10 Ide Jualan saat Musim Wisuda

10:18:00 PM


Campusnesia.co.id -- Wisuda adalah moment sakral yang ditunggu para pembelajar, ia jadi tanda simbolis bahwa usai sudah mengikuti sebuah proses pembelajaran dan dinyatakan lulus dengan sederet kriteria oleh institusi pendidikan.

Momen spesial ini layak dirakayakn dengan suka cita bersma keluarga dan orang terdekat, dan saat yang tepat juga untuk memberikan sesuatu yang berharga sebagai acheivement dan kenang-kenangan.

Dua konsisi di atas bagi mereka yang jeli melihatnya sebagai peluang usaha, bisa diambil dan dimanfaatkan sebagai bisnis musiman yang bisa bisa juga bukan bisnis musiman. Musiman jelas karena wisuda suatu sekolah dan kampus tidak dilakukan setiap bulan atau hari. Tetapi bayangkan ada berapa banyak sekolah dan kampus di Indonesia yang mengadakan wisuda, kalau setiap sekolah dan kampus menggelar wisuda satu hingga 4 kali per tahun maka potensi bisnis ini layak diperhitungkan.

Kemudian apa saja peluang yang bisa dijadikan bisnis saat musim wisuda? yuk simak daftarnya.

1. Pakaian Wisuda
Peluang adalah pakaian wisuda, mulai jubah, toga, Selempang, samir dan perlengkapan formal lainya. Kamu bisa menjual perlengakapan wisuda atau meyewakanya.

2. Photobooth
Studio foto dan photobooth pasti laris saat wisuda, bahkan beberapa tempat dekat kampus harus booking dulu jauh-jauh hari agar bisa berfoto mengabadikan bersama keluarga.

3. Karangan Bunga
Walau jarang, tetapi karena harga dan marginya yang lumayan, karangan bunga saat wisuda bisa jadi peluang bisnis selanjutnya. Agar antimainstream buatlah pilihan desian dan kata-kata yang tidak terkesan formal. 

4. Selempang Hits
Kalau selempang yang dari kampus kan formal banget nih, coba tawarkan selempang yang bisa dipesan dengan tulisan dan kata-kata yang custome, bahkan produk ini bisa dijual jauh hari sebelum wisuda yaitu saat selesai sidang skripsi misalnya.

5. Frame atau Vector Art
Yang satu ini butuh keterampilan desain yang mumpuni, kamu bisa menjual jasa pembuatan vetor art atau karikatur dengan wajah orang yang hendak wisuda. Harganya lumayan lho.

6. Plakat Wisuda
Custome dengan wajah yang diwisuda atau template formal untuk plakat dari kampus. Saat musim wisuda biasanya akan banyak yang memesan plakat. 

7. Mug, Tumbler, Bantal dll
Merchndise yang fungsional dengan desain yang custome, misal foto dan ucapan wisuda pasti banyak yang berminat sebagai kado teman dekat.


8. Medali
Pilih yang formal atau yang lucu-lucuan? misal medali bergilir untuk anggota "geng" yang wisuda duluan.

9. Bucket Bunga dan Jajanan
Bucket bunga bukan hal yang asing lagi ya, kado saat wisuda yang sudah umum, tapi bagaiman dengan bucket jajanan? wah ini pasti emnarik dan menggelitik. patut kamu coba.

10. Boneka
Teddy bear atau boneka beruang paling umum digunakan, ditambah hiasan toga, lpin logo sekolah atau kampus dan selempang nama. Kado boneka wisuda bisa jadi pajangan di kamar atau rumah.

Nah sobat Campusnesia, itu tadi 10 ide jualan saat musim wisuda yang bisa kamu coba. Atau kamu sudah punya usaha serupa? share pengalamanmu di kolo komentar ya.

Oh ya bagi yang lagi nyari-nyari kado wisuda untuk keluarga dan sahabat, coba cek Instagram Loetju merchandise kamu bisa lihat-lihat dan pesen jika cocok.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

penulis: Nandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »