4 Tips Agar Transfer Antar Bank Gratis Bebas Biaya Admin


 
 
Campusnesia.co.id - Beberapa waktu yang lalu, sempat heboh Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) akan memberlakuan tarif untuk penggunaan ATM Link, dari cek saldo, transfer dan tarik tunai. Namun karena respon masyarakat yang menolak, kebijakan baru yang sedianya diberlakukan sejak 1 juni akhirnya ditunda.
 
Biaya admin Bank yang tinggi memang masih jadi kendala dalam masyarakat, seiring dengan pesatnya perkembangan aktivitas digital seperti toko online, masifnya dorongan penggunaan mobile banking dan munculnya beragam dompet digital mau tidak mau aktivitas transfer menjadi sering dilakukan.
 
Sayangnya, biaya admin antar bank yang berbeda di indonesia yang ketika artikel ini ditulis sebesar Rp 6.500,- setiap transaksi masih membebani, ya kalau kebutuha transfer antar bank mungkin hanya sesekali dalam sebulan bakal tidak masalah, bayangkan jika setiap hari harus transaksi antar bank, sepuluh kali saja sudah Rp 65.000,- hanya untuk biaya admin.
 
Atas latar belakang masalah di atas, kali ini Campusnesia punya beberapa tips cara agar bisa transfer uang tanpa biaya admin alias Gratis, atau minial biayanya kurang dari Rp 6.500,-, apa saja? mari kita simak.
 
1. Transfer ke Bank yang Sama
Cara pertama agar tidak kena biaya admin saat transfer uang adalah sebisa mungkin gunakan bank yang sama. Dengan demikian tidak akan dikenai biaya admin.
 
Kadang memang perlu sedikit repot dengan datang ke ATM jika di HP hanya ada satu atau dua mobile banking dan tidaka da satupun yang sama dengan jenis bank tujuan.
 
2. Gunakan Flip
Flip adalah aplikasi untuk transfer uang antar bank tanpa biaya admin. Secara teknis sangat sederhana misal kita akan mengirim uang dari rekening bank BRI ke Bank Mandiri, kita akan mentransfer uang ke rekening BRI Flip jadi gratis, selanjutnya Flip akan mentranfer uang ke rekening Mandiri dengan rekening Mandiri juga jadi mereka juga tidak kena biaya admin.
 
Saat ini Flip sudah bisa melayani Transfer gratis dari dan ke 14 bank terbesar di Indonesia.

3. Gunakan Aplikasi E-Wallet
Beberapa aplikasi dompet digital seperti DANA bisa manfaatkan agar transfer antar bank jadi gratis, namun dibatasi 10 kali transaksi setiap bulannya, bisa juga menggunakan aplikasi seperti OY!, Link Aja, Mitra Bukalapak dan Gopay, namun ada biaya admin sebesar 2.500 tapi setidaknya masih lebih murah daripada 6.500.

4. Gunakan Jaringan ATM Link
Berbayar namun lumayan lebih murah, antar bank yang tergabung dalam jaringan ATM link transfer antar bank dikenakan biaya 4.000.

Itu tadi sobat campusnesia, 4 Tips Agar Transfer Antar Bank Gratis Bebas Biaya Admin. Semoga membantu menghemat saat saldo di ATM menipis ya, atau sekedar saving ayan kan bisa buat beli kopi.

Penulis: Nandar

==
Baca Juga:
 

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »