Beasiswa LPDP 2021 Reguler Dibuka, Ini Dia Syarat , Jadwal Pendaftaran dan Cara Daftarnya


 


Campusnesia.co.id - Pendaftaran beasiswa LPDP 2021 telah resmi dibuka. Registrasi online untuk mendaftar program Beasiswa LPDP Reguler serta Beasiswa LPDP Perguruan Tinggi Utama Dunia (PTUD) sudah bisa dilakukan mulai Selasa, 4 Mei 2021. 

Laman resmi LPDP baru menginformasikan syarat dan jadwal pendaftaran untuk 2 kategori di atas. Sedangkan informasi soal beasiswa LPDP Afirmasi dan Targeted Group akan diumumkan bertahap dalam waktu dekat. Khusus untuk Beasiswa LPDP Reguler 2021, juga sudah diumumkan syarat pendaftaran hingga tata cara registrasinya.

Beasiswa LPDP Reguler adalah beasiswa untuk Warga Negara Indonesia yang menempuh jenjang pendidikan magister atau doktor. Pembiayaan yang juga disebut Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Reguler ini diberikan kepada peserta program magister satu gelar (sigle degree) dengan durasi studi maksimal 24 bulan. 

Dana BPI Reguler diberikan pula pada peserta program doktor single degree, dengan durasi studi paling lama 48 bulan. Mereka yang lolos menjadi penerima beasiswa LPDP Reguler 2021 akan mendapatkan 2 komponen pembiayaan. Keduanya ialah Biaya Pendidikan dan Biaya Pendukung. 

Biaya Pendidikan dari beasiswa LPDP Reguler terdiri atas: Biaya Pendaftaran; Biaya SPP/Tuition Fee; Tunjangan Buku; Biaya Penelitian Tesis/Disertasi; Biaya Seminar Internasional; dan Biaya Publikasi Jurnal Internasional. 

Sementara bantuan Biaya Pendukung dari program yang sama berupa: Dana Transportasi; Aplikasi Visa atau Residence Permit; Biaya Hidup Bulanan; Asuransi Kesehatan; Biaya Kedatangan; Biaya keadaaan darurat (jika diperlukan); dan Tunjangan keluarga (khusus doktor).

Syarat Pendaftaran Beasiswa LPDP Reguler 2021 
Mengutip keterangan di laman resmi LPDP, bagi pendaftar BPI Reguler yang telah mempunyai dan mengunggah LoA Unconditional atau Letter of Acceptance, yakni surat diterima di perguruan tinggi tujuan dengan tanpa syarat, wajib memilih 1 Perguruan Tinggi di dalam maupun luar negeri sesuai dengan Daftar Perguruan Tinggi LPDP. 

Adapun pendaftar Beasiswa LPDP Reguler (BPI Reguler) yang belum punya LoA Unconditional wajib memilih 3 perguruan tinggi tujuan di dalam ataupun luar negeri yang ada dalam Daftar Perguruan Tinggi LPDP, dengan program studi yang sama/sejenis/serumpun. Persyaratan dalam pendaftaran Beasiswa LPDP 2021 Reguler terdiri atas 2 kategori, yakni umum dan khusus. Berikut peryaratan umum dan persyaratan khusus Beasiswa LPDP Reguler 2021.

A. Persyaratan umum Beasiswa LPDP 2021 Reguler 

1. Berstatus Warga Negara Indonesia; 

2. Telah menyelesaikan studi D4 atau S1 untuk beasiswa magister (S2); atau telah menyelesaikan studi program program magister (S2) untuk beasiswa doktor; atau, telah menyelesaikan studi D4 atau S1 untuk beasiswa langsung doktor, dengan ketentuan lulus dari: 

Perguruan tinggi dalam negeri yang sudah terakreditasi BAN-PT; 

Perguruan tinggi kedinasan dalam negeri; Atau perguruan tinggi luar negeri yang diakui Ditjen Dikti maupun Kedubes RI di negara asal perguruan tinggi; 

5. Tidak sedang menempuh studi (on going) program magister ataupun doktor, baik di perguruan tinggi dalam negeri maupun perguruan tinggi di luar negeri; 

6. Pendaftar yang telah menyelesaikan studi magister (S2) tidak diizinkan mendaftar di program beasiswa magister, dan pendaftar yang telah menyelesaikan studi doktor (S3) tidak diizinkan mendaftar di program beasiswa doktoral; 

7. Melampirkan Surat Rekomendasi dari akademisi bagi yang belum bekerja atau dari atasan bagi yang sudah bekerja; 

8. Memilih Perguruan Tinggi Tujuan dan program studi sesuai dengan ketentuan LPDP; 

9. Mengisi profil diri pada formulir pendaftaran online; 

10. Menulis Personal Statement; 

11. Menulis komitmen kembali ke Indonesia dan rencana kontribusi di Indonesia pasca studi; 

12. Menulis Proposal Penelitian bagi pendaftar program pendidikan doktor; 

13. Beasiswa hanya diperuntukkan untuk kelas reguler dan tidak diperuntukkan untuk kelas-kelas sebagai berikut: 

Kelas Eksekutif 
Kelas Khusus 
Kelas Karyawan 
Kelas Jarak Jauh 
Kelas yang diselenggarakan bukan di perguruan tinggi induk 
Kelas Internasional khusus tujuan Dalam Negeri 
Kelas yang diselenggarakan di lebih dari 1 negara perguruan tinggi, atau Kelas lainnya yang tidak memenuhi ketentuan LPDP.

B. Persyaratan khusus Beasiswa LPDP 2021 Reguler 

1. Bersedia menandatangani surat pernyataan sesuai format LPDP; 

2. Memenuhi ketentuan batas usia pendaftar pada 31 Desember di tahun pendaftaran; 

3. Pendaftar jenjang pendidikan magister berusia paling tinggi 35 tahun; 

4. Pendaftar jenjang pendidikan doktor berusia paling tinggi 40 tahun; 

5. Mengunggah dokumen Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dengan ketentuan sebagai berikut: Pendaftar jenjang Magister wajib memiliki IPK pada jenjang studi sebelumnya sekurang-kurangnya 3,00 pada skala 4 atau yang setara, yang dibuktikan dengan transkrip nilai yang asli atau telah dilegalisir. 

Pendaftar jenjang Doktor wajib memiliki IPK pada jenjang studi sebelumnya sekurang-kurangnya 3,25 pada skala 4 atau yang setara yang dibuktikan dengan transkrip nilai yang asli atau telah dilegalisir. Khusus untuk pendaftar jenjang Doktor dari program magister penelitian tanpa IPK, diwajibkan melampirkan surat keterangan dari perguruan tinggi asal. 

6. Mengunggah dokumen sertifikat kemampuan bahasa Inggris yang masih berlaku dan diterbitkan oleh ETS (www.ets.org), PTE Academic (www.pearsonpte.com) atau IELTS (www.ielts.org), dengan ketentuan sebagai berikut: 

Pendaftar program magister dalam negeri skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL ITP® 500, TOEFL iBT 61, PTE Academic 50, atau IELTS™ 6,0; 

Pendaftar program magister luar negeri, skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL iBT® 80, PTE Academic 58, atau IELTS™ 6,5; 

Pendaftar program doktor dalam negeri skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL ITP® 530, TOEFL iBT® 70, PTE Academic 50, atau IELTS™ 6,0; 

Pendaftar program doktor luar negeri skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL iBT® 94, PTE Academic 65 atau IELTS™ 7,0; 

Sertifikat TOEFL ITP yang berlaku harus berasal dari lembaga resmi penyelenggara tes TOEFL ITP di Indonesia. 

7. Mengunggah surat keterangan menunda memulai studi dari Perguruan Tinggi Tujuan bagi pendaftar yang memiliki LoA Unconditional dengan waktu mulai studi yang tidak sesuai dengan ketentuan LPDP. 

Jadwal Pendaftaran Beasiswa LPDP 2021 dan Seleksi 

Jadwal pendaftaran dan seleksi BPI atau Beasiswa LPDP Reguler 2021 terbagi dalam 2 tahap, baik untuk pilihan perguruan tinggi di dalam negeri maupun luar negeri. 

Proses pendaftaran tahap 1 sudah dibuka pada 4 Mei 2021. Adapun proses pendaftaran di tahap 2 baru akan dibuka pada awal Agustus mendatang. 

Sebagai catatan, informasi mengenai pembukaan pendaftaran untuk kategori beasiswa afirmasi dan tergeted pada tahap pertama masih belum tersedia, hingga 4 Mei 2021. Berikut perincian 2 tahap pendaftaran dan seleksi Beasiswa LPDP 2021.

A. Jadwal Pendaftaran dan Seleksi Beasiswa LPDP 2021 Tahap Pertama 

Pembukaan Pendaftaran Beasiswa Umum: 4 Mei 2021 

Penutupan Pendaftaran Beasiswa Umum: 1 Juni 2021 

Pelaksanaan Seleksi Administrasi: 2–10 Juni 2021 

Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi: 11 Juni 2021 

Seleksi Substansi Akademik dan Kebangsaan: 16–19 Juni 2021 

Pengumuman Hasil Seleksi Substansi Akademik dan Kebangsaan: 24 Juni 2021 

Seleksi Wawancara Bagi yang Punya LoA Unconditional: 5-16 Juli 2021 

Pengumuman Hasil Seleksi Wawancara Bagi yang Punya LoA Unconditional: 22 Juli 2021 

Seleksi Wawancara Yang Belum Punya LoA Unconditional: 23 Juli - 25 Agustus 2021 

Pengumuman Hasil Seleksi Wawancara Bagi yang Belum Punya LoA Unconditional: 30 Agustus 2021. 

B. Jadwal Pendaftaran dan Seleksi Beasiswa LPDP 2021 Tahap Kedua 

Pembukaan Pendaftaran: 1 Agustus 2021 

Penutupan Pendaftaran: 8 September 2021 

Pelaksanaan Seleksi Administrasi: 9–23 September 2021 

Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi: 24 September 2021 

Seleksi Substansi Akademik dan Kebangsaan: 4-8 Oktober 2021 

Pengumuman Hasil Seleksi Substansi Akademik dan Kebangsaan: 13 Oktober 2021 

Seleksi Wawancara: 25 Oktober - 26 November 2021 

Pengumuman Hasil Seleksi Wawancara: 3 Desember 2021. 

Tata Cara Pendaftaran Beasiswa LPDP 2021 Reguler 

Mereka yang berminat mendapat Beasiswa LPDP 2021 Reguler sudah bisa melakukan pendaftaran sejak 4 Mei 2021. Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui situs resmi LPDP. 

Secara umum, tahapan yang harus dilalui saat mendaftar Beasiswa LPDP Reguler 2021, yakni: 

1. Mendaftar secara online via situs beasiswalpdp.kemenkeu.go.id 

2. Melengkapi dan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan pada aplikasi pendaftaran 

3. Pastikan melakukan submit aplikasi pendaftaran untuk mendapat kode registrasi/pendaftaran. 

4. Sebagai catatan, jika pendaftar mengunggah LoA Unconditional maka harus memenuhi kriteria sebagai berikut: 

Perguruan Tinggi dan Program Studi harus sesuai dengan salah satu pilihan pada aplikasi pendaftaran 

Intake studi harus memenuhi ketentuan yang ditetapkan LPDP terkait perkuliahan paling cepat yang diizinkan 

Jika intake perkuliahan yang tercantum di LoA Unconditional yang diunggah tidak sesuai ketentuan maka wajib melampirkan Surat Defer dari Perguruan Tinggi yang menerbitkan LoA. 

Informasi lebih lengkap mengenai tata cara pendaftaran Beasiswa LPDP 2021 Reguler bisa diakses melalui link ini atau link PDF ini.



Sumber: Tirto.id 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon