Review The Umbrella Academy Session 2 dari Sudut Pandang Time Travel dan Time Paradoks




Campusnesia.co.id - Setelah menuai sukses di session pertama, Netflix kembali merilis serial super hero originalnya The Umbrella Academy pada 31 Juli 2020 kemarin. Seakan kembali ke kebiasaan yang lama, 10 episodenya dirilis bersamaan sehingga penonton tak perlu menunggu setiap pekan kalau kuat bisa langsung dinikmati secara maraton.


SPOILER ALERT!!

Tentu saja review ini akan mengandung spoiler, jadi untuk pembaca yang tidak ingin mendapatkan bocoran sehingga mengurangi keseruan, jangan lanjutkan membaca.

1. Judul, Penulis dan Sutradara
The Umbrella Academy session 2 merupakan adaptasi dari komik Dark Horse. Diciptakan dan ditulis oleh Gerard Way (mantan vokalis My Chemical Romance) serta digambar oleh Gabriel Bá. Komik ini pernah memenangkan penghargaan Eisner, sebuah yayasan nirlaba yang memberikan penghargaan pada komunitas atau individual yang berkomitmen pada bidangnya. 

Disutradarai oleh Steve Blackman, dengan sederet bintang Ellen Page, Tom Hopper, Emmy Raver, Lampman, David Castañeda, Robert Sheehan, Aidan Gallagher, Mary J. Blige, Cameron Britton, Colm Feore, Adam Godley, John Magaro.

2. Jalan Cerita
Pasca event di the Umbrella Academy session 1, plot twist bahwa selama 10 hari mereka berjuang mencegah terjadinya kiamat justru merekalah yang menjadi pemicu terjadinya akhir dunia. Vanya yang selama ini dianggap tidak memiliki kekuatan, selalu diremehkan dan sering mendapatkan bully ternyata adalah member academy yang paling kuat. The Seven - The White Violin seperti julukannya ia bisa memancarkan energi kosmik yang dalam episode terakhir session 1 energi ini membelah bulan sehingga jatuh dan menabrak bumi. 

Five, membuat keputusan mengangkut enam saudaranya melompati waktu untuk menyelamatkan mereka dari akhir dunia. Voila inilah awal cerita session 2.

Mereka bertujuh terlompak dari lorong waktu ke tahun 1960 iya, bahkan mereka belum terlahir di masa ini. Tidak kalah menarik plot cerita bahwa mereka tidak datang secara bersamaan alias secara terpisah dari tahun 1960, 1961, 1962, dan 1963. 

Satu sama lain mengira hanya mereka yang selamat dan yang lain meninggal, hingga 12 November 1963 di sebuah gang kota Dallas, Texas Five akhirnya jatuh dari lorong waktu. Ia mendapati suasana yang bebeda dengan saudara-saudaranya. Perang sedang terjadi antara amerika dan soviet, entah bagaimana anggota The Umbrella Academy menjadi pejuang perang hingga sebuah bom nuklir meledak.

Beruntung sesaat sebelum mengenai five, Hazel ia sang pembunuh bayaran dari The Comission datang menyelamatkannya dengan koper mesin waktunya khasnya. Ia membawa five ke masa 10 hari dari peristiwa kiamat dan menjelaskan hanya five yang sekali lagi bisa menyelamatkan dunia dengan mengumpulkan anggota umbrella academy yang lain.

Naas, sebelum menjelaskan semua yang terjadi Hazel terbunuh oleh 3 orang berambut putih yang belakangan diketahui sebagai pembunuh bayaran the comission yang bernama Swedia Gengster.

3. Konflik
Ini baru episode pertama ya, selama 9 episode berikutnya kita akan disajikan petualangan five mencari saudara-saudaranya yang sudah memiliki kehidupan masing-masing. 


The One - Spaceboy (Luther Hargreeves) menjadi seorang petinju jalanan anak buah seorang pemilik bar yang berbama Jack, dalam sejarah jack ini nantinya adalah orang yang membunuh oswald, pelaku penembakan presiden Kennedy 22 november 1963

The Two - The Knife (Diego Hargreeves) berada di rumah sakit jiwa karena ulahnya yang sok pahlawan, ia juga terobsesi menemukan penembak Kennedy dan ingin mencegah peristiwa sejarah itu terjadi.

The Three - The Rumor (Allison Hargreeves) Allison yang di event session 1 pita suaranya terluka akibat ulah vanya, kini sudah bersuami seoarang aktivis seketaraan ras dan aktif dalam pergerakan.


The Four - The Séance (Klaus Hargreeves) karena kekuatanya bisa melayang, telekinesis, dan berkomunikasi dengan orang yang sudah mati, ia menjadi seorang Guru bahkan di sebut-sebut sebagai "nabi" oleh para pengiku komunitas spiritualnya.


The Six - The Kraken (Ben) selalu bersama klaus yang kini menjadi nabi dan berusaha menemui pacarnya di dallas mencegah agar tidak bergabung dalam tentara amerika ke vietnam karena ia tahu pacarnya akan mati di perang itu.

The Seven - The White Violin (Vanya Hargreeves) sesaat setalah jatuh dari lorong waktu, ia tertabrak mobil yang dikendarai oleh Sisy, ibu rumah tangga yang punya anak berkebutuhan khusus, vanya luapa ingatan dan tinggal bersama keluarga itu.

4. Time Travel dan Time Paradoks dalam Serial The Umbrella Academy session 2
Tentang teori time travel dan konsekuensi pada masa depan kita pernah bahas saat ngomongin drama korea The King Eternal Monarch. Kita akan coba bahan serial netflix ini dengan sudut pandang yang sama karena memang ada banyak kesamaan teori yang diterapkan. yuk kita bahas.


Time paradox, Melakukan time travel bukan tanpa resiko karena kita bisa mempengaruhi kehidupan di masa lalu yang kita datangi dan bisa juga berefek pada masa depan. Agar lebih mudah memahami saya akan coba bagikan 4 teori populer dalam Time Pardoks.

4.1. Grandfather Paradox
Konsepnya, jika kita melakukan time travel ke masa lalu, lalu membunuh kakek kita yang mana kakek dan nenek kita yang akan melahirkan bapak-ibu kita maka berarti kita di masa depan tidak akan pernah dilahirkan.

Kalau kita tidak pernah dilahirkan di masa depan, apakah kita masih ada di masa lalu yang kita datangi? Bingung? Itulah paradox.

4.2. Predestination Paradox
Singkatnya apa yang harus terjadi ya harus terjadi, jadi meskipun kita melakukan perjalan ke masa lalu untuk mengubah peritiwa di masa depan, tetapi peristiwa tersebut tetap akan terjadi entah bagaimana caranya. Teori ini bisa disaksikan dalam bentuk cinema dalam film Predestination.

4.3. Bootstrap Paradox
Ini agak membingungkan dan tidak jelas, namanya juga paradoks ya, teori ini menjelaskan misal kita dinmasa sekarang tahu teori relativitas temuan Einstein, lalu kita ke masa lalu menemui Einstein yang belum tahu tentang teori relativitas dan memberitahunya, pertanyaanya sebenarnya siapa nih yang menemukan toeri relativitas? Hayo.

4.4. Butterfly Effect Paradox

Teori ini menjelaskan bahwa perjalanan waktu, interaksi kita di masa lalu yang didatangi akan berdampak pada masa depan.

Dalam the Umbrella Academy session 2 yang dilakukan five jelas adalah time travel, melakukan jump perjalan waktu mundur ke 1960-1963 dari time line utama april 2019. Karena mereka dari masa depan dan kembali ke masa lalu, banyak hal di masa lalu yang belum terjadi tetapi sudah terjadi di masa depan, ya iyalah lah ya namanya juga masa lalu.

Sekali lagi karena didikan mereka yang super hero oriented, mereka berusaha mengubah masa depan dengan melakukan intervensi pada masa lalu, misal event penembakan John F. Kennedy, presiden ke-35 Amerika Serikat, terjadi pada hari Jumat, 22 November 1963 di Dallas, Texas.

Namun upaya itu gagal, teori yang digunakan dalam plot ini adalah Predestination Paradox apa yang mesti terjadi entah bagaimana caranya tetap terjadi tidak bisa diubah. Bukanya menjadi pahlwan berkat kelicikan Handler pemimpin the comission yang baru justru merekalah yang menjadi tersangka.

Singkat cerita ke epsiode terkahir, setelah berhasil menyadarkan Lila yang ternyata juga manusia super layaknya anggota the umbrella academy bahkan mungkin lebih kuat karena bisa menirukan semua kekuatan mereka termasuk energi kosmik Vanya, five mengajak semua saudaranya kembali ke tahun 2019.

Sesuai janji Handler, kalau mereka bisa kembali ke masa 2019 maka peristiwa kiamat di session 1 tidak akan terjadi, tetapi keanehan terjadi. time lime 2019 yang baru mereka datangi berbeda, sang Ayah masih hidup, ben juga masih hidup dan ketika mereka menyebut the umbrella academy ayahnya menyangkal, yang benar adalah The Sparrow Acadamy, boomm..twist apalagi ini? 

Ada 2 kemungkinan yang bisa menjelaskan ending the umbrella academy session 2 ini. Pertama apa yang mereka lalukan di masa lalu berakibat merubah apa yang terjadi di masa depan sesuai teori The butterfly effect.

Kedua, mereka jumping ke alternate universe, dunia yang berbeda dari dunia mereka, kalau sudah menonton The King of eternal monarch pasti paham apa itu alternate universe. Semesta di dimensi lain yang secara orang-orang sama namun memiliki peran dan rule yang berbeda, dalam darama korea the king of eternal monarch ada republik korea dan kerajaan corea, dalam series yang kita bahas mungkin saja ada The Umbrella Academy dan The Sparrow Academy, bisa saja kan? menarik.

5. Kesimpulan
Jelas rekomended untuk ditonton, tidak kalah menarik dari session yang pertama, skor 8 dari 10 boleh lah ya. Catatan pribadi buat teman-teman yang mau menonton, jelas series ini ditujukan untuk penonton dewasa bukan hanya dari sinematografi tapi juga dari jalan cerita dan isu yang diangkat, mulai dari kesetaraan ras dan orientasi seksual. Buat yang sensitif dengan isu-isu seprti ini skip saja. 

Penulis: Nandar

Baca Juga:

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »