Tim KKN Undip Latih Warga Sigayam Buat Kerajinan Tangan Dari Plastik Bekas

5:10:00 AM



Campusnesia.co.id -- Batang, Tim KKN Tim 1 UNDIP 2019 mengadakan kegiatan pelatihan pembuatan kerajinan tangan dari bahan plastik bekas (Eco Hand Craft) kepada ibu-ibu Desa Sigayam pada Jum’at, 25 Januari 2019 di Dusun Jumleng, Desa Sigayam.



Plastik merupakan salah satu wadah praktis yang sering digunakan masyarakat dalam berbagai kegiatan baik industri dan perumahan, masyarakat kerap kali mendapatkan plastik dari hasil pembelian produk instan seperti mie instant, kopi, snack ringan, minuman sachet dll. 

Penggunaan plastik ini tidak bisa dibatasi karena dari produsenpun tidak memfasilitasi hal tersebut. Akibatnya sampah plastik adalah sampah terbesar yang dihasilkan oleh masyarakat ditambah lagi tidak adanya sistem pemilahan antara sampah organik dan anorganik, hal ini menyebabkan sampah tidak dapat didaur ulang dengan baik.

Tidak adanya tempat pembuangan sampah yang baik bagi masyarakat menyebabkan sampah–sampah plastik yang dihasilkan dihilangkan dengan cara di bakar, pembakaran sampah plastik dapat mencemari lingkungan, karena menghasilkan gas dioksin, selain itu pembuangan sampah di sungai, di halaman dan menimbun juga menyebabkan pencemaran di lingkungan yaitu dapat mencemari air, menurunkan unsur hara dalam tanah hingga melukai satwa yang ada.

Dari permasalahan yang ada di masyarakat Sigayam yang belum bisa mengolah sampah plastik dengan baik tersebut , KKN Tim 1 UNDIP mengadakan pelatihan kepada ibu-ibu Desa Sigayam tentang pengolahan sampah plastik menjadi kerajinan yang dapat bermanfaat. 

Dalam kegiatan ini plastik bekas mie instan, kopi, munuman sachet, dll dibentuk seperti anyaman kemudian dirangkai menjadi bentuk tas, dompet, dll. Dalam kegiatan ini para peserta sangat antusias sekali dalam mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir terbukti dari banyaknya ibu-ibu yang hadir dalam kegiatan pelatihan ini.

sumber: Tim KKN Undip
editor: Nandar
foto: Tim KKN Undip


Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »