Peluang Menghasilkan Uang dari Skills Desain Grafis

8:12:00 PM



Campusnesia.co.id - Minggu 22 Maret 2020 kemarin sebenarnya rada iseng atau biar keren saya ganti bahasanya "eksperimen" ngirim twit ke Undipmenfess, kalau misal saya bikin kelas online desain dengan Corel Draw, apakah ada yang berminat?


Di luar ekspektasi saya, ternyata seratus lebih yang replay dan tertarik, lalu saya coba tawarkan bikin grup wa dan hingga artikel ini saya tulis sudah ada 43 peserta yang bergabung.

Tujuannya murni berbagi, di tengah upaya social distancing, work from home dan Belajar di rumah/kost siapa tahu bermanfaat.

Nah, di artikel ini saya akan berbagi pengalaman saja, biar lebih valid apakah hobi desain atau ounya skill desain grafis bisa menghasilkan uang? Jawabanya Yes! 

Sejak SMA saya sudah suka seni rupa, hanya saja waktu itu belajarnya manual seni lukis, kaligrafi, dekor dan sablon, tahun 2007 (iya..kamu gak salah baca) ketika tiba di semarang untuk kuliah ternyata semua sudah serba digital, akhirnya belajar untuk bisa menguasi desain grafis secara autodidak, belajar dari kaka kelas dan buku.

Pilihan jatuh pada Corel Draw, selain lebih mudah menurut saya juga karena kebutuhan dunia cetak lebih banyak Vector yang lwbih mudah dibuat dengan corel draw.

Sambil kuliah saya membuka jasa desain grafis dan kadang sekalian cetaknya, apakah saat itu sudah mahir? Jawabanya belum alias masih amatir, kok nekat? Karena butuh hehe.

Jadi apa saja peluang yang bisa menghasilkan dari hobi dan skills desain grafis? Ini daftarnya.

1. Buka jasa desain untuk teman/organisasi
Gak harus punya kantor, mulai saja menawarkan ke teman-teman terdekat, organisasi. Setiap acara pasti butuh desain kan? Jangan malu pasang tarif tapi juga sesuaikan dengan kualitas desaimu, bisa dimulai dari harga 20.000, 50.000 atau 100.000

2. Freelancer Desain Grafis
Secara prinsip sama, tapi yang saya maksud di point kedua ini, temen-temen bisa ikut beberapa website khusus freelancer desain, setahu saya ada Sribulancer, Fever, DesignGuru atau yang lain, konsepnya kontes, misal ada customer yang ingin membuat Logo ia akan post briefnya, kuta bisa ikut kontes dan yang terpilih oleh customer akan menang, lumayan lho minimal $100. Jujur saya belum pernah menang he he

3. Ikut Lomba
Pilihan lain yang bisa disambi kuliah adalah ikut lomba, search aja di Google lomba desain Logo, Poster atau yang lain dan coba intuk ikut. Tips bisa agar peluang menang besar carilah lomba yang hadiahnya tidak terlalu besar, tingkat lomba lokal dan waktu mepet sebagai cara mengasah skills juga. Pengalaman pernah menang dengan hadiah Rp 4.000.000, buat mahasiswa tahun 2012 kan banyak banget.

4. Bikin usaha desain sendiri
Hari gini untuk mulai usaha tidak sesulit 10 tahun lalu, asal punya HP sudah bisa buka usaha, bikin saja akun Instagram, kasih kontak nomer WA sudah punya usaha. Termasuk jika mau buka usaha jasa desain grafis.

5. Bikin Percetakan
Kalau sudah bisa desain kenapa gak skalian bikin percetakan saja? Hari gini kembali lagi gak harus punya alat sendiri, untuk cetak kita bisa sub ke percatakan yang ada tinggal ditambah harganya.

Gak bisa bersaing dalam harga dong? Kalau begitu bersainglah dalam hal lain, misal kualitas desain dan pelayanan dengan demikian walau mungkin secara harga lebih mahal dari tempat lain, tapi bisa unggul dalam hal lain.

Berdasar pengalaman, harga tidak selalu jadi pertimbangan satu-satunya customer ketika memutuskan membeli suatu produk.

Oke teman-teman itu dulu, sharingnya tentang 5 Peluang Menghasilkan Uang dari Hobi dan Skills Desain Grafis, semoga bermanfaat, sampai jumpa.

penulis: Nandar

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »