Semua Hal yang Perlu kamu Ketahui tentang eSport

12:28:00 AM



Campusnesia.co.id -- Sobat campusnesia, jika kau bertanya pada generasi 80-90an tentang cita-cita maka jawaban yang akan kamu temui kebanyakan ingin menjadi dokter, guru, pilot atau polisi. Berbeda dengan generasi 2000an, dengan pertanyaan yang sama jangan heran jika jawaban yang kamu dapat adalah ingin jadi selebgram, youtuber atau atlit Esport.

Nah bicara Esport atau olahraga elektronik, saya juga baru tahu akhir-akhir ini, ternyata ada profesi ini. Bayangkan kamu suka main game dan kamu bisa jadikan aktivitas itu untuk berprestasi dan menghasilkan uang, siapa yang tidak tergiur? tapi seberapa tahu kamu tentang Esport ini? yuk simak.

1. Apa itu Esport?
Esports atau electronic sport adalah bidang olahraga yang menggunakan game sebagai bidang kompetitif utama, Sejarah e sports sendiri dimulai sejak masih before internet kira kira tahun 1972 hingga semodern sekarang. lalu bagaimana mereka bersaing ketika belum ada internet? mereka menggunakan metode highscore jadi ya yang tertinggi yang menang, esport biasa disebut game competitive, pro gaming atau electronical gaming, kerja para atlit esport adalah bermain game yang sudah menjadi bidang mereka dan mereka akan menekun dan menekuni lebih dalam agar dapat memenangkan tournament.



2. Perbedaan Gaming dan Esport
Main game itu rekreasi, eSports itu profesi. Ini satu perbedaan, eSports itu sebenarnya game yang dipakai buat profesi, kerjanya main game, istirahatnya tidak main game, Sementara gaming, hanya dimainkan untuk mengisi waktu luang, tidak untuk tujuan profesional. Karena masuk ranah olahraga, atlet eSports pun berpenampilan berbeda dengan pemain game biasa. (tekno.kompas.com)



3. Game yang Masuk Cabang Esport
Dalam Asian Games 2018 kearin ada 6 game yang dipertandingkan dalam cabang Esport yaitu Arena of Valor. Pro Evolution Soccer, League of Legends, Clash Royale, Hearthstone, Starcraft 2.



4. Atlit Esport Indonesia
Masih dalam ajang Asian Games 2018 kemarin ada 17 atlit Indonesia yang berlaga dalam cabang Esport, diantaranya:

Heartstone
1. Hendry Handisurya - DKI Jakarta

Pro Evolution Soccer 2018
2. Elga Cahya Putra - Lampung
3. Setia Widianto - Jawa Barat

Arena of Valor
4. Glen Richard Pangalila - Jawa Barat
5. Hartawan Muliadi - Nusa Tenggara Barat
6. Ilham Bahrul Hadi - Jawa Barat
7. Muhammad - DKI Jakarta
8. Farhan Akbari H - Jawa Timur

League of Legends
9. Malik Abdul Aziz - DKI Jakarta
10. Juan Felix - Kalimantan Selatan
11. Ruly Sandra Sutanto - DKI Jakarta 
12. Peter Tjahjadi - Jawa Barat
13. Gerry Arisena - Jawa Barat
14. Ericko Lim - DKI Jakarta
15. Bayu Putera Sentosa - Kepulauan Riau

Itu tadi sobat Campusnesia tentang Esport yang menjanjikan untuk ditekuni, bagaimana mulai tertarik mulailah dengan giat berlatif tetapi jangan lupa tetap belajar dan rajin menuntut ilmu, semoga sukses.

penulis: Nandar
ediot: Mumun



Artikel Terkait

Previous
Next Post »