5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Kuliah di Jogja




Campusnesia.co.id - Halo sobat Campusnesia, mumpung masih hangat-hangatnya pengumuman SBMPTN 2020 ada beberapa hal nih yang perlu diketahui buat kamu yang mau kuliah di Jogja. Tapi, sebelum membahas itu wajib hukumnya untuk tahu terlebih dahulu tentang Jogja (Yogyakarta).

Kamu tau kan Jogja dikenal dengan sebutan apa? Ya... Betul, Jogja dikenal sebagai kota pelajar. Setiap tahunya Jogja selalu kedatangan puluhan ribu mahasiswa baru dari berbagai daerah. Hal tersebut karena banyaknya perguruan tinggi negeri/swasta di Jogja. Nah, sebagai mahasiswa baru yang akan kuliah di Jogja kamu wajib tahu 5 hal berikut.

1. Dunia Makrab
Makrab alias malam keakraban merupakan sebuah acara kumpul-kumpul “wajib” yang diadakan oleh mahasiswa atau komunitas untuk menjalin keakraban antar anggota. Mahasiswa di Jogja tidak akan lepas dari kegiatan ini mulai dari awal masuk hingga lulus kuliah. Acara ini biasanya diadakan setiap tahun yang akan memberikan kesan dan kedekatan bagi anggota. Salah satu tempat yang menjadi favorit untuk kegiatan ini adalah Kaliurang.

Kaliurang berada di sekitar lereng Gunung Merapi yang membuat tempat ini sejuk dan tenang. Di sini juga terdapat berbagai macam vila yang bisa disewa untuk mengadakan kegiatan. Selain itu, banyak spot menarik yang bisa kamu kunjungi bersama dan tentunya akan membuat tim kamu lebih solid. Selain kaliurang ada banyak tempat yang biasa digunakan untuk makrab oleh mahasiswa seperti pantai di Bantul dan Gunung Kidul.

2. Soal makanan?
Jangan heran kalau kalian di Jogja akan merasakan sensasi makanan yang sedikit berbeda. Di sini mayoritas masakan akan cenderung lebih manis. Tapi tenang, karena Jogja merupakan kota besar, kamu bisa menemukan berbagai macam tempat makan yang bisa kamu pilih sesuai selera.

Tempat makan paling favorit untuk mahasiswa adalah angkringan dan burjo. Angkringan pasti tidak asing untuk kamu yang tinggal di Jawa. Hampir di setiap daerah ada angkringan. Angkringan di daerah mana pun juga tetep sama isinya nasi kucing, sate usus, telor puyuh, susu jahe, dan wedang ronde. Angkringan ini cocok buat mahasiswa yang mau nogngkrong dan menikmati suasana malam Jogja.

Tapi, bagaimana dengan burjo? Jangan dikira burjo itu bubur kacang ijo yaa.

Burjo menurut mahasiswa jogja itu ya ‘warmindo’ alias warung makan indomie. Jangan harap kalian nemu bubur kacang ijo di warung ini. Sebenarnya warung ini ya warung indomie biasa menyediakan banyak menu makanan seperti nasi goreng, magelangan, nasi nasi telor, dan tentunya indomie dengan harga yang cocok untuk kantong mahasiswa. Uniknya lagi burjo ini buka 24 jam, cocok banget buat mahasiswa yang kelaperan tengah malem ya kan.

3. Istilah nama tempat
Ada istilah unik di Jogja untuk penyebutan beberapa tempat yang populer yaitu Jakal, Alkid, Altar, Concat, dan masih banyak lainya. Istilah tersebut merupakan singkatan dari Jalan Kaliurang (Jakal), Alun-alun Kidul (alkid), Alun-alun Utara (altar), dan Condong Catur (concat). Istilah-istilah itu pasti akan melekat di keseharian kamu sebagai mahasiswa Jogja.

4. Wisata untuk refreshing
Selain kota pelajar, Jogja juga disebut sebagai kota wisata. Jogja menyediakan berbagai kawasan wisata yang populer hingga manca negara. Jogja memiliki segudang situs warisan budaya nusantara dan keindahan alam seperti Candi Prambanan, Malioboro, Tugu, Pantai di Gunung kidul, Pantai di Bantul, dan lain-lain. Jadi, untuk kamu yang mau kuliah di jogja tidak usah khawatir soal yang satu ini. Kamu bisa jalan-jalan kemana pun asal jangan lupa tujuan utama kuliah di Jogja yaitu untuk belajar bukan main-main. :)

5. Indonesia “mini”
Salah satu hal yang paling menarik di Jogja adalah beragamnya mahasiswa yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia. Sebutan Indonesia “mini” memang sangat melekat. Kamu bisa berinteraksi dengan mahasiswa dari luar daerah. Kamu bisa mempelajari budaya mereka dan mulai belajar untuk saling menghormati perbedaan.

Itu dulu dari saya, sebenarnya masih banyak yang lain yang perlu kamu ketahui. Tapi nggak perlu khawatir, karena itu semua akan kalian dapatkan saat menjadi mahasiswa Jogja. Semangat... :)

Penulis: Aris Budiman
Artikel ini merupakan bagian dari program magang online campusnesia

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »