Tim I KKN Undip Ciptakan Souvenir Lokal Khas Desa Tajuk dari Olahan Limbah Ranting Pohon Pinus



Campusnesia.co.id -- Kab. Semarang, 29 Januari 2020. Mahasiswa Tim I KKN Undip Desa Tajuk melakukan kegiatan berupa pengolahan limbah ranting pohon pinus menjadi souvenir fashion bersama ibu-ibu anggota Kelompok Wanita Tani Organik yang lebih dikenal ibu-ibu KWT sejumlah 20 orangKegiatan ini bertempat di Balai Desa Tajuk.

Kegiatan ini didasarkan atas potensi alam yang dimiliki oleh desa Tajuk berupa berbagai sayuran dan buah-buahan serta destinasi wisata alam. Di sisi lain, berdasarkan hasil survey lapangan yang dilakukan tim KKN Undip bahwa belum adanya souvenir lokal khas Tajuk sehingga menjadi salah satu alasan dibuatnya kegiatan ini. Tidak hanya itu, masalah yang ditemukan yakni  banyaknya limbah ranting pohon pinus yang terbengkalai sehingga lingkungan di sekitar tempat wisata cenderung kotor. Oleh karena itu, munculah gagasan untuk dibuatkan produk lokal khas Tajuk berupa aksesoris fashion organik.



Kegiatan pembuatan souvenir dari limbah ranting pohon pinus membutuhkan alat dan bahan yang diantaranya meliputi, ranting pohon kering, limbah buah pinus, lem tembak, cat kayu, benang wol serta manik-manik. Pelatihan pembuatan souvenir ini berjalan dengan lancar dan tingkat antusiasme peserta yang sangat tinggi. Kegiatan diawali dengan pemaparan mengenai potensi dan permasalahan yang berada di desa Tajuk dilanjutkan penjelasan mengenai pembuatan souvenir fashion yang terdiri dari kalung, bando dan gelang ditambah membuat bingkai foto dan kotak pensil.

iklan

Kegiatan pembuatan Souvenir dari limbah ranting pohon pinus ditutup dengan foto bersama ibu-ibu anggota KWT. Harapan dengan adanya kegiatan ini bisa memberikan manfaat kepada seluruh masyarakat khususnya ibu-ibu anggota KWT untuk berinovasi dan meningkatkan kemampuan mereka dalam memanfaatkan limbah ranting pohon menjadi souvenir fashion unik, menjadikan souvenir fashion dari limbah ranting pohon ini sebagai oleh-oleh lokal khas Tajuk perdana serta dalam waktu jangka dalam menambah pemasukan untuk ibu-ibu KWT.

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »