5 Tips Sederhana Dekor Ulang Ruangan untuk Ngisi Waktu agar PPKM Lebih Bermakna

 


Campusnesia.co.idMasih dalam suasana PPKM Darurat, aktivitas yang dilakukan di luar rumah tentu sangat dibatasi, meski begitu banyak hal bermanfaat di dalam rumah dapat dikerjakan secara leluasa. 

Saat kegiatan WFH, Kulon, dan berbagai kegiatan virtual lainnya dirasa mulai membosankan bahkan melelahkan, mendekorasi ulang kamar ataupun ruangan lainnya bisa menjadi alternatif menarik. Selain dapat mengisi waktu di rumah, hal tersebut nantinya akan menghadirkan suasana baru nan memanjakan mata.

Mendekorasi ulang ruangan pribadi punya beberapa manfaat, seperti membuat pikiran rileks sehingga jauh dari negatif thinking serta overthinking yang secara tidak langsung berdampak bagi kesehatan. 

Dekorasi ulang juga dapat menyisakan waktu dan ruang lebih sebab ruangan akan tertata kembali lalu menimbulkan kesan lebih luas dari sebelumnya, membuang waktu untuk mencari barang pun tidak akan terjadi karena kondisi ruangan telah tertata. 

Manfaat terpenting dalam situasi ini yakni menciptakan rasa betah di rumah hingga kembali bersemangat menjalani kegiatan virtual dengan nyaman.


1. Mengecat Ulang

Hal sederhana yang bisa dilakukan pertama kali dalam mendekor adalah mengecat ulang. Tidak hanya dinding melainkan semua barang yang warnanya telah memudar, jelek, maupun dirasa bagus apabila diganti warna. Mengecat ulang akan menghemat biaya, terlebih pada masa kesulitan ekonomi seperti saat ini, ketimbang membeli barang baru. 



2. Letakkan Cermin

Cermin memantulkan apa saja yang ada dihadapannya. Tidah hanya sekedar untuk bercermin, menambahkan cermin dalam ruangan memberikan efek luas terhadap ruangan tersebut. Berbagai macam lampu dipasang disekelilingnya juga akan menambah pesona dalam ruangan. 



3. Tanaman Hias

Menghadirkan tanaman hias dalam ruangan tentu sangat menyegarkan. Namun pemilihan tanaman harus diperhatikan terlebih apabila akan menempatkannya di kamar tidur, sebab hanya beberapa jenis tanaman saja yang tidak menyerap oksigen pada malam hari, contohnya adalah kaktus dan sekulen. Selain mudah dirawat, keduanya tetap menghasilkan oksigen sekalipun di malam hari sehingga tidak perlu berebut oksigen dengan tanaman hias tersebut.


4. Pajang Jam 

Sama halnya emas, waktu dianggap sebagai hal berharga. Oleh sebab itu, hampir setiap ruangan memiliki jam dinding didalamnya. Supaya terlihat estetis tentukan jam dinding yang sekiranya unik namun tetap cocok dengan ruangan. Di samping jam dinding, jam meja dengan alarm pun juga akan sesuai untuk suatu ruangan.


5. Rak Gantung

Hal terakhir yang ada baiknya tidak terlewatkan adalah rak gantung. Rak jenis gantung di samping menampung barang-barang harian seperti buku, tas, camilan, maupun pajangan agar tetap rapi, juga sekaligus dapat menjadikannya hiasan tanpa mengurangi volume ruangan karena letaknya menggantung. 


Seluruh barang yang dapat membantu menyulap ruangan tersebut tentunya dapat dengan mudah ditemukan di berbagai marketplace dengan harga terjangkau sehingga kesehatan dan keuangan akan tetap aman. 

Setelah mendekorasi ulang ruangan dan mendapatkan manfaat dari hal tersebut, yang terpenting adalah bagaimana agar ruangan itu senantiasa bersih hingga betah namun tanpa melewati batasnya.  


Penulis: Dewi Nur Hidayatika
Gambar: Dewi Nur Hidayatika 
Editor: Ika Shintya


**Artikel ini adalah bagian dari program Magang Online Campusnesia Season 2


Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »