Tips Penulis untuk Pemula, Tutup Mata dan Mulailah Mengetik



Campusnesia.co.id - Medio 2015 saya bertemu dengan mbak Keisya Avicenna, salah satu dari twin brother (penulis kembar) yang selama ini dikenal dengan buku-buku islaminya. Salah satu best sellernya adalah buku Beauty Jannati. Beliau juga mendirikan sekolah menulis DNA.

Saya mengutarakan niat saya yang ingin bisa menulis, syukur-syukur bisa jadi penulis dengan melahirkan sebuah buku. Tapi kalau tidak bisa ya setidaknya bisa menulis, menuangkan ide-ide dalam bentuk tulisan dan mengalir.

Kali ini saya akan coba berbagi tips dari beliau untuk orang-orang yang pengin menulis, tetapi mentok ketika sudah di depan layar komputer dan keyboard, seakan ide-ide yang terbayang sebelumnya lenyap begitu saja.

Tips pertama, catatlah setiap ide yang terlintas, saya anggap bahwa semua pembaca adalah orang sibuk dengan aktivitasnya masing-masing, membiasakan mencatat ide yang terlintas akan membuat kita punya banyak stok pokok pikiran yang sewaktu-waktu bisa kita kembangkan jika sudah mood dan punya waktu luang.

Tips kedua, buatlah outline. Jika sudah punya waktu luang cobalah memulai mengurai perbendaharaan ide tadi, buatlah outline atau pokok-pokok pikiran dalam setiap paragraf dan jabarkan dalam bentuk laimat yang lebih panjang agar idenya mudah dipahami orang lain.

Tips ketiga, Tutup mata dan mulailah mengetik, kadang karena terlalu terpaku pada penulisan yang benar dan berusaha tidak typo justru menghambat mengalirnya sebuah ide. Tips paling ekstrim adalah, tutup mata, ketik saja apa saja yang terlintas dipikiran, setelah merasa sudah tersalurkan buka mata dan kamu pasti tercengang dengan hasilnya ha ha.

Pada percobaan pertama, kedua dan ketiga mungkin kita sendiri bingung dengan apa yang kita tulis, saking tidak jelasnya karena mengetik dengan mata tertutup sehingga banyak typo. Its Okey, Tips keempat adalah mulai mengoreksi kata demi kata, kalimat demi kalimat dan paragraf dengan paragraf, dengan demikian kita bisa menghasilkan tulisan yang lebih baik.

Itu dulu, sharing kali ini, semoga bermanfaat, oh ya buat kamu yang pengin baca tulisan saya yang lain, silahkan kunjungi website saya Campusnesia.co.id sampai jumpa.

penulis: Nandar

**Artikel ini telah tayang di platform Diginote.id dengan judul "Tutup Mata dan Mulailah Mengetik"

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »