Review Film Dokumenter Indie Game

9:47:00 PM



Campusnesia.co.id -- Salah satu alasan mengapa saya suka nonton film genre dokumenter adalah jenis film berasal dari kisah nyata, walau demikian tidak semua film dokumenter saya suka, lebih tepatnya tidak semua judul film berani saya tonton misal beberapa film yang tema sadisme. Selain alasan tadi juga fakta menarik sudut pandang yang digunakan oleh film maker dalam mendokumentasikan sebuah peristiwa dan mengulasnya.

Nah tahun 2017 lalu saya baru saja menyelesaikan sebuah film dokumenter yang berjudul Indie Game the movie, film dokumenter ini bercerita tentang perjuangan dan perjalanan para independent game developer.



Sebagai informasi, ketika ada sebuah game yang kamu mainkan jika itu berasal dari sebuah perusahaan besar layaknya nintendo, ubisoft atau yang lain untuk sebuah proyek game dibutuhkan puluhan hingga ratusan orang untuk mengerjakannya dan waktu yang dibutuhkan bisa 1-5 tahun.



Yang menarik dari film indie game ini, memperlihatkan kondisi sebaliknya dimana sebuah game hanya dikerjakan oleh 1, 2 hingga 3 orang. Mulai dari ide, desain grafis, desain system dan koding nya dilakukan dengan SDM yang terbatas sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama.



Ada 3 kisah devoper game yang diangkat dalam film ini, yaitu game fenomenal Meat Boy, Braid dan FES. Diceritakan juga bagaimana mereka tertekan karena menghadapi deadline launching dimana mereka didanai oleh mirosoft untuk X-Box.

Juga bagaimana konflik antar developer serta tekanan dari publik ketika orang mulai tertarik dengan trailer game mereka tetapi tidak kunjung direlease. Sobat bisa melihat sisi lain dunia internet mereka harus menghadapi respon netizen yang beragam ada yang memuji dan mencemooh.

Secara keseluruhan sangat menarik bagi saya, sebagai pegiat entrepreneur yang memulai sebuah usaha dari tim yang kecil, tiba-tiba saya merasa demikianlah pada saat yang bersamaan menjadi superhero karena harus bermain peran sebagai desainer, marketing, bendahara, bahkan pemikir sebagai pemilik dan pengelola usaha.

Silahkan ditonton semoga ada inspirasi bermanfaat untuk sobat Campusnesia. Sampai jumpa.

Artikel ini telah tayang di Selowid.blogspot.com dengan judul "Review Film Dokumenter Indie Game".

penulis: Nandar a.ka Kang Mad
editor: Mumun

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »