Tingkatkan Traffic Blog dengan Memaksimalkan SEO On Page

 

Campusnesia.co.id -- Untuk mengoptimasi sebuah website agar berada di daftar teratas dalam mesin pencari, terdapat dua teknik yang dapat Sobat coba, yaitu SEO on page dan SEO off page. SEO on page adalah serangkaian cara optimasi yang dilakukan pada halaman blog atau website, contohnya dari segi penggunaan keyword, konten, internal link, dan lainnya. Sementara SEO off page adalah cara optimasi yang dilakukan dari luar, seperti dengan mencari external link dan membangun popularitas blog. Pada artikel kali ini kami akan membahas bagaimana memaksimalkan  SEO on page.

 

Langkah Awal Memaksimalkan SEO On Page

1. Tingkatkan Kecepatan Website

Pengunjung cenderung menutup blog/website yang loading lama dan akhirnya membuka website lain. Selain itu, Google menyatakan kecepatan loading sebuah website menjadi salah satu faktor dalam algoritma search engine atau mesin pencarinya, berlaku untuk website versi desktop dan mobile.

2. Perhatikan Struktur URL

Semakin baik struktur URL, semakin mudah halaman blog/website diidentifikasi Google. Sehingga peluang masuk peringkat atas halaman pertama mesin pencarian juga semakin besar.

3. Riset Keyword

Sebagian besar pengguna internet hanya melihat hasil pencarian pada halaman pertama. Karena itu, para blogger wajib menggunakan keyword atau kata kunci yang banyak dicari agar blog bisa masuk di halaman pertama mesin pencarian. Ada 2 jenis kata kunci, yaitu kata kunci pendek (terdiri dari satu kata, lebih banyak dicari namun persaingan lebih ketat) dan kata kunci panjang (terdiri dari beberapa kata, lebih sedikit dicari namun peluang masuk halaman pertama lebih besar).

4. Perhatikan Struktur Konten

Struktur konten ditulis yang lengkap terdiri dari:

-Headline : Harus mengandung kata kunci, panjang ideal sekitar 50-60 karakter atau 7-10 kata)

-Subheading : Berfungsi sebagai penarik perhatian kedua untuk pembaca, sekaligus memberikan penjelasan lebih lanjut soal headline/judul yang berupa poin atau kalimat/paragraf).

-Body text : Panjang ideal tulisan blog +1.760 kata, sementara panjang minimal 300 kata. Namun, algoritma Google lebih menyukai postingan di atas 1000 kata.

-Media penunjang : Seperti gambar, video, musik, infografik.


Langkah Lanjutan untuk Memaksimalkan SEO On Page

Maksimalkan Title Tag dan Meta Description

Title tag adalah judul artikel yang akan muncul di halaman pencarian. Sementara meta description adalah keterangan di bawah judul dan URL yang mendeskripsikan isi dari konten halaman tersebut. Panjang ideal title tag sama seperti headline, yaitu sekitar 50-60 karakter, sedangkan meta description sekitar 130 karakter.

Optimasi Gambar

Gambar penting dimasukkan agar halaman postingan terlihat menarik, karena itu harus mengunggah gambar yang memiliki kualitas bagus. Sayangnya, gambar dengan kualitas bagus seringkali berukuran besar sehingga memperlambat loading blog. Karena itu, sebelum diunggah perkecil ukuran foto atau gambar. Selain itu, buat gambar jadi SEO friendly dengan mengisi Title text dan Alt text sesuai dengan keyword yang digunakan.

Gunakan Analytics dan Search Console

Ada dua tools dari Google yang juga berguna untuk memaksimalkan SEO, yaitu Google Analytics dan Google Search Console. Google Analytics berfungsi untuk menampilkan data statistik jumlah dan lokasi pengunjung, serta mengidentifikasi perilaku pengunjung blog. Sedangkan fungsi Google Search Console untuk mendiagnosa performa website/blog, dan memberikan data keyword yang digunakan pengunjung untuk mencari blog. 

Manfaatkan Internal dan External Link

Menyematkan internal link dan external link pada postingan juga bisa membantu tulisan masuk pada halaman pertama mesin pencarian. Internal link adalah URL yang mengarahkan ke halaman lain dalam blog atau website yang sama. Sementara external link adalah URL dari website lain yang mengarahkan ke website/blog sendiri. 

Tambahkan Tombol Sharing

Adanya tombol sharing membuat keinginan pembaca untuk membagikan sebuah postingan akan lebih besar dibanding jika tidak ada tombol share. Karena itu, tambahkan gadget tombol sharing karena dengan banyaknya postingan yang dishare, selain meningkatkan traffic, maka Google juga akan menilai kalau website itu kredibel.

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »