Tim I KKN Undip Edukasikan TOGA untuk Wujudkan Apotik Hidup Mandiri di Desa Tempaling



Campusnesia.co.id -- Rembang, 7 Februari 2020.  Mahasiswa KKN Tim I Undip di Desa Tempaling (Ivan, Iman, Alvis, Ribka, Alda, Riris) melakukan implementasi penanaman tanaman obat keluarga. TOGA yang ditanaman yakni; Jahe, Temulawak dan Temu Hitam. Di Desa Tempaling sendiri masih kurangnya kesadaran warga dalam pemberdayaan TOGA, bahkan masih terlihat sangat jarang warga yang memiliki TOGA dipekarangan rumah mereka.

Tanaman obat keluarga (disingkat TOGA) adalah tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat. Taman obat keluarga pada hakekatnya adalah sebidang tanah, baik di halaman rumah, kebun ataupun ladang yang digunakan untuk membudidayakan tanaman yang berkhasiat sebagai obat dalam rangka memenuhi keperluan keluarga akan obat-obatan. Kebun tanaman obat atau bahan obat dan selanjutnya dapat disalurkan kepada masyarakat, khususnya obat yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Budidaya tanaman obat untuk keluarga (TOGA) dapat memacu usaha kecil dan menengah di bidang obat-obatan herbal sekalipun dilakukan secara individual. Setiap keluarga dapat membudidayakan tanaman obat secara mandiri dan memanfaatkannya, sehingga akan terwujud prinsip kemandirian dalam pengobatan keluarga.  

iklan

Sasaran tempat penanaman TOGA adalah rumah dari ibu PKK sebagai rumah percontohan untuk warga lainnya, sebelum melakukan penanaman bibit TOGA dilakukan juga simulasi pengolahan dan penjelasan manfaat dari bahan TOGA yang telah disediakan. Setelah simulasi yang dilakukan maka dilanjutkan dengan meminum hasil olahan TOGA (Jahe, Temulawak dan Temu Hitam) bersama dengan ibu-ibu PKK dan foto bersama mengakhiri kegiatan simulasi. 

Setelah kegiatan simulasi selesai dilakukan juga pembagian bibit TOGA ke ibu-ibu PKK, dilanjutkan dengan penanaman di salah satu rumah ibu PKK bersama dengan Mahasiswa KKN sebagai bentuk simbolis. Di akhir kegiatan dilakukannya juga penanaman di setiap rumah ibu PKK dengan mahasiswa KKN di setiap RT yang ada. Dengan diadakannya kegiatannya ini, menjadi langkah awal bagi Desa Tempaling untuk siap menjadi Desa Sehat! 

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »