Tim KKN UNDIP Gelar Pelatihan Perakitan Rechargeable Lamp untuk Pemuda Desa Mangunharjo




Campusnesia.co.id - Mangunharjo, Kecamatan Subah (05/02/01) Masalah penerangan merupakan hal yang penting ketika beraktifitas di malam hari. Tanpa penerangan, aktifitas masyarakat pada malam hari akan terganggu bahkan bisa terhenti. Berbeda dengan zaman dahulu, penerangan pada zaman modern sangat pesat perkembangannya dengan menggunakan penerangan yang berasal dari sumber daya listrik.

iklan

Walau sudah sedemikian maju, sumber penerangan malam hari di jalan Desa Mangunharjo dirasa masih kurang, Hendrawan Suherman, Mahasiswa KKN UNDIP bersama pemuda desa Mangunharjo berusaha berkreasi dengan membuat lampu yang bisa diisi ulang atau lebih dikenal dengan nama Rechargeable Lamp

ads



Rechargeable Lamp dirakit dari beberapa komponen sederhana yang bisa ditemukan di toko komponen elektronik. Hanya dengan bermodalkan Rp 50.000 sudah bisa merakit sendiri lampu yang dayanya bisa diisi ulang. Tidak hanya memberi contoh, mahasiswa dari Teknik Mesin Universitas Diponegoro ini juga mengajak para pemuda untuk merakit rechargeable lamp


Peserta yang hadir sejumlah 12 orang memperhatikan cara perakitan rechargeable lamp dengan baik. Selain proses pembuatan, para peserta juga diajarkan cara menghitung daya serta waktu pengisian yang dibutuhkan dari model lampu yang dibuat. Walaupun sedikit rumit, tetapi mereka tetap antusias.

Ketua Karang Taruna Desa Mangunharjo, Mas Syaiful berharap dengan adanya pelatihan ini bisa membuat para pemuda yang tertarik dalam hal elektronik bisa belajar merakit sendiri dan bisa memodifikasi rechargeable lamp dengan kebutuhan aktifitas masing-masing.

sumber: Tim KKN Undip 2020 Desa Mangunharjo
foto: Tim KKN Undip 2020 Desa Mangunharjo
editor: Nandar

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »