Review Film GOLD, Hoaxs Tambang di Kalimantan

5:29:00 PM




Campusnesia.co.id -- Hai sobat Campusnesia, kita akan kembali review film tetapi sudah agak lawas, dengan embel-embel inspired by true event yaitu skandal pertambangan Bre-X pada tahun 1993, sebuah perusahaan pertambangan asal Kanada yang mengklaim menemukan cadangan emas yang sangat besar di Hutan Busang Kalimantan. Di Indonesia berarti? yoi, oleh karena itu kita tertarik nonton.



Kisah berawal ketika tokoh utama yaitu  Kenny Wells (Matthew Mcconaughey) seorang pria pebisnis yang sedang mengalami kesulitan keuangan. Untuk merubah peruntungannya, Kenny berusaha dengan mencari tambang emas di hutan yang belum dipetakan di wilayah Kalimantan, Indonesia.

Bersama temannya bernama Michael Acosta (Edgar Ramirez) ahli geologi yang juga kurang beruntung di bidangnya, Kenny menyusun rencana dan membentuk tim untuk menelusuri belantara hutan Kalimantan demi mendapatkan emas impiannya. Ada 4 hal yang menarik yaitu,

1. Dunia Tambang Tahun 1990-an
Menurut kami salah satu yang membuat film ini apik yaitu pemandangan hutan kalimantan yang digambarkan walau syutingnya tidak di kalimantan sih dan gambaran cara menambang tahun 90-an. penuh perjuangan dan ada unsur persahabatan yang menarik.

2. Era Order Baru
Secara timeline film ini berarti masih di jaman pemerintahan Order Baru era presiden pak Suharto digambarkan tentang bagaimana segala sesuatu dikuasi oleh pemerintah dan militer banget, tapi juga digambarkan kalau mau dapat akses dan main-main dengan penguasa dekatilah anak-anaknya.



3. Monkey Game
Ini istilah rekaan penulis saja, karena istilah sing pas belum ketemu. Jadi ceritanya tentang tambang emas di kalimantan itu hoaxs dalam film ini, ketika digambarkan pemeran utama dan temanya sudah frustasi karena tak juga menemukan tambang yang diinginkan dan dia sakit malaria parah, tiba-tiba ada kabar gembira hasil lab menunjukan bahwa ada kandungan emas, yang belakangan diketahui itu adalah rekayasa dan penipuan. konfliknya adalah ketika saham perusahaan tambang tumbang dan tragisnya penanggung jawab penambangan di indonesia dijemput militer karena telah menipu dan dia memilih terjun dari helikopter.

4. Twist yang menarik
Namanya juga twist, pasti menarik lah harusnya, dan film ini punya twist yang menarik menurt penulis dimana ending yang tidak ketebak dan tentu saja menyisakan pertanyaan bahkan setelah film selesai selesai ditonton. Itu tadi sebenarnya apa yang terjadi?

Demikian review film kali ini, bagi sobat yang sudah menonton bisa ikut berpendapat di kolom komentar. Sampai jumpa.

Artikel ini telah tayang di Selowid.blogspot.com dengan judul "Review Film GOLD, Hoaxs Tambang di Kalimantan"

penulis : Nandar / Kang Mad
foto      : cdn.gelestatic.it


Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »