Indonesia Miliki 4 Unicorn, Ini Dia Daftarnya

7:48:00 AM


Campusnesia.co.id -- Istilah unicorn ramai dibicarakan publik setelah disebut dalam debat capres bulan februari lalu. Unicorn adalah istilah untuk perusahaan rintisan teknologi atau startup dengan valuasi di atas 1 miliar dolar amerika, atau jika kita menggukana kurs rupiah saat ini sekitar 13 Triliun.



Sebagai masyarakat indonesia kita patut berbangga, karena ada 4 perusahaan startup asli indonesia yang sudah menjadi Unicorn. Apa saja startup itu? berikut daftarnya.

1. Gojek
Startup yang mengawali debutnya sebagai layanan ride sharing atau lebih kita kenal dengan ojek online kini telah menjadi super app, mengacu pada istilah untuk menyebut sebuah aplikasi dengan beragam layanan. Kita tahu selain ojek online, Gojek juga melayani taksi online Go-car, pemesanan makanan Go-food, e-money Go-pay dan go-go yang lain, bahkan belakangan ada juga konten berita.

Perusahaan yang didirikan oleh Nadiem Makarim sejak 2010 itu kini telah bernilai 53 Triliun Rupiah menempatkan dirinya sebagai startup Unicorn nomer 1 di Indonesia. 



2. Traveloka
Memulai layanan sebagai pemesanan hotel Traveloka cepat tumbuh dan berkembang seriring trend traveling yang ada di tanah air. Selian hotel ada juga pemesanan tiket, hiburan dan lain-lain.

Lahir pada tahun 2012 oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma, dan Albert Zhang, kini valuasinya sudah senilai 26,6 Triliun Rupiah. Nangkring di peringkat ke dua, dan meninggalkan jauh kompetitornya seperti Tiket.com, Pegi-pegi dan Misteraladin.



3. Tokepdia
Jika dua perusahaan di atas bergerak dalam layanan perjalanan, Tokopedia kita kenal sebagai Market Place atau pasar online. Pengguna bisa menjual dan berbelanja secara online dengan beragam kemudahan. 

Digawangi oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada 2009, ketenaranya kini mengalahkan pendahulunya seperti FJB Kaskus. Salah satu kisah inspiratifnya, konon William mengawali tokopedia dari penjaga warnet. Valuasinya kini 15 Triliun Rupiah membuatnya jadi satartup unicorn nomer 3 di Indonesia.



4. BukaLapak
Sejenis dengan tokopedia, bukalapak terkenal dengan iklanya yang aneh dan kocak. Ahmad Zaky mendirikanya pada tahun 2011 dan kini diposisi nomer 4 sebagai unicorn asal Indonesia. Nilai valuasinya 13,7 triliun rupiah. 

Bersama tokopedia, Bukalapak terus bersaing menjadi market place nomer 1 di tanah air di tengah banyaknya perusahaan sejenis baik yang asli indonesia maupun yang datang dari luar seperti, Shopee, JD.id, Zalora, dan Lazada.


Itu tadi sobat Campusnesia, 4 Startup asli Indonesia yang secara valuasi atau nilai perusahaan sudah lebih dari 1 milliar dollar amerika yang menjadikanya masuk dalam daftar startup Unicorn. Setidaknya hingga artikel ini di tulis. Kita tunggu startup yang lain untuk segera menyusul. semoga bermanfaat. Sampai jumpa.

penulis: Nandar
editor; Mumun
sumber: Kompas, BBC Indonesia

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »