Apa sih Beda Exit Poll, Quick Count dan Real Count?

8:25:00 AM




Campusnesia.co.id -- Lewat 2 hari dari pencoblosan Pemilu dan Pilpres, ramai diperbincangkan tentang hasil versi Exit Poll dan Quick Count dari berbagai lembaga survey. Banyak perdebatan yang seru tetapi pesan kami tetap jaga kerukunan. Hasil pasti masih menunggu Real Count versi KPU setidaknya sebulan lagi, jadi sabar.



Di tengah riuhnya perbincangan seputar hasil Exit Poll dan Quick Count Pemilu dan Pilpres ini, apakah sobat Campusnesia sudah tahu perbedaannya? kalau belum mari belajar bersama tentang perbedaan dari Exit Poll, Quick Count dan Real Count.

1. Exit Poll

Cara memprediksi hasil pemilu dengan menanyai langsung para pemilih setelah mereka keluar dari bilik suara. 

2. Quick Count
Cara memprediksi hasil pemilu  melalui pengamatan dan pencatatan data hasil penghitungan suara langsung dari setiap tempat pemungutan suara (TPS) yang menjadi sampel dan dipilih secara acak.

Populasi exit poll sama dengan hitung cepat, yakni seluruh pemilih yang datang ke TPS. Hanya saja, dalam exit poll, ada kemungkinan responden berbohong, menyebutkan pilihan lain dari yang sebenarnya dipilih di bilik suara.

3. Real Count

Hasil hasil penghitungan sebenarnya oleh lembaga penyelenggara pemilihan umum, dalam hal ini untuk Indonesia real count akan dikeluarkan secara resmi oleh KPU.


Tambahan jika Exit Poll, Quick Count dan Real Count baru bisa diketahui setelah pencoblosan, ada juga Hasil Survei dari Lembaga Survei yang dikeluarkan sebagai prediksi hasil pemilu sebelum dilaksanakan hari pencoblosan.



Nah bagaimana sobat, sudah ada gambaran sekarang tentang istilah-istilah yang belakangan lagi hits saat pemilu dan pilpres? sekali lagi mari jaga kerukunan dan bersama menunggu hasil resmi Real Count KPU sembari mengawal proses penghitungannya. Sampai jumpa.


penulis: Nandar

sumber: Tirto.id 

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »