Tim KKN Undip Desa Tening Ajarkan Pemuda Produksi Nugget dari Singkong

8:42:00 PM



Campusnesia.co.id -- TENING, Memasuki minggu kelima pelaksanaan KKN, kegiatan diisi dengan mendampingi Pemudi Tening, organisasi perempuan tingkat dusun, untuk membuat nugget dengan berbahan dasar singkong yang nantinya bisa dijual. Tujuan kegiatan ini untuk memberitahukan salah satu cara menaikkan nilai ekonomis dari singkong, kegiatan ini disambut baik oleh Pemudi Tening.



Kegiatan berlangsung di Aula TPQ Dusun Tening, sabtu 9 Februari 2019 dengan berkelompok. Kelompok pertama membuat nugget berbahan dasar singkong dengan campuran roti, lalu kelompok kedua membuat nugget singkong dengan campuran ayam sebagai pembanding rasa serta nilai ekonomisnya.

Kegiatan diawali dengan memisahkan roti dari kulitnya lalu memotongnya menjadi bagian kecil-kecil dan dihaluskan. Dalam waktu yang bersamaan, singkong juga dihaluskan. 


Setelah roti dan singkong selesai dihaluskan, lalu bumbu untuk membuat nugget singkong pun disiapkan, putih dan kuning telur dipisahkan. Putih telur dicampur dengan singkong dan roti atau ayam lalu diaduk dengan garam, gula, bawang putih yang telah dihaluskan, bawang Bombay, dan lada. Adonan yang telah dibuat kemudian dibentuk kecil-kecil sesuai keinginan.

Setelah semua adonan selesai dibentuk, dioleskan kuning telur lalu ditaburkan tepung roti dan digoreng.

Evaluasi kegiatan ini adalah rasa dari nugget yang berbahan dasar ayam membutuhkan dana lebih besar dan juga adonannya lebih mudah patah. Sedangkan yang berbahan dasar roti lebih murah dan adonannya kuat, dari segi rasa masih perlu pengembangan lebih lanjut karena masih terasa hambar.

penulis: Makrul
editor: Nandar
foto: Dokumentasi Tim KKN Desa Tening


Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »