Tim I KKN Undip Desa Tuwang Edukasikan Pembuatan Nugget sebagai Solusi Anak Susah Makan Sayur

7:10:00 PM


Campusnesia.co.id -- Demak, 15 Januari 2020. Mahasiswa Tim I KKN UNDIP mengadakan pelatihan pengolahan tahu menjadi nugget di balai Desa Tuwang, Kecamatan Karanganyar, Demak.

“Sayuran merupakan makanan penting sehari-hari. Banyaknya vitamin dan kandungan bergizi lainnya di dalam sayur sangat berguna untuk kesehatan dan tumbuh kembang manusia. Akan tetapi, makanan dengan sejuta manfaat tersebut justru kurang diminati oleh masyarakat terutama anak-anak,” kata Harjunan Rizky, salah satu mahasiswa KKN UNDIP.

Hal ini juga dialami oleh masyarakat Desa Tuwang, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak. Banyak cara telah dilakukan orang tua agar anak-anak gemar makan sayur, namun usaha yang dilakukan masih kurang berhasil sehingga masih ada anak yang kekurangan gizi dan mengalami stunting. 

Guna mengakali ketidaktertarikan anak-anak terhadap sayur, mahasiswa KKN UNDIP mengadakan pelatihan pengolahan tahu menjadi nugget, dimana nugget tersebut kaya gizi, mudah dibuat, enak, dan tergolong cukup murah bagi masyarakat desa. Pelatihan pengolahan tahu menjadi nugget ini dilaksanakan di Gedung Serba Guna Balai Desa Tuwang pada tanggal 15 Januari 2020 yang diikuti lebih dari 35 orang, Ibu-Ibu PKK Desa Tuwang.

Cara pembuatan nugget tahu juga cukup sederhana dengan bahan – bahan yang mudah didapat. Langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan mengkukus lima buah tahu kurang lebih selama 20 menit. Selanjutnya potong dadu lima buah wortel dan rebus kurang lebih selama 10 menit. Hancurkan tahu hingga halus dalam sebuah wadah kemudian campurkan wortel yang telah dipotong. Dapat pula ditambahkan beberapa sayuran lain seperti bayam atau seledri yang telah dicincang halus.

Hancurkan empat siung bawang putih dan campurkan ke adonan nugget. Tambahkan dua sendok makan tepung terigu, empat sendok makan tepung maizena, satu kuning telur, garam, gula, penyedap makanan, dan merica bubuk secukupnya. Tambahkan juga daun bawang untuk menambah aroma harum dan gurih pada makanan.Selanjutnya campurkan semua bahan hingga tercampur rata.

Setelah tercampur rata, ambil sedikit adonan dan bentuk sesuai yang diinginkan. Siapkan wadah berisi telur yang telah dikocok dan juga wadah berisi tepung roti. Masukkan adonan yang telah dibentuk ke dalam wadah berisi telur dan lapisi permukaan adonan dengan merata. Setelah itu angkat dan masukkan kembali adonan ke wadah berisi tepung roti. Pastikan adonan terlapisi dengan rata. Goreng adonan dengan api sedang hingga berubah warna menjadi kuning keemasan. Angkat dan tiriskan. Nugget tahu pun siap dihidangkan.

“Sayur yang digunakan tidak harus wortel. Jika ada ingin diganti dengan sayuran lain pun juga bisa. Bisa banyak variasi rasa nantinya,” ucapnya.

Ibu-Ibu PKK mengikuti kegiatan pelatihan ini dengan penuh antusias. Menurut mereka, inovasi pengolahan tahu menjadi nugget sangat menarik. Bukan hanya dapat dikonsumsi pribadi, nugget tahu juga dapat dijual dan dipasarkan ke banyak orang dengan bentuk yang menarik sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat desa dan dapat memajukan UMKM di Desa Tuwang.

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »