebagai 'ruang' yang melambangkan negara memberikan ruang demokrasi kepada rakyat untuk turut berkontribusi dalam pembangunan Indonesia. "Selain itu dapat diasosiasikan sebagai bentuk 'panah' yang melambangkan pertumbuhan yang berkesinambungan," tuturnya. 
 
4. Persatuan dan Harapan 
Gagasan mengenai Persatuan dan Harapan diwakili oleh desain lingkaran pada angka 6. Bayu mengatakan, bentuk itu merupakan pertanda kesempurnaan yang mencerminkan harapan akan keberhasilan dari semua hal yang ingin dicapai. "Bentuk ini juga dapat diasosiasikan 'persatuan' Indonesia," imbuhnya. 
 
Panduan penggunaan logo 
Berikut ini beberapa ketentuan penggunaan logo HUT ke-76 RI: 
 
1.Dalam pengaplikasiannya, ukuran logo disesuaikan dengan ukuran medianya. 
 
2. Pada dasarnya logo yang diaplikasikan harus mudah dilihat dan tetap terbaca secara jelas dari kejauhan. 
 
3. Area di sekitar logo disediakan ruang bebas sehingga logo tidak terganggu oleh teks/gambar/foto yang melintasinya. Jika ukuran logo sangat kecil, sebaiknya tagline dihilangkan sebagai pertimbangan untuk alasan teknis. 
 
4. Ukuran logo dalam pengaplikasiannya di berbagai media hendaknya mempertimbangkan tingkat keterbacaan yang jelas dan baik. 
 
Dalam pengaplikasian logo, hal yang tidak boleh dilakukan adalah: 
1. Mengubah warna pada tagline logo 
2. Mengubah ukuran dan proporsi logo 
3. Mengubah posisi tagline pada logo 
4. Hanya mencantumkan outline logo tanpa warna (merah) di dalamnya Memberi gradasi/pattern baru pada logo 
5. Memberikan drop shadow pada logo 
6. Meletakkan logo di atas background warna yang tidak kontras (misalnya background warna merah) 
7. Opacity tidak tepat pada elemen grafis 
8. Menambahkan elemen baru pada logo 
9. Mendistorsi logo 
10. Tidak menggunakan warna yang sesuai (misalnya merah yang lebih muda daripada yang ditetapkan) 
11. Tidak memperhatikan batas aman logo  
 
 
Logo HUT RI yang keren ini bisa digunakan untuk membuat Poster, Spanduk, Umbul-umbul, Kaos, Stiker, X-banner dll.
 
Berikut Link Download Logo HUT RI ke 76, ada versi JPG, PNG, Ai, EPS, Coreldraw, Pdf dll.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon