Dari Enam Ribu, Membentang Miliaran Kebaikan

2:41:00 PM


25 tahun yang lalu, di bulan April 1993, Koran Republika menyelenggarakan promosi untuk surat kabar di stadion Kridosono, Yogyakarta. Hadir dalam acara itu Pemimpin Umum/Pemred Republika Parni Hadi, Dai Sejuta Umat, (alm) KH Zainuddin MZ, Raja Penyanyi Dangdut H. Rhoma Irama dan awak pemasaran Republika.

Turun dari panggung, rombongan Republika Jakarta diajak makan bersama dan disana bergabung teman-teman dari Corps Dakwah Pedesaan (CDP) di bawah pimpinan Ustadz Umar Sanusi dan binaan pegiat dakwah di daerah miskin Gunung Kidul, (Alm) Bapak Jalal Mukhsin.

Dalam bincang sambil santap siang, pimpinan CDP melaporkan kegiatan mereka yang meliputi mengajar ilmu pengetahuan umum, ilmu agama Islam dan pemberdayaan masyarakat miskin. Jadi anggota CDP memiliki berbagai peran,  sebagai guru, dai dan sekaligus aktivis sosial.

Saat Parni Hadi bertanya berapa gaji atau honor mereka per bulan, mereka pun menjawab: "Masing-masing menerima enam ribu rupiah sebulan." Kaget, tercengang dan setengah tidak percaya. Terlebih uang tersebut diperoleh dari penghematan uang mahasiswa dari kiriman orang tua mereka. Seperti tercekik, Parni Hadi menukas: "Saya malu, mohon maaf, sepulang dari Yogyakarta ini saya akan membuat sesuatu untuk membantu teman-teman." (alm) KH Zainuddin MZ segera menambahkan: "Saya akan bantu carikan dana."
.
6000 waktu itu jumlah yang kecil di Yogyakarta. Jika, dikonversikan ke tahun 2018, sekitar Rp60.000/bulan.

Peristiwa itulah yang menginspirasi lahirnya Dompet Dhuafa Republika. Dari penggalangan dana internal, Republika lalu mengajak segenap masyarakat untuk ikut menyisihkan sebagian kecil penghasilannya. Pada 2 Juli 1993, sebuah rubrik di halaman muka Harian Umum Republika dengan tajuk "Dompet Dhuafa" pun dibuka. 

Berawal dari keprihatinan founder Dompet Dhuafa mengetahui uang Rp 6.000,00 yang menjadi honor para dai tersebut, kini Dompet Dhuafa bisa hadir dan berada di tengah-tengah ummat. Bersama Membentang Miliaran Kebaikan lainnya untuk mereka yang membutuhkan. Mohon doa dan dukungan agar semakin banyak kebaikan yang lahir dari lembaga ini.

#25thnMembentangKebaikan
#Milad25thnDompetDhuafa

Artikel Terkait

Previous
Next Post »