Tim I KKN Undip Edukasikan Pembuatan Hand Sanitizer Tembakau di Desa Batur

1:45:00 PM

   
Campusnesia.co.id --  Kab. Semarang, 6 Februari 2020. TIM I KKN Undip mengikuti pertemuan kader posyandu Desa Batur di Dusun Kaliduren, yang dihadiri oleh perwakilan kader dari sembilan belas dusun di Desa Batur, bidan Pusat Kesehatan Desa (PKD), dan ibu kepala Desa Batur. Pertemuan ini dilakukan dengan tujuan melakukan survey perihal pelaksanaan posyandu di Desa Batur, sekaligus melakukan pelaksanaan Program Monodisiplin salah satu anggota tim, yaitu Sarah Listya Amalia.



Program Monodisiplin yang dilaksanakan adalah pembuatan hand sanitizer dengan daun tembakau sebagai salah satu bahan aktif. Daun tembakau yang digunakan adalah daun tembakau yang sudah dirajang dan dikeringkan. Bahan utama yang dibutuhkan adalah alkohol 70% sebagai antiseptik dan daun tembakau kering, serta bisa ditambahkan fragrance oil untuk menghilangkan bau tembakaunya.

iklan


Di Desa Batur sendiri, tembakau merupakan salah satu tanaman utama yang ditanam dan menjadi matapencaharian penduduk. Selama ini masyarakat hanya mengetahui kegunaan dari daun tembakau hanyalah untuk dijadikan rokok saja. Namun ternyata tembakau memiliki kandungan antibakteri yang bisa aplikasikan sebagai hand sanitizer sebagai sarana pembersih tangan yang mudah dan sederhana.

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »