Tim I KKN Undip Inovasikan Olahan Susu Sapi Ternak Desa Samirono Menjadi Sabun Herbal



Campusnesia.co.id -- Kab. Semarang, 18 Januari 2020. Tim I KKN Undip telah melaksanakan program monodisiplin berupa “Pemanfaatan Susu Sapi sebagai Sabun Herbal”. Kegiatan ini berlangsung di Balai Desa Samirono dan diukuti oleh segenap anggota ibu-ibu PKK. Peserta kegiatan mendapatkan demonstrasi pelatihan secara langsung pembuatan sabun herbal susu sapi oleh mahasiswa KKN Undip.



Desa Samirono yang terletak di lereng Gunung Merbabu dimana tingkat pertumbuhan penduduk yang cukup padat dengan mata pencaharian sebagai peternak sapi, khususnya jenis sapi perah. Produksi susu sapi perah yang cukup melimpah terutama di Dusun Pongangan Desa Samirono ini memiliki potensi lokal yang harus dikembangkan dan bernilai ekonomis, di mana selama ini susu yang telah dihasilkan hanya dijual kepada tengkulak tanpa diolah menjadi sebuah kreativitas yang kemudian kebermanfaatannya dirasakan oleh masyarakat. Maka dari itu, tim I KKN Undip Desa Samirono Tahun 2020 berinovasi untuk menciptakan produk sabun yang berasal dari susu sapi setempat. Susu sapi yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit dapat diolah dengan mudah untuk menambah nilai mutu dari susu sapi. Dengan demikian, Tim KKN Undip menginisiasi pengolahan susu sapi menjadi sabun herbal.

iklan

Dengan adanya program monodisiplin ini diharapkan masyarakat dapat mengembangkan susu sapi perah yang melimpah ini menjadi salah satu produk sabun sehingga di masa mendatang susu sapi memiliki nilai manfaat lainnya sekaligus menjadikan sabun susu sapi sebagai produk lokal yang dapat diperjual-belikan untuk membantu pertumbuhan perekonomian warga setempat. 

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »