Rekomendasi Film Pendek Islami yang Penuh Inspirasi dan Motivasi Versi Campusnesia


 

Campusnesia.co.id - Pepatah bijak mengatakan, inspirasi kebaikan bisa datang dari sumber dan media mana saja, tidak terkecuali dari film baik yang berdurasi panjang yang tayang di layar lebar hingga yang hanya berdurasi pendek beberapa menit yang tayang di sosial media atau youtube.

Berdasar data google tren, beberapa kata kunci terkait film pendek islami populer beberapa tahun terkahir seiring meningkatnya kemampuan masyarakat mengakses media internet dan kesadaran akan kebutuhan asupan konten yang berkualitas. 

Banyak pencarian menggunakan kata kunci Film Pendek Islami, film pendek islami inspirasi, film pendek motivasi islami, dan sinopsis film pendek islami. Ada juga yang mencari menggunakan kueri film pendek islami romantis dan  film pendek islami tentang jodoh hayo ngaku siapa nih yang suka googling dengan dua kata kunci itu? 

Lewat posting kali ini, kami akan berbagi beberapa film pendek islami berisi inspirasi dan motivasi dari salah satu channel youtube Maskana Media yang kita kenal bagian dari publising buku Rumah Main Anak.

1. Film Pendek Islami Cermin
Merupakan film pendek pertama garapan Maskana Media yang menceritakan tentang perilaku anak kepada Ibunya adalah cermin dari sikap Ibunya dulu kepada orangtuanya. Hikmah dari film pendek ini adalah Ibu akan selalu membantu kita, tapi jangan pernah memperlakukan Ibu sebagai pembantu kita.

Berikut sinopsis film pendek Cermin, Raka, seorang anak berumur 8 tahun tinggal berdua dengan Ibunya, Rani. Hubungan keduanya terlihat tidak begitu harmonis. Suatu hari, Nenek datang mengunjungi Ibu dan Raka. Di sinilah mulai terjawab penyebab hubungan "dingin" antara Ibu dan Raka. Lalu, apa yang akan dilakukan Nenek untuk memperbaiki hubungan Ibu dan Raka?

Film berdurasi 8 menit 43 detik ini disutradari oleh Muhammad Angga sedangkan naskah ditulis oleh Fadilah dan dibintangi oleh Chaca Marisa yang berperan sebagai seorang ibu bernama Rani, Fajrul Ravi yang berperan sebagai Raka dan Acih yang berperan sebagai Nenek.

Sebagai film pendek debut dari Maskana Media, Cermin berhasil menyampaikan pesan utamanya tentang bagaimana seharusnya kita memperlakukan orang tua dan memberi contoh pada anak. Sebuah fenomena yang umum disaksikan dalam kehidupan sehari-hari generasi sekarang dan berhsil dipotret dengan baik dalam bentuk audio visual, layak kita jadikan bahan renungan bersama.

Trailer Film Pendek Islami Cermin



Bagi sobat yang ingin nonton film ini bisa klik di sini, link nonton film pendek islami Cermin.


Selain memproduksi film pendek, Maskan Media dengan channel youtubenya juga memproduksi beberapa konten islami yang inspiratif, diantaranya Hijab Story yang menampilkan wawancara singkat dengan para wanita yang memutuskan berhijab.

Sejauh ini ada 4 video yang bisa kita tonton dengan premis bawah setiap wanita memiliki perjalanan hijrahnya sendiri. Ada yang telah merasakan indahnya memeluk hidayah sejak kecil, tapi tak sedikit pula yang perjalanan panjang dan berliku harus mereka lewati sampai hidayah menetap di hati.

Sudut pandang konten ini menarik, bahwa apa pun proses yang dilalui, setidaknya kita sepakat bahwa hijab adalah bukti ketaatan seorang wanita muslimah kepada Allah dan Rasul-Nya. Hijab juga merupakan bentuk kesadaran bahwa Allah Maha Melihat, kapan pun dan di mana pun. Dengan kata lain, hijab merupakan amalan yang mesti didasari dengan iman.


Trailer Series Hijab Story



Dalam episode Sakitku Jadi Jalan Hidayahku, Fika seorang ibu rumah tangga akhirnya memutuskan mengenakan hijab yang berawal dari sakit yang berujung dengan tindakan operasi, ia sempat berpikir itu adalah akhir dari hidupnya dan sempat meminta maaf kepada ibunya dan berdoa agar Allah masih memberinya kesempatan untuk menutup aurat. 

Dengan rahmat-Nya, Allah memberi kesembuhan kepada Fika. Namun, pasca kesembuhannya, ternyata Fika masih belum mau menutup aurat. Tonton video selengkapnya di sini.

Lain lagi dengan episode Hijrah Setelah Dikecewakan dan Sakit Hati yang berkisah tentang pengalaman Lala yang pernah merasakan pahitnya dikhianati. Ia pun merasa sakit hati hingga membuatnya bermuhasabah diri. Kemudian timbul keinginan dalam dirinya untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. 

Ia pun mulai bertanya-tanya tentang hijab kepada teman-temannya yang sudah lebih dulu berhijab. Setelah melewati pergulatan batin, Lala pun yakin untuk menutup auratnya. Meski terbilang hijabnya belum sempurna saat itu.

Ada pula cerita Ujian demi ujian harus dilalui oleh Salsabila. Mulai dari masalah hormon yang membuat rambutnya terus menerus rontok hingga sebuah insiden yang membentur kepalanya dengan keras. Rambut yang ia banggakan kini justru membuat dirinya insecure. 

Di saat itulah, Salsabila nemutuskan untuk menutup rasa tidak percaya dirinya dengan berhijab. Namun siapa sangka, ia ternyata mendapat cibiran dari teman-temannya. Kisah Salsabila bisa disaksikan dalam episode Berhijrah Setelah Kecelakaan.

Satu lagi episode yang tidak boleh dilewatkan yang berjudul Berhijab Karena Pengaruh Lingkungan, kisah dari Anan. Faktor lingkungan mempengaruhinya untuk semakin yakin memakai hijab. Lingkungan sangat mempengaruhi kondisi keimanan seseorang. 

Itulah mengapa Rasulullah shalallahu'alaihi wa sallam menganjurkan kita untuk mencari teman yang saleh/salihah. 

Namun, pada lingkungannya yang lain justru menentang Anan untuk berhijab. Lalu, bagaimana Anan menyikapi dua lingkungan yang bertolak belakang ini? jawabanya bisa sobat temukan di video ini.

Ramadhan Series - Pesan Suara
Di bulan ramadhan 1442 H ini, masih lewat channel youtube, Maskana Media juga memproduksi Ramadhan Series berjudul Pesan Suara, menceritakan kisah perjuangan Fandy sebagai Single Father dalam melewati hari demi hari di bulan Ramadhan.

Serial ini tak hanya mengisahkan tentang bagaimana Fandy mengurus buah hatinya, tapi juga tentang bagaimana ia menata hatinya sepeninggal Aini (istrinya).

Tiap episode memiliki tema tersendiri yang tak lepas dari berbagai episode kehidupan Fandy dan Nisa (anaknya).

Trailer Ramadhan Series - Single Daddy


Episode pertamanya berjudul Pesan Suara, Tepat tanggal 1 Ramadhan, Aini, meninggalkan pesan suara untuk suaminya, Fandy, melalui aplikasi recorder di handphone-nya. Dalam rekaman tersebut, Aini memberikan beberapa pesan kepada suami dan anaknya. Di dalamnya juga terdapat pesan tersirat tentang penyakit yang merenggut nyawa Aini. Lalu, apa yang dipesankan Aini untuk suami dan anaknya setelah setahun kematiannya? tonton selengkapnya di sini.

Ngomongin tema recording dan message dalam film saya jadi ingat sebuah film layar lebar Indonesia yang dibintangi Abimana berjudul Sabtu Bersama Bapak yang rilis tahun 2016 lalu.

Karena tujuan utama film pendek islami adalah menyampaikan inspirasi dan motivasi atau dalam bahasa yang sederhana bisa disebut sebagai media dakwah, maka selain eksekusi yang sifatnya teknis seperti akting para pemerannya, kualitas editing, sinematografi dan scorring, skenario film pendek islami harus menjadi tulang punggung utamanya, tanpa skenario yang kuat, pesan yang ingin disampaikan akan sulit ter-deliver ke penonton. Berbeda dengan film layar lebar yang punya durasi panjang, pesan utama harus bisa dicerna penonton dalam durasi yang terbatas.


Itu tadi sobat campusnesia, rekomendasi film pendek islami yang penuh inspirasi dan motivasi versi campusnesia. Punya referensi lain? jangan lupa share di kolom komentarnya ya. Sampai jumpa.

penulis: Nandar

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »