Mau Buat CV Keren? Coba 7 Situs CV Maker Online Gratis Berikut Ini

 


Campusnesia.co.id -- Bagi mahasiswa tentu CV menjadi hal yang familiar dan seringkali dibutuhkan untuk berbagai keperluan, seperti berorganisasi, mendaftar beasiswa, melamar kerja, dll. 

Selain berisi informasi dasar tentang pribadi, CV juga bermanfaat untuk menggambarkan kemampuan seseorang karena bisa diisi dengan riwayat pendidikan, pengalaman organisasi dan kemampuan yang dimiliki.

Seiring berkembangnya zaman, CV yang ditulis bisa pada selembar kertas kurang begitu menarik lagi, apalagi jika sobat sedang memgikuti sebuah seleksi, CV yang berbeda dan menonjol dari cv yang lain berpotensi lebih besar mendapat kesan pertama yang baik oleh selektor.

Sayangnya, untuk mendapatkan desain cv yang menarik dan eye catching bukanlah hal yang mudah apabila tidak punya basic desain grafis.

Tapi tenang saja, kini sudah hadir berbagai layanan pembuatan CV online yang bisa diakses secara gratis.

Apa saja? Berikut kami hadirkan 7 situs penyedia layanan membuat cv atau daftar riwayat hidup yang dapat diakses secara gratis.


1. Canva (canva.com)

Selain menyediakan aplikasi, Canva juga dapat diakses secara online dan gratis.

2. CV Maker (cvmkr.com)

 


3. Cool Free CV (coolfreecv.com)

 


4. Visual CV (visualcv.com)

 


5. CV Template (cv-template.com)


6. CV Maker (cvmaker.com)

 


7. CV Online (cvonline.me)



Itu tadi sobat campusnesia 7 situs penyedia layanan membuat cv atau daftar riwayat hidup yang dapat sobat akses secara online gratis. Semoga bermanfaat. 


Pengertian CV atau Curriculum Vitae
Tatkala sobat akan melamar sebuah pekerjaan, sSalah satu yang paling penting untuk dipersiapkan adalah CV atau curriculum vitae yang dalam bahasa Indonesia disebut dengan daftar riwayat hidup. 

CV dibuat dengan bertujuan untuk memberikan informasi tentang pencari kerja kepada perusahaan atau institusi yang akan menerimanya. Ada hal-hal tertentu yang harus dicantumkan dalam sebuah CV. 

Pembuatan CV berkembang seiring perkembangan zaman dari sebelumnya dalam bentuk fisik berupa kertas, kini bisa membuatnya secara online. Sama halnya dengan CV konvensional, dalam membuat CV online, beberapa hal tetap perlu diperhatikan agar semakin terlihat menonjol. 

Karena, membuat CV online juga wajib memperhatikan tatanan atau layout-nya, tidak hanya informasi data diri saja, ini dia tipsnya:

1. Buatlah Data Diri Secara Berurutan
Langkah pertama ketika ingin membuat CV online adalah memperhatikan informasi yang akan dicantumkan. 

Informasi mengenai identitas diri ini sangat penting sebagai pijakan awal ketika memperkenalkan diri kepada orang lain ataupun kepada HRD perusahaan. 

Untuk menyusun informasi data diri ini perlu berhati-hati agar tidak terlalu membingungkan pihak HRD. Buatlah informasi secara beruntun dan nyaman dibaca dengan urutan sebagai berikut:

Data atau identitas diri bisa berisi nama lengkap, alamat, nomor telepon dan data diri lainnya.
Selanjutnya adalah masukkan mengenai latar belakang pendidikan dan jurusan hingga IPK.

Mengenai personalitas, bisa gambarkan mengenai dirimu secara singkat. Jangan lupa untuk memasukkan pengalaman kerja yang sudah dijalani. 

Sebab ini akan menambah nilai lebih ketika melamar pekerjaan dan memasukkannya ke dalam CV online.

2. Tunjukkan Kemampuan yang Dimiliki
Tidak cukup hanya dengan mengisi informasi dan data diri secara berurutan saja, wajib juga untuk mencantumkan kemampuan apa yang telah dimiliki. 

Di era seperti sekarang, pekerjaan bukan saja dilihat dari nilai pendidikan semata. Lebih dari itu, pihak HRD perusahaan akan mempertimbangkan kemampuan yang dimiliki oleh kandidat pelamar.

Contohnya saja jika ingin menjadi seorang desainer grafis di sebuah perusahaan maupun start up. Akan lebih baik jika pelamar mencantumkan mengenai prestasi dan kemampuan. Semisalnya pernah membuat desain untuk perusahaan atau instansi tertentu. 

Begitu juga jika pernah mengikuti pelatihan yang berkaitan dengan pekerjaan yang akan dilamar.

Kemampuan pelamar memiliki peranan penting ketika akan bekerja nantinya dan ini akan berpengaruh pada hasil. 

Dengan demikian, jika dalam masa training atau percobaan perusahaan merasa puas dengan kemampuan pelamar, maka sudah pasti akan dipertahankan untuk menjadi pegawai tetap.

3. Perkenalkan Diri secara Singkat, Padat dan Jelas
Langkah ketiga dalam membuat CV online usahakan membuatnya dengan singkat dan padat. Sebagian besar perusahaan, khususnya divisi HRD akan menyukai seorang kandidat pelamar yang mendeskripsikan diri secara singkat dan padat. 

Hal yang bersifat terlalu bertele-tele akan membuat pihak HRD merasa enggan membaca CV online.

Terlebih lagi jika bahasa yang digunakan tidak formal ataupun terlalu membosankan. Di sinilah dibutuhkan sebuah keterampilan. 

Jika ingin mendeskripsikan diri, usahakan gunakan bahasa yang mudah dimengerti. Apabila menggunakan gaya bahasa yang mudah dipahami, pihak HRD akan membaca isi keseluruhan CV online dan mempertimbangkan pelamar sebagai kandidat pelamar terbaik.

CV online yang singkat dan padat juga mencerminkan kinerja seseorang. Artinya, pelamar akan dipertimbangkan oleh HRD sebagai kandidat yang tidak suka berlama-lama atau menunda dalam menyelesaikan pekerjaan dengan baik.


Penulis: Ika Shintya
diolah dari berbagai sumber

Iklan

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »