Company Visit Mahasiswi Ilmu Gizi Undip ke LOETJU

10:11:00 PM


Campusnesia.co.id -- Hai sobat campusnesia, yang lagi Ujian Tengah Semester mana suaranya? tetap semangat dan jangan lupa jaga kesehatanya ya, semoga nilainya dapat A semua. Di akhir bulan maret ini redaksi hadir kembali di kolom liputan, kali ini tentang serunya company visit dari teman-teman Jurusan Ilmu Gisi Fakultas Kedokteran Undip.

Kedatangan mereka ke Loetju.com sebagai bagian dari tugas mata kuliah Kewirausahaan dimana mereka harus mengunjungi usaha dan wawancara tentang beberapa tema. Selain wawancara mereka juga harus membuat laporan berupa videografi, kata Gita perwakilan kelompok yang berjumlah 8 orang ini.

Rombongan diterima oleh mas Nandar, salah satu pemilik dan pengelola Loetju.com, wawancara dipandu oleh Hana dan Alizza, sementara anggota kelompok yang lain seperti Gita, Afifah, Naadira, Ayu, Juli dan Tiwi masing-masing mencatat, merekam audio dan menyimak perbincangan.

Beberapa pertanyaan yang muncul menarik menurut penulis, misalnya tentang nilai-nilai yang harus dimiliki seorang pengusaha, Manajemen keuangan yang diaplikasikan dan pertanyaan seputar aktivitas Loetju Foundation sebuah divisi nirlaba/sosial yang dimiliki Loetju.com .

Mas Nandar menjawab dengan seksama setiap pertanyaan, tentang nilai-nilai yang harus dimiliki pengusaha beliau menekankan semuanya harus di awali dengan niat yang baik, tulus dan semangatnya adalah memberi solusi, membantu dan memberi manfaat kepada konsumen. Berikutnya juga pentingnya kejujuran, tanggung jawab, disiplin dan ulet.


Tentang pertanyaan manajemen keuangan pemuda yang ulang tahun pas hari sumpah pemuda ini, berbagi formula yang selama ini di terapkan di Loetju.com cukup unik walau tidak sesuai dengan teori yang ada dalam teks book. Yaitu membagi keuntungan yang didapat ke Pos-pos sesuai kebutuhan. Misal Operasional, Cadangan, Tabungan dan Bagi Hasil yang masing-masing memiliki prosesntase berbeda berdasar prioritas.


Khusus tentang Loetju Foundation, beliau bercerita asal muasalnya divisi ini lahir yaitu dari komitmen menyisihkan 10% laba untuk berbagai kegiatan sosial. Mengutip informasi dari situ Loetjufoundation setidaknya sudah ada 4 program yang rutin dijalankan yaitu KayuLoetju.com tentangpemberdayaan pengrajin plakat kayu, el Library untuk program literasi, L Farm pemberdayaan peternak sapi dan L University kelompok belajar komputer.


Acara diakhiri dengan pengambilan video produk-produk Loetju dan sesi foto bersama. Wah menarik ya sobat Campusnesia, di tengah kesibukan UTS masih harus mengerjakan tugas kuliah. Tetapi penulis yakin pengalaman ini akan bermanfaat untuk menambah wawasan dan ilmu teman-teman tentang dunia entrepreneurship.

Sampai jumpa, dan salam prestatif.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »