Tim I KKN Undip Adakan Pendampingan dan Pelatihan Pembuatan Larutan Penghilang Bau Kandang kepada Kelompok Ternak Desa Selojari

3:40:00 PM


Campusnesia.co.id -- Grobogan, 6 Februari 2020. Mahasiswa KKN Tim I Undip tahun 2020, Wening Suri Pawestri Peternakan ’16 melakukan program monodisiplin “Pendampingan dan Pelatihan Pembuatan Larutan Penghilang Bau Kandang” yang dilaksanakan di Kelompok Ternak Dharma Bakti Desa Selojari.

Usaha pemeliharaan ternak merupakan bisnis yang cukup menjanjikan dengan profit yang menguntungkan. Meski tidak memiliki lahan yang besar, masih terdapat jenis hewan yang tergolong mudah untuk dibudidayakan dan dapat diternakkan di lahan cenderung sempit. Namun, bisnis tersebut dipandang sebelah mata oleh masyarakat karena identik dengan pekerjaan yang berada di tempat kotor dan tidak higienis. Hal ini yang menjadi latar belakang dilaksanakan pragram untuk Kelompok Ternak Dharma Bakti.



Pelaksanaan program dimulai dengan penyampaian materi terkait mekanisme bakteri terfermentasi dalam menghilangkan bau kotoran dalam kandang ternak. Selanjutnya, mahasiswa melakukan mempraktikkan pembuatan larutan penghilang bau kandang ternak dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dengan mudah, meliputi bahan kimia EM4 peternakan, tetes tebu (molases), selotip,  dan air, serta peralatan seperti ember, botol bekas air mineral 1,5 liter dan botol sprayer. 


iklan

Pembuatan larutan penghilang bau kandang dimulai dengan menyiapkan 1 liter air kemudian dituangkan kedalam ember, selanjutnya ditambah dengan 10 ml tetes tebu dan 10 ml EM4. Campuran tersebut kemudian diaduk hingga homogen, kemudian dituangkan ke dalam botol bekas air mineral 1,5 liter dan tutup rapat dengan bantuan selotip. Larutan tersebut difermentasikan selama 4 hari. Larutan dapat disimpan tidak lebih dari 3 bulan untuk meminimalisir penurunan kualitas larutan. Harapannya dengan larutan penghilang bau kandang, rumah warga yang dekat dengan kandang tidak terganggu terhadap bau kotoran yang dihasilkan oleh hewan ternak.

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »