Tim I KKN Undip Kenalkan Sistem Bank Sampah untuk Meminimalisir Permasalahan Sampah Desa Japerejo

2:38:00 PM


Campusnesia.co.id -- Rembang, 4 Februari 2020. Tim 1 KKN Undip 2020 melaksanakan program multidisiplin mengenai Optimalisasi Peran Perangkat Desa dalam Pengelolaan Sampah Terpadu Berbasis Masyakarat. 

Acara yang dilakukan di Balai Desa ini dihadiri oleh 25 orang, termasuk kader-kader desa, beberapa perwakilan BPD, dan para perangkat desa. Acara dimulai dengan presentasi materi dari Tim 1 KKN Undip mengenai klasifikasi sampah hingga mekanisme sistem bank sampah yang terdiri atas lima tahap: pemilahan sampah rumah tangga, penyetoran sampah ke bank, penimbangan, pencatatan, dan pengangkutan. 

iklan

Penjelasan lebih lanjut mengenai sistem bank sampah kemudian dipaparkan oeh Pak Kresno, sebagai representatif dari pihak Bank Sampah Induk Kabupaten Rembang, yang kemudian juga memberikan edukasi lebih lanjut mengenai pengolahan sampah dalam sistem bank sampah, serta keuntungan yang bisa didapat masyakarat Desa Japerejo dari sistem tersebut. Tim 1 KKN Undip turut menghadirkan Pak Agus, yang merupakan perwakilan dari bank sampah unit Desa Pamotan. Dimana setelah Pak Kresno tuntas dengan porsinya, Pak Agus melanjutkan dengan membagikan pengalamannya sebagai pengurus bank sampah, bahkan juga pengalaman dari beberapa desa yang sudah menerapkan sistem bank sampah. 

Harapannya dengan usaha optimalisasi ini, perangkat desa bersama dengan kader desa dan BPD dapat membentuk sistem pengelolaan sampah berbasis masyarakat dalam bentuk bank sampah, mengingat permasalahan sampah masih menjadi masalah utama bagi Desa Japerejo.

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »