Penjelasan Ustadz Adi Hidayat tentang Isu Dukhan dan Benturan Asteroid 15 Ramadhan 1441 H/8 Mei 2020



Campusnesia.co.id - Semarang, 8/05/2020 semalam tiba-tiba ibu saya menelpon selain bertanya tentang kabar, juga memberi kabar tentang isu 15 Ramadhan ada apa yang beliau dapat dari keponakan saya, beredar informasi di masyarakat melalui sosial media dan grup-grup whatsapp isu Dukhan dan Benturan Asteroid yang akan terjadi pada pertengan bulan ramadhan 1441 atau tepatnya hari ini 8 mei 2020.

Isu ini sebenarnya sudah beredar beberapa bulan sebelum ramadhan, dikait-kaitkan kemunculan "Dhukan, pekikan suara dan akan dilanjutkan dengan huru-hara serta muncul himbauan agar menutup pintu dan tidak keluar rumah", bersumber dari kajian beberapa so called ustadz dan viral melalui sosial media twitter, facebook, grup-grup whatsapp, instagram dan salah satu yang berberan penting penyebaran info ini adalah channel-channel youtube yang bawa-bawa nama islam dan dakwah namun sering hanya memotong secuil video sebuah kajian yang aslinya panjang demi "views" dan "viral".

Sebagian masyarakat menanggapi dengan tenang tentang isu ini, tapi ada juga yang khawatir bahkan panik dan ketakutan. Alhamdulillah 7 Mei 2020 Ustadz Adi Hidayat melalui akun channel youtube beliau yaitu Adi Hidayat Official membahas khusus tentang isu ini.

Edisi ini menjadi edisi khusus karena membahas fenomena Astroid dan Dukhan yang menjadi viral di Masyarakat karena diprediksi akan terjadi di tanggal 15 Ramadhan 1441H. Ustadz Adi hidayat mencoba menjelaskan dari sisi ILMIAH, baik dari sudut Sain maupun dari sudut Ilmu Hadist.

Program AKU SUKA (ayo Kultum Sejenak untuk Berbuka) adalah program yang disiarkankan secara Rutin saat menjelang waktu Magrib di bulan Ramadhan 1441H. Berisikan ceramah pendek yang disampaikan oleh Ustadz Adi Hidayat, Lc.MA.

Brikut videonya yang kami embed (tayangkan) dari channel youtube Ustadz Adi Hidayat, Disklaimer kami menayangkan dengan sistem embed, hitungan views masuk ke channel yang berkaitan. silahkan klik tombol play.



Alhamdulillah ya sobat Campusnesia, video dari Ustadz Adi Hidayat membahas dengan sangat baik, runut dan jelas serta menenangkan. Hal seperti seharusnya yang banyak kita sebarkan, bukan sebaliknya.

Tentang isu kejadian luar biasa bahkan hingga Kiamat bukan sekali ini saja menjadi perbincangan, tahun 1999 juga pernah terjadi. Isu yang berkembang akan terjadi hal luar biasa pada tanggal 9 bulan 9 tahun 1999, sempat masuk dalam berita malam TVRI kala itu dan diluruskan oleh MUI.

Terulang lagi pada tahun 2012 lalu, dengan isu akan terjadi hal luar biasa pada tanggal 12 bulan 12 tahun 2012. Viral di media sosial dan media mainstrem tetapi tidak terbukti, isu ini sempat "manfaatkan" dengan kemunculan film 2012 dengan tema armageddon.

Pelajaran yang bisa kita petik selain yang sudah disampaikan oleh Ustadz Adi Hidayat adalah tentang pentingnya menahan diri untuk tidak buru-buru menyebarkan kabar yang belum tentu kebenarannya dan berpotensi meresahkan masyarakat. Tahan jempol, tidak perlu berlomba menjadi yang pertama posting di sosmed dan grup whatsapp untuk suatu informasi yang belum jelas kebenarannya.

Pesan khusus, bagi anda pemilik akun sosial media yang membawa-bawa nama islam dan dakwah baik twitter, facebook, instagram atau youtube, Hentikan kebiasaan memotong-motong video kajian dari yang aslinya berdurasi panjang membahas sebuah tema dengan komprehensif dan bersambung dengan kajian sebelumnya atau sesudahnya menjadi video dengan durasi hanya beberap menit saja karena selain menjadi tidak konstektual juga berpotensi menjadi misleading di tengah masyarakat, mustinya mendapat kajian dan pelajaran secara meyeluruh akhirnya hanya dapat sepotong-sepotong hanya karena anda-anda yang "sok ingin jadi akun dakwah" atau bahkan naudzubillah hanya sekedar mengejar followers, subscriber,adsense dan endorse tobat guys!

Sebagai penutup, untuk pembaca campusnesia saya juga berpesan ketika mendapat potongan-potongan video kajian jika tertarik dengan tema yang dibahas, carilah video versi lengkapnya agar mendapat ilmu dan pelajaran secara lengkap dan komprehensif. 

Demikian postingan kali ini tentang isu fenomena Astroid dan Dukhan yang menjadi viral di Masyarakat karena diprediksi akan terjadi di tanggal 15 Ramadhan 1441H semoga bermanfaat, selamat menjalankan ibadah puasa ramadhan  semoga diberikan kelancaran. Sampai jumpa wallahu alam bishawab.

penulis: Nandar

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »